Maret 18

0 comments

Fungsi Laporan Perubahan Modal Buat Pengusaha

Mendirikan bisnis tidaklah mudah. Banyak hal yang harus di siapkan dan di buat. Dari modal, pekerja hingga arus modal. Perusahaan besar tentunya memiliki status dan catatan keuangan yang baik. Data dan catatan keuangan perusahaan biasanya tertulis dalam laporan keuangan, salah satunya adalah laporan perubahan modal.

Seperti apa sebenarnya laporan ini? Melalui artikel ini, kita akan membahas satu per satu mulai dari definisi hingga bagaimana mewujudkannya. Ini sangat penting bagi orang yang akan membangun bisnis atau ingin mempertahankan perusahaan. Sekarang, mari kita bahas tentang laporan ini!

laporan peruabahan modal

Apa itu Laporan Perubahan Modal?

Sebelum membahas lebih jauh, perlu kita ketahui dulu apa itu laporan perubahan modal? Laporan dapat di artikan sebagai laporan yang menjelaskan penambahan atau pengurangan modal.

Perubahan ini terjadi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, beberapa orang menyebut laporan ini sebagai jembatan antara laporan laba rugi dan neraca.

Laporan ini juga bisa di katakan laporan yang mencakup modal perusahaan jasa dan manufaktur. Laporan tersebut dapat di ubah sesuai dengan kenaikan atau penurunan modal dalam suatu periode akuntansi.

Mengapa perusahaan perlu melaporkan perubahan modal?

Setelah memahami artinya, hal selanjutnya yang dibahas adalah mengapa perusahaan membuat laporan ini.

Salah satu penyebabnya adalah karena laporan ini bertujuan untuk mencatat perubahan keuangan perusahaan selama suatu periode akuntansi (satu tahun). Ini niscaya akan meningkatkan proses kinerja perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga memiliki kegunaan, fungsi, dan kepentingan perusahaan yang menggunakan laporan keuangan tersebut. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak tujuan, fungsi dan manfaat laporan ini di bawah ini.

Tujuan dan Fungsi

Salah satu dari sekian banyak fungsi pelaporan keuangan adalah sebagai sumber data keuangan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga kinerja dapat berjalan dengan efisien.

Namun, apa tujuan dan fungsi spesifik dari laporan perubahan modal? Anda harus memahami dua tujuan dan fungsi laporan ini, yaitu:

  1. Rangkum pembayaran dan aset investasi. Selain itu, juga merangkum dana yang di terima selama suatu periode akuntansi
  2. Menyediakan data perubahan modal kerja.

Jika menurut Anda laporan keuangan perusahaan telah di ubah, Anda dapat mengatakan bahwa Andalah yang perlu membuat laporan ini. Perhatikan tujuan dan fungsinya, tetapi perhatikan juga kebutuhan Anda.

Manfaat Pembuatannya

Selain dua fungsi yang di sebutkan di atas, kami juga dapat memperoleh beberapa keuntungan saat melaporkan perubahan modal.

Yang pasti, laporan ini dapat melengkapi laporan konsolidasi dalam laporan keuangan. Tentunya ini juga menjadi data keuangan yang berguna bagi perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang mungkin di dapat dari pembuatannya, yaitu:

  1. Beberapa jenis pinjaman baru, aliran masuk modal atau aset yang wajar dapat ditampilkan
  2. Memberikan wawasan luas tentang implementasi keuangan, stabilitas, dan informasi masa depan
  3. Menjadi acuan dalam menganalisis dan mengevaluasi status keuangan perusahaan

Melihat tujuan dan manfaat laporan ini, tidak heran jika perusahaan sering menerapkannya dalam laporan keuangan.

Ingin tahu lebih banyak apa saja manfaat laporan perubahan modal bagi usaha Anda? Lalu manfaat apa saja yang terjadi di lapangan sesungguhnya? Simak video berikut ini!


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube