April 29

0 comments

Tutorial Mengisi eForm SPT Tahunan Bagi Wajib Pajak Badan

Beberapa perusahaan masih jarang melakukan pelaporan SPT Tahunan menggunakan eForm. Lalu bagaimana sih caranya untuk mengisi eForm SPT Tahunan? Masih bingung? Tonton video berikut ini.

Tidak jarang kita jumpai Wajib Pajak badan (WP) yang belum beroperasi namun memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih aktif. Meski begitu, wajib pajak tetap wajib melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT) badan tahun 1771.

Dalam kondisi seperti itu, wajib pajak badan dapat melaporkan SPT PPh badan nol. Kali ini saya akan menjelaskan tata cara mengisi SPT PPh 1771 nihil melalui eform PDF bagi Wajib Pajak Badan yang belum beroperasi.

Tutorial Mengisi eForm SPT Tahunan

Dalam pelaporan SPT Tahunan PPh Badan, terlebih dahulu siapkan terlebih dahulu laporan keuangan yang diperlukan. Langkah selanjutnya adalah login melalui DJP Online dengan memasukkan NPWP, password, dan security code.

Setelah melakukan login, tampilan layar akan menampilkan menu utama DJP Online. Di menu utama ini, pilih menu Laporan. Kemudian, Anda akan menemukan 3 opsi pelaporan SPT yang terdiri dari PDF e-form (versi baru), e-form (versi lama), dan e-filing.

Silahkan pilih e-form PDF (versi baru). Jika perangkat yang Anda gunakan tidak memiliki aplikasi Adobe PDF Reader yang terinstal, klik Download Adobe PDF Reader. Kemudian, unduh aplikasi tersebut sesuai dengan sistem operasi perangkat Anda. Kemudian, selesaikan tahapan penginstalan aplikasi.

mengisi eform spt

Jika sudah selesai menginstal aplikasi, pilih menu Create SPT. Pada menu ini, Anda akan di minta untuk mengisi data formulir dengan memilih tahun pajak sesuai tahun pajak yang ingin di laporkan dan memilih status SPT Normal. Pilih media pengiriman token melalui email atau nomor handphone.

BACA JUGA:  Status PKP Dicabut! Kewajiban Apa Saja yang GUGUR

Berikutnya, klik Kirim Permintaan. Jika berhasil, sistem akan memberikan notifikasi langsung dan formulir elektronik dalam format pdf. otomatis akan mengunduh. Buka e-form yang telah di unduh dan lengkapi data-data utama di halaman utama.

Dalam pembuatan SPT PPh Badan 1771 nihil, Anda dapat mengisi lampiran IV jika ada PPh final dan penghasilan yang tidak termasuk objek pajak. Selanjutnya Anda dapat mengisi Lampiran V mengenai daftar pemegang saham/pemilik modal dan jumlah dividen yang di bagikan serta daftar susunan pengurus dan komisaris.

Tahap Akhir Pengisian

Selanjutnya, WP dapat beralih ke halaman induk lanjutan. Pada halaman ini, Anda dapat melewati bagian H mengenai lampiran yang di sertakan. Anda juga harus mengisi bagian pernyataan di halaman ini.

Anda dapat membuka dan mengisi lampiran khusus pada transkrip kutipan dari elemen laporan keuangan. Lampiran khusus ini bisa di isi sesuai dengan neraca dan laporan laba/rugi perusahaan. Kemudian, cek kembali SPT PPh Badan yang sudah di isi lengkap.

Setelah memeriksa, klik kirim di bagian atas halaman master tingkat lanjut. Anda akan di minta untuk mengupload sejumlah attachment dalam format pdf. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui email atau nomor handphone yang terdaftar kemudian klik Submit.

Jika berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi langsung pada e-form PDF dengan pernyataan berupa pernyataan bahwa SPT Submit berhasil. Dengan demikian, belum ada SPT 1771 yang tercatat dan berhasil di laporkan di sistem DJP. Anda akan mendapatkan tanda terima elektronik (BPE) melalui email. Selesai.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

WORKSHOP MARKETING SYSTEM

4 Formula Menentukan Strategi Marketing yang Tepat di Bisnis untuk Tetap Berkembang di Masa Sulit

Hari
Jam
Menit
Detik