Januari 6

0 comments

Fungsi Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda

Laba rugi merupakan bagian laporan yang penting dari sebuah perusahaan. Karna banyaknya pertanyaan, maka kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan fungsi laporan laba rugi dalam akuntansi.

Laporan laba rugi merupakan bagian penting dari laporan perusahaan, karena menunjukkan laba bersih perusahaan, yang dapat digabungkan dan dievaluasi untuk menilai apakah perusahaan tersebut menguntungkan atau merugi dalam operasi.

Fungsi Membuat Laporan Laba Rugi

Banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang usaha Anda agar dapat berkembang dan lebih mudah dalam mencapai tujuan.

Memberikan informasi keuangan perusahaan kepada pengguna informasi tentang untung dan rugi perusahaan selama operasinya selama periode waktu tertentu (sesuai dengan waktu yang dilaporkan).

Dengan membandingkan laporan laba rugi perusahaan dari tahun ke tahun untuk menunjukkan trend perusahaan dalam kurun waktu tertentu, maka dapat diketahui apakah perusahaan menunjukkan trend positif (laba perusahaan) atau trend negatif (company loss) dalam perjalanan operasinya.

Membantu pengusaha menganalisis darimana keuntungan paling besar dihasilkan dan pengeluaran dari segi apa yang paling banyak memakan biaya sebab laporan laba rugi perusahaan berisi beberapa subtotal revenues maupun expenses perusahaan selama menjalankan usahanya.

Menjadi alat untuk mengukur dan menganalisis perkembangan perusahaan. Jika ingin meningkatkan laba menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

Untuk digunakan sebagai alat untuk menganalisa strategi perusahaan, apakah strategi yang diterapkan perusahaan sudah tepat, apakah dapat menghasilkan pendapatan seperti yang diharapkan, dan membutuhkan strategic replacement untuk mencapai tujuan perusahaan.

Mencerminkan profil perusahaan calon investor dan kreditor dalam transaksi bisnis dengan perusahaan. Menjadi alat untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

Itulah beberapa fungsi yang ditimbulkan dengan kita membuat laporan laba rugi pada laporan keuagan usaha. Lalu bagaimana fungsi-fungsi ini berlaku di dalam penerapan proses usaha Anda? Kami jelaskan dalam sebuah video berikut ini. Simak hingga akhir video.


Tags


You may also like

Standar Akuntansi Keuangan Yang Berlaku di Indonesia

Status Wajib Pajak Non-Efektif Yang Dikecualikan Dari Pengawasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube