Desember 3

0 comments

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Dari sekian jenis usaha yang ada di dunia ini, Anda perlu mengetahui apa saja bisnis usaha makanan ringan serba 2000 yang memiliki peluang sukses cukup tinggi.

Dengan memulai bisnis di bidang ini, Anda tidak perlu menyiapkan modal terlalu banyak. Sebab, segala macam persiapan Anda perlukan untuk memulai bisnis jajanan 2000 dollar. Bisnis makanan modern ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sehingga layak untuk dicoba.

Usaha Makanan Ringan Serba 2000
gesture of hand using mobile phone taking picture of indonesian traditional snack

Tips Memulai Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Memulai usaha makanan ringan memang bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga kestabilan perkembangan bisnis ini, Anda memerlukan beberapa tips yang tepat.

Dalam hal ini juga akan kita bahas beberapa tips yang baik dan benar untuk memulai usaha jajanan ini yaitu :

A. Perhatikan Kualitas Bahan Usaha

Semua jenis bisnis yang Anda jual untuk makanan ringan, tidak boleh menggunakan bahan-bahan yang berkualitas rendah. Jadi meskipun harganya murah, Anda tetap harus membuat produk-produk tersebut dari bahan-bahan berkualitas tinggi.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dengan produk yang telah dibelinya, sehingga akan membeli kembali produk tersebut keesokan harinya.

B. Melakukan Inovasi

Seringkali pelanggan bosan dengan cita rasa dan dekorasi usaha Anda yang terus seperti itu. Untuk mengatasi kendala seperti ini, Anda bisa membuat inovasi baru setiap saat. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih tertarik dengan bisnis Anda.

C. Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

Agar bisnis usaha serba 2000 yang Anda jalankan terus berkembang ke arah yang lebih baik, Anda perlu menciptakan hubungan yang baik dan erat dengan semua pelanggan. Ketika Anda melakukan ini, pelanggan akan merasa nyaman untuk terus membeli di toko Anda.

BACA JUGA:  Tips dan Trik Membangun Usaha Agen Sembako Yang Sukses

Ciptakan kesan mendalam pada pelanggan yang sudah ada, dan jangan lupa untuk lebih banyak tersenyum saat pelanggan datang ke toko Anda.

D. Menerapkan Strategi Yang Sesuai Dengan Target Pasar

Kebutuhan pasar masing-masing bisnis pasti akan berbeda satu sama lain. Maka dari itu, untuk memulai bisnis yang dimaksud seperti ini, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

E. Peka Terhadap Peluang

Saat ingin memulai bisnis tersebut, Anda harus bisa melihat dan mengenali peluang jenis produk apa yang lebih banyak diminati oleh kebanyakan orang. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menentukan jenis jajanan yang akan dijual.

Kelebihan dan Kekurangan

Menjalankan bisnis ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, semua inilah yang membuat usaha ini layak untuk diperjuangkan. Berikut keuntungan dan kerugian bagi Anda yang sedang mencoba menjalankan bisnis jajanan serba Rp 2.000:

A. Kekurangan

Mari kita mulai dari kekurangannya. Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang bisnis ini adalah margin keuntungannya relatif kecil. Sebagian besar produk yang ditawarkan membutuhkan modal sekitar Rp 1.100—Rp 1.500.

Anda akan mendapat untung kurang dari Rp 1.000 ketika produk dijual seharga Rp 2.000. Artinya, Anda perlu menjual dalam jumlah banyak untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Nah, untuk menekan biaya produksi tentunya Anda perlu membeli bahan baku dan kemasan plastik dalam jumlah banyak. Jadi, Anda juga membutuhkan tempat penyimpanan yang baik dengan luas yang cukup untuk menampung semuanya.

Sayangnya, beberapa bahan baku mungkin tidak bertahan lama. Anda perlu membelinya dalam jumlah yang tepat dengan waktu yang singkat. Ini akan membuat modal Anda berputar lebih cepat.

B. Kelebihan

Di sisi lain, bisnis yang satu ini juga menjanjikan banyak keuntungan bagi Anda yang ingin menjalankannya. Karena memang harus menjual dalam jumlah banyak, tentunya sistem point-of-sale bisa dijalankan di banyak tempat juga. Pada akhirnya, Anda tidak akan memiliki keterikatan pada satu bisnis.

BACA JUGA:  Cara Membuat Business Plan Menggunakan Business Model Canvas

Usaha jajanan murah ini juga cukup awet. Dengan kemasan yang baik, produk snack serba 2000 bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Tentunya produk yang awet juga akan mengurangi resiko kerugian.

Kelebihan lainnya tentu saja harganya yang murah membuatnya menarik di mata pelanggan. Sebagian orang lebih memilih untuk membeli dalam jumlah banyak karena harganya yang sangat terjangkau.


Tags

biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips, toko, usaha, waralaba


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top