Agustus 4

0 comments

1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

Setiap pelaku usaha pasti menginginkan kesuksesan bagi setiap usahanya, namun untuk mencapai hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, komitmen, disiplin dan strategi yang tepat. Selain itu, tantangan dan masalah yang berliku juga datang silih berganti. Hendy Setiono, pemilik bisnis franchise kebab Baba Rafi Group, sangat merasakan hal itu. Ia sendiri mengaku menghadapi berbagai tantangan dan mengalami krisis hingga empat kali dalam menjalankan usahanya. Inilah kisah sukses kebab turki Baba Rafi.

Jatuh Bangun Kedai Kebab Turki Baba Rafi

Sebagai pemilik waralaba yang sukses, kebab Baba Rafi kini memiliki lebih dari 1.300 gerai di 9 negara. Namun siapa sangka, sebelum bisnisnya merambah ke luar negeri, Hendy mengaku perjalanan bisnisnya tidak selalu mulus. Terbukti sebelum menjajaki kebab, Hendy Setiono kala itu sempat berjualan burger menggunakan gerobak di pinggir jalan.

Sempat laris manis, bisnis burger bernama Yummy Burger akhirnya terguling oleh persaingan pasar dan tidak berlanjut. Hendy kemudian berpikir untuk menghadirkan sesuatu yang belum ada di masyarakat saat itu.

Didirikan pada tahun 2003 oleh Hendy Setiono, seorang pengusaha muda yang memulai bisnis kebab dari mengoperasikan gerobak kecil di Jalan Nginden Semolo di Surabaya, Indonesia Hendy memulai bisnis Kebab pertamanya dengan modal 4 juta rupiah di pinjam dari adiknya.

Tahun 2005, Kebab Turki Baba Rafi berkembang pesat hingga akhirnya mampu meresmikan PT Baba Rafi Indonesia, dan mulai mewaralabakan bisnis kebab ini. Saat ini Kebab Turki Baba Rafi merupakan salah satu bisnis franchise kebab terbesar di dunia. Tidak hanya di Indonesia, bisnis kebab Baba Rafi juga tersebar di 9 negara lain, yaitu: Malaysia, India, Filipina, Sri Lanka, China, Singapura, Brunei, Belanda, dan Bangladesh.

Setelah memperoleh omzet Rp 100 juta di tahun pertama, Hendy sempat merugi di tahun kedua. Kerugian tersebut terjadi karena buruknya sistem manajemen yang dilakukan. Minimnya pengawasan membuat omzet usaha kebab menurun tajam.

Tak terhindarkan, di tahun kedua usaha yang didirikan Hendy ini terancam bangkrut karena tidak menggunakan sistem manajemen yang baik, tidak pernah melakukan pengendalian, dan tidak pernah mengecek stok. Namun kondisi tersebut dapat kembali normal bahkan menuai keuntungan setelah melakukan pembenahan manajemen di dalam perusahaan.

kebab turki baba rafi

Perjalanan Waktu Berkembangnya Bisnis

Seperti yang telah di jelaskan di atas, perjalanan perkembangan bisnis Kebab Baba Rafi Sejak awal berdirinya mengalami pasang surut dalam perkembangan bisnisnya. Berikut rangkuman dinamika bisnis PT. Baba Rafi Kebab Turki.

  • 2003, memulai bisnis kebab turki dari satu gerobak menjadi enam gerobak.
  • 2005, mengembangkan bisnis waralaba.
  • 2007, bisnis ini berkembang dan memiliki 336 outlet di seluruh Indonesia.
  • 2008, kantor pusat pindah dari Surabaya ke Jakarta, dan logo di ganti.
  • 2009, Kebab Baba Rafi mulai go international dan mengadakan grand opening gerai di Malaysia dan Filipina.
  • 2014, memiliki 1.200 outlet di seluruh dunia, serta pembukaan grand opening outlet di Sri Lanka dan China.
  • 2015, terus memperluas pasarnya hingga merambah Singapura, Brunei dan Belanda serta melakukan rebranding lagi, di mana warna utama brand berubah dari merah kuning menjadi hitam dan kuning.
  • 2016, Kebab Turki Baba Rafi mengadakan grand opening outlet di Bangladesh.
kebab turki baba rafi

3 Kunci Kesuksesan Dalam Berbisnis

Kunci sukses bisnis adalah sesuatu yang masih harus rajin di pelajari dan kemudian diterapkan bagi mereka yang baru memulai bisnis. Akan ada banyak situasi yang akan di hadapi di sepanjang jalan, termasuk banyak tantangan yang harus di hadapi, yang mungkin sulit pada awalnya.

Menjadi pengusaha sukses tentu menjadi dambaan setiap orang, termasuk Anda yang saat ini berkecimpung di dunia wirausaha, apa pun jenis usahanya. Tidak hanya sekedar memiliki bisnis, tentunya Anda juga ingin bisnis tersebut menjadi besar, di kenal banyak orang, dan juga omzet yang besar tentunya.

