Juli 25

0 comments

Tips Mengirim Barang Orderan Konsumen Agar Lebih Murah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa biaya logistik di Indonesia masih memiliki nilai yang sangat tinggi diantara negara-negara ASEAN yaitu 24% dari PDB, beberapa solusi yang telah direncanakan oleh pemerintah belum berhasil menurunkan biaya logistik untuk mengirim barang di Indonesia.

Beberapa faktor yang menjadi dasar pengurangan biaya logistik adalah:

Bahan baku

Indonesia merupakan negara pengekspor bahan mentah tanpa nilai tambah yang di berikan sebelum pengiriman, semakin banyak barang yang memiliki nilai tambah maka biaya logistik jika di bandingkan dengan harga barang akan semakin menurun. Misalnya untuk produksi kaca, bahan dasar terbesar yang di gunakan untuk produksi kaca adalah garam, tetapi garam ini sangat murah di bandingkan dengan biaya transportasi.

Di Amerika untuk bahan dasar seperti ini mereka menggunakan mini land bridge yaitu kereta dengan daya tarik tinggi yang mampu menarik gerbong untuk dua tumpukan peti kemas, dengan menggunakan angkutan ini biaya satuan pengiriman dapat di tekan, karena jika di tingkat bahan baku biaya pengiriman sudah seberapa tinggi pada tingkat barang jadi.

Barang setengah jadi

pada tingkat barang setengah jadi, produk kaca sudah berupa kaca lembaran. Kaca lembaran tersebut sudah memiliki nilai ekonomi sedang dan sudah ada nilai tambah di dalamnya. Pasti ada nilai barang jika di bandingkan dengan biaya logistik yang akan turun. Jika biaya logistik untuk garam bisa mencapai 660% maka gelas ini kurang lebih 30%. Kami akan memasuki produk turunan ketiga ketika produk kaca ini di ubah menjadi kaca seni, kaca tempered, atau kaca otomotif, dll.

Barang jadi

Namun pada produk akhir harganya pasti sangat mahal, namun konsumen tetap membeli barang tersebut karena memiliki nilai ekonomis. Ketika nilainya naik, harganya juga naik, sehingga perbandingan dengan biaya logistik otomatis turun. Pada level finish good, biaya logistik hanya 5 persen.

BACA JUGA:  Konsultan Bisnis Jogja

Itulah beberapa alasan mengapa biaya logistik di Indonesia masih tinggi, karena minimnya aktivitas nilai tambah di beberapa proses tersebut.

Permasalahannya saat ini kapal PELNI mendapatkan subsidi dari pemerintah namun tidak ada yang menggunakannya, hal ini di karenakan tidak kompetitif. Kita kembali ke konsep dasar bahwa sapi tidak akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena sapi adalah bahan dasarnya.

Karena pada kenyataannya masyarakat tidak membutuhkan sapi beserta tulang dan bangkainya untuk dikirim semua ke Jakarta dan di konsumsi. Jika kita bandingkan dengan kapal impor dari Australia, yang dikirim hanya dagingnya saja.

Tips Mengirim Barang Orderan Konsumen Agar Lebih Murah

Kendala Transportasi Saat Mengirim Barang

Beberapa kendala transportasi untuk pengiriman sapi yaitu contoh sapi dari NTT yang akan di angkut oleh sapi terlebih dahulu memiliki resiko dan dapat menyebabkan kematian juga dalam perjalanan ke Pulau Jawa, untuk transportasi menggunakan container 20 feet yang memiliki luas 14,4 m2, dengan ukuran tersebut hanya cukup untuk mengangkut 5-6 ekor sapi.

Untuk menekan biaya logistik daging dalam pengangkutan sapi sebaiknya di bangun RPH di NTT agar yang dikirim hanya yang dikirim, karena selain sebagai limbah transportasi, tulang dan karkas sapi tidak memiliki nilai ekonomis dan biaya transportasi tidak mahal. biaya pengiriman ke pulau jawa.

Dengan pengiriman hanya daging saja, pengiriman sudah terlihat lebih hemat lebih dari 70% dan dalam satu kontainer jika 1 ekor sapi seberat 1 ton menghasilkan kurang lebih 300 kg daging, maka dalam satu kontainer 20 kaki berkapasitas 20 ton kita dapat menempatkan 66 ekor sapi. ternak. Di dalam kontainer pengiriman, 3 hingga 264 sapi dapat di tumpuk. Jika melihat 6 ekor sapi: 264 ekor sapi, maka biaya pengirimannya lebih murah.

BACA JUGA:  Kelola Alur Barang Masuk & Keluar Dalam Manajemen Gudang Produksi

Perhitungan dengan kerugian

Untuk produk di Indonesia, isu yang paling penting adalah isu yang berbeda, seperti 6 ekor sapi dikirim dan 2 ekor sapi mati, sehingga tidak memiliki nilai ekonomis dan tidak layak konsumsi. Beras dan buah-buahan juga mengalami hal yang sama, masalah yang berbeda ini menjadi masalah dalam rantai pasokan kami. Ayo coba kirim daging beku alias no problem. Jika sapi mati dalam perjalanan, maka tidak halal untuk di konsumsi, sedangkan daging yang di sembelih menurut ketentuan halal di bekukan dan masih layak untuk dikirim.

Daging ini merupakan produk turunan kedua. Jika kita telusuri lebih jauh, konsumsi daging sapi terbesar di Jawa adalah untuk pembuatan bakso. Jika kita bisa membuat bakso di NTT maka biaya pengiriman akan jauh lebih murah dari harga barang karena bakso lebih ekonomis di banding bakso. Daging sapi dan tidak perlu menggunakan daging mahal seperti tenderloin, sirloin, dll.

Begitu juga dengan hasil perikanan. Jika kita mengirim ikan ke Jawa, hal pertama yang di gunakan adalah kapal khusus untuk pengiriman ikan. Maka kendala yang di hadapi adalah resiko kerusakan saat perjalanan jauh. Solusinya, kenapa tidak kita mulai perusahaan pengalengan ikan di Sulawesi atau Papua? jangan cium baunya

Kesimpulan

Produk jadi dengan nilai ekonomis tinggi akan memiliki biaya logistik yang lebih rendah di bandingkan dengan harga barang. Pembangunan di dekat daerah sumber material juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut guna menciptakan pemerataan pembangunan. Ini akan membuat proses mengirim barang lebih seimbang dan mengurangi kemacetan di Jawa dan logistik akan jauh lebih murah.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top