Juli 10

0 comments

Tips Mengelola Bisnis Makanan Ringan yang Mudah Kadaluarsa

Untuk memulai bisnis, ide membuat aneka jajanan seperti makanan ringan memiliki peluang yang cukup prospektif. Pasalnya, permintaan jajanan selalu meningkat dari hari ke hari. Tidak hanya menyasar segmen pasar anak-anak, bisnis jajanan juga bisa dinikmati oleh kalangan remaja dan dewasa.

Saat ini jenis usaha makanan ringan semakin beragam. Mulai dari keripik, siomay, batagor, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menciptakan ide bisnis baru karena peluangnya terbuka lebar.

Nah, jika tertarik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari melakukan persiapan, perencanaan yang matang, melakukan riset dan analisis pasar, dan lain sebagainya. Anda juga harus mencari tahu jenis jajanan apa saja yang permintaan pasarnya tinggi namun produsennya terbatas. Memulai bisnis makanan ringan membutuhkan ketekunan dan manajemen yang tepat. Agar sukses, silakan simak tips berikut ini!

makanan ringan

Tips Mengelola bisnis makanan ringan

Namun, meski terlihat mudah dan menjanjikan, jika tidak dipraktikkan secara serius dan tidak mengenali peluang bisnisnya, maka kegagalan juga bisa terjadi.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnis makanan ringan, antara lain:

Susun Strategi Penjualan

Saat ini hampir semua bidang usaha memiliki peluang untuk memasarkan produknya baik secara online maupun offline. Bisnis snack juga bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan transaksi penjualan. Identifikasi pasar potensial dalam bisnis ini dan perluas pemasaran dengan cara online jika memungkinkan.

Berikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar dan berikan sampel gratis atau sampel produk jika diperlukan. Kenali tren strategi penjualan terbaru dan gunakan untuk meningkatkan popularitas produk penjualan Anda.

Misalnya dengan berjualan melalui media sosial atau beberapa market place ternama yang sudah banyak dikenal masyarakat.

BACA JUGA:  Strategi Franchise Janji Jiwa Menerapkan Standar Operasional Prosedur

Pastikan Kualitas Produk

Selain murah, jajanan juga berpeluang besar untuk dikonsumsi berulang kali. Agar bisnis makanan jajanan bisa berkembang dan menarik banyak konsumen, coba perhatikan kualitasnya.

Menggunakan bahan-bahan yang segar, higienis, dan tentunya tidak mengandung zat berbahaya, sehingga aman untuk dikonsumsi berulang kali. Jangan lupa untuk mengemas jajanan yang Anda hasilkan dalam kemasan yang baik dan menarik.

Ini bisa menjadi nilai tambah bagi produk Anda dan pelanggan akan lebih mudah tertarik.

Lakukan Inovasi

Persaingan di sektor bisnis, termasuk bisnis makanan ringan, akan selalu ada. Hindari persaingan dan ciptakan jarak dari pesaing bisnis Anda dengan menempelkan inovasi pada produk. Dengan sebuah inovasi, produk makanan Anda akan terlihat berbeda, unik, dan mudah teringat di mana saja.

Jadi tidak masalah jika produk yang Anda jual sudah tersedia di pasaran, asalkan produk tersebut secara inovatif berbeda dengan produk yang sudah beredar.

Lakukan Penjualan Bundling

Jika Anda ingin memperkenalkan produk baru kepada konsumen. Anda bisa membuat paket yang terdiri dari produk yang sudah ada lalu menambah produk baru yang ingin Anda pasarkan.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan makanan ringan ingin memperkenalkan varian rasa baru, tidak ada salahnya memberikan produk tambahan.

Sebagai paket bundling produk dengan pembelian setengah harga.

Dengan metode bundling atau paket ini tentunya konsumen akan semakin antusias untuk membeli karena dapat mencoba produk baru yang asing dengan harga murah. Jadi jangan takut kecewa jika rasanya tidak sesuai ekspektasi mereka.

Lihat Peluang Yang Ada

Ketika kita ingin memulai bisnis makanan ringan, kita harus melihat peluang jenis produk apa yang banyak orang suka. Kemudian kompetitor yang menjual makanan yang sama yang akan kita buat. Tentunya jika tidak ada pesaing maka bisnis snack kita akan laris manis.

BACA JUGA:  3 Tips Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Ideal Bagi Usaha UMKM

Menciptakan Relationship Dengan Konsumen

Bagi seseorang yang berkecimpung dalam bisnis makanan ringan, ia harus selalu menjaga hubungan dengan pelanggannya. Jadi, bukan hanya sekali beli. Sebaliknya, mereka akan setia dan melakukan pembelian berulang kali.

Anda dapat menjaga hubungan dengan melayani pelanggan dengan baik. Dan menciptakan kesan yang lebih dalam. Tersenyumlah lebih banyak agar pelanggan tertarik dengan layanan Anda.

Manfaatkan juga media sosial untuk membuat branding dari jajanan Anda. Menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan. Sehingga satu pelanggan akan menjadi iklan gratis untuk pelanggan berikutnya. Penyebaran informasi produk dari mulut ke mulut juga terbukti efektif dalam menarik calon pelanggan baru.

Memiliki Pencatatan Keuangan Yang Jelas

Bagaimana Anda mengetahui untung atau rugi suatu bisnis jika Anda tidak mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan pembukuan manual jika Anda baru memulai bisnis Anda. Namun, jika Anda sudah memiliki bisnis skala menengah hingga tinggi, penggunaan software akuntansi adalah solusi untuk optimalisasi pembukuan secara keseluruhan.

Itulah tips memulai bisnis snack yang bisa dapat berjalan. Pastikan Anda konsisten melakukan setiap tahapan hingga benar-benar berhasil. Silahkan copy ide bisnis snack yang menurut anda lebih prospektif


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top