Juli 23

0 comments

Strategi Bisnis Kain Batik Dengan Modal Kecil Untung Besar

Anda pasti sudah tahu apa itu promosi kain batik? Promosi adalah metode untuk memasarkan produk dan bisnis Anda kepada calon pelanggan Anda. Tujuan utamanya adalah untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda menjalankan bisnis Anda, sehingga mereka tahu bahwa Anda memulai bisnis penjualan pakaian batik dan agar calon pelanggan tertarik untuk membeli barang dagangan Anda.

Untuk mencapai target tersebut, Anda dapat menggunakan cara promosi yang cukup efektif dan hemat biaya, sehingga sangat penting untuk mengembangkan usaha penjualan batik dengan modal terbatas.

kain batik

Cara Promosi Kain Batik Dengan Cepat

A. Membuka Showroom Kain Batik

Hal utama dalam strategi memasarkan produk kain batik adalah membuka showroom yang di dalamnya terdapat banyak stok berbagai model baju batik atau aksesoris dengan bahan kain batik lainnya.

Buatlah showroom senyaman mungkin, misalnya dengan membuat desain ruangan yang menarik dan nyaman, yang membuat pengunjung Anda senang datang ke merchandise Anda.

Dalam mendirikan showroom tidak harus besar dan mewah, ruangan kecil pun tetap bisa digunakan asalkan didesain semenarik mungkin. Manfaatkan ruang yang tidak terpakai di rumah Anda.

Kemudian berikan penawaran yang sangat menarik, misalnya mengadakan diskon pada momen-momen tertentu untuk setiap pengunjung yang berkunjung. dan berikan pelayanan yang sempurna bagi pengunjung anda, jadikan setiap pengunjung yang datang seperti orang yang paling penting dan paling dekat dengan anda, walaupun mereka tidak mau membeli dagangan anda.

B. Kerjasama Dengan Reseller

Cara yang kedua adalah dengan menjual ke reseller, tentu kalian tahu kan apa itu reseller? Reseller adalah mereka yang membeli untuk dijual kembali. Memang jika menggunakan cara ini ada hal yang harus dilakukan yaitu harus memberikan diskon yang besar untuk para reseller.

BACA JUGA:  Apa Itu Mentoring Bisnis dan Pentingnya Bagi Pengusaha

Namun reseller biasanya membeli dalam jumlah banyak, dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam bisnis penjualan batik yang Anda jalankan.

Oleh karena itu, jalin hubungan Anda dengan reseller dengan baik, perlakukan dia sebagai partner terdekat Anda. agar mereka selalu membeli batik anda. selain diskon besar, Anda juga bisa memberikan syarat pembayaran khusus untuk reseller Anda, misalnya seperti memberikan jangka waktu pembayaran 1 bulan atau 2 bulan, tetapi jika Anda benar-benar mempercayai reseller Anda.

C. Bangun Kerjasama Dengan Freelance

Selanjutnya dengan berkolaborasi dengan Feelance, yaitu ada freelancer yang bersedia memasarkan baju batik anda tanpa memberikan gaji. Mereka bisa mendapatkan keuntungan sendiri dari selisih harga jual barang dagangan Anda.

Biasanya yang berminat menjadi freelancer adalah ibu rumah tangga atau remaja yang ingin belajar berbisnis untuk mendapatkan penghasilan sendiri. pilihlah yang berjiwa marketer, namun tidak memiliki dana yang cukup untuk modal usaha.

Pasti ada seseorang yang terdesak kebutuhan sehari-hari dan memiliki keinginan kuat untuk menjual barang, namun memiliki keterbatasan dana. Freelancer lebih mungkin dan lebih berani untuk pergi dari pintu ke pintu atau pintu ke pintu jika mereka menawarkan produk mereka.

Oleh karena itu, freelancer perlu untuk kerjasama sebagai partner yang baik untuk menjual baju batik di bisnis Anda. Temukan dan undang freelancer sebanyak-banyaknya dan berikan fasilitas khusus untuk freelancer. Misalnya seperti memberikan kemudahan dengan memperoleh membawa barang dalam jumlah dan jangka waktu tertentu, serta membayarnya setelah barang tersebut terjual.

Berdasarkan pengalaman banyak pengusaha freelance, hal ini cukup berpengaruh dalam memasarkan usahanya, karena freelancer memberikan kontribusi penjualan yang cukup besar dan tentunya akan menguntungkan penjualan baju batik Anda.

BACA JUGA:  Bisnis Model Canvas Untuk Mulai Membangun Sistem Bisnis

D. Mengikuti Event Pameran Kain Batik

Strategi pemasaran produk selanjutnya adalah mendirikan booth di berbagai event daerah, event seperti ini sangat bagus untuk media promosi

Misalnya saat acara pasar murah, acara pasar malam, lebaran dan lain-lain. Target Anda tidak hanya menjual produk, tetapi juga mempromosikan bisnis dan produk Anda dengan menyebarkan brosur yang berisi alamat rumah batik Anda dan menyertakan beberapa foto produk atau katalog pilihan Anda.

Dalam brosur tersebut, sertakan juga keunggulan produk kain batik Anda, dan juga berikan keuntungan membeli produk Anda, misalnya mendapatkan diskon khusus, kualitas bagus, kualitas asli dan sebagainya.

E. Menawarkan Kain Batik Kepada Instansi

Langkah promosi selanjutnya adalah menawarkan secara langsung produk usaha yang menjual pakaian batik Anda kepada instansi yang mewajibkan pekerjanya memakai pakaian batik. Misalnya seperti instansi pemerintah, sekolah atau perusahaan yang mewajibkan pegawainya memakai baju batik pada hari-hari tertentu.

Keuntungan penawaran ke agen adalah yang paling menggiurkan, yang umumnya jika agen memesan atau memesan biasanya dalam jumlah banyak, tetapi Anda harus memberikan diskon karena mereka membeli grosir di bisnis penjualan batik Anda. dan memberikan pelayanan yang ramah dan baik.

F. Membuka Online Shop

Cara mempromosikan bisnis jual beli baju batik online merupakan strategi pemasaran yang cukup bagus dan murah. anda tinggal membuat website anda sendiri. ada yang berbayar ada juga yang gratis, tapi yang terpenting bisa mempromosikan dan memasarkan baju batik anda.

Anda cukup membuat website sederhana yang penting jelas dan tidak ribet alias orang lain mudah untuk paham dan yang terpenting barang pesanan sampai di tujuan tepat waktu.

Keuntungan membuka toko online ini adalah produk yang Anda jual dapat menjangkau daerah pelosok hingga pelosok pedesaan di seluruh wilayah negara ini, dan biayanya pun sangat murah.

BACA JUGA:  Pentingnya Mengenal Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan

walaupun promosinya gratis, namun dengan toko online bisa menghasilkan omzet yang lebih besar daripada penjualan dengan sistem offline. percaya atau tidak silahkan buktikan sendiri.


Tags

bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top