Tidak ada yang salah dengan mimpi itu. Bahkan, ini harus di tanamkan dalam pikiran Anda. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, tentunya bukanlah hal yang mudah dan instan. Di butuhkan proses yang sering kali memakan waktu lama, sebelum akhirnya mencapai tahap kesuksesan.

Berbagi tips, strategi dalam membangun bisnisnya menjadi franchise market leader. Ada 3 poin penting yang menjadi kunci sukses franchise Turki Baba Rafi Kebab, yaitu sebagai berikut:

1. Fokus pada Visi dan Misi

Meski banyak lini bisnis baru yang menarik, namun harus tetap fokus pada bisnis utama yang akan di jalani tentunya dengan terus berinovasi agar bisa bersaing dengan bisnis baru.

Setiap organisasi atau perusahaan memiliki tujuan yang harus di capai, baik untuk jangka waktu yang pendek maupun untuk jangka waktu yang lama. Visi dan Misi merupakan tolak ukur untuk mencapai keberhasilan dan kemajuan perusahaan, sehingga dalam pelaksanaannya, perusahaan memiliki landasan dalam membuat kebijakan dan aturan untuk kepentingan perusahaan dan karyawan.

Sebenarnya di sadari atau tidak, setiap perusahaan pasti memiliki arah dan tujuan yang ingin di capai. Kemudian, untuk mencapai tujuan perusahaan, tim manajemen perusahaan bergabung untuk memisahkan setiap departemen di dalamnya dan mengelompokkan job description untuk mendukung penuh pencapaian visi dan misi perusahaan.

Dari ulasan di atas bisa di simpulkan bahwa visi misi perusahaan selalu ada, dan itulah yang mendorong berdirinya sebuah perusahaan. Hanya saja, ada visi dan misi perusahaan yang secara jelas di sebutkan, ada yang masih samar-samar.

Ketika seorang karyawan mengerti dan mengerti, apa tujuannya untuk bekerja? Adakah cita-cita luhur sebuah perusahaan yang ingin di capai terkait dengan kesejahteraan bersama? Sehingga secara tidak langsung karyawan akan mulai menyadari bahwa dirinya harus memberikan standar kerja yang optimal untuk tujuan mulia perusahaan.

Lalu, apa jadinya jika tidak hanya di pahami oleh satu karyawan, tapi hampir semua karyawan di sebuah perusahaan? Aman! Itu berarti perusahaan Anda sedang menuju puncak kejayaannya dalam meningkatkan omset dan pertumbuhan perusahaan.

Bekerja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani, tetapi juga kebutuhan rohani. Tentang bagaimana menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, dengan atasan, dan dengan bawahan kita. Karena itu, memiliki visi dan misi akan membuat pekerjaan yang dilakukan lebih bermakna.

2. Menerapkan Standarisasi

Standar Operasional Prosedur atau SOP yang jelas sangat penting untuk menjaga standarisasi di setiap gerai, pengendalian mulai dari paket investasi, pencarian lokasi, rekrutmen dan pelatihan, peralatan dan gerai di tambah pasokan bahan baku, sehingga standarisasi produk selalu sama.

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan panduan untuk menjalankan setiap tugas dan fungsi setiap elemen perusahaan. Sehingga perlu adanya Standard Operating Procedure (SOP) untuk memudahkan dalam menyusun, merapikan, dan mengendalikan sistem perusahaan. Standard Operating Procedures (SOP) berisi urutan proses pelaksanaan pekerjaan dari awal sampai akhir.

SOP adalah suatu aturan yang berkaitan dengan tata cara yang dilakukan secara tertib untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan memperoleh hasil kerja yang efektif tetapi dengan biaya yang serendah-rendahnya.

Pedoman ini digunakan sebagai tolak ukur atau pedoman dalam bekerja sesuai dengan prosedur dan sistem kerja di perusahaan. Selain itu, SOP juga di jadikan sebagai acuan kerja sesuai dengan alat penilaian kinerja pegawai.

Dalam sebuah perusahaan, SOP sangat penting sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai situasi yang mungkin terjadi di perusahaan. Bisnis akan berkembang jika seluruh karyawan dapat mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang telah di tetapkan.

Tanpa SOP, semua bagian perusahaan akan berjalan tidak efektif. Perusahaan juga akan beroperasi dengan pedoman yang tidak jelas dan baku sehingga efektivitas kerja akan menurun.

3. Konsistensi

Menjalankan bisnis tidak hanya sekedar investasi. Banyak orang hanya mempertimbangkan masalah modal, dan hanya ingin menikmati keuntungannya saja. Padahal, bisnis juga merupakan proses pembelajaran, sekaligus buah dari pemikiran dan kerja keras berbagai pihak. Sehingga konsistensi sebagai pelaku usaha harus selalu di jaga.

Konsisten dalam berbisnis merupakan salah satu sikap yang dapat membuat para pebisnis biasa menjadi luar biasa, termasuk bisnis yang di jalankannya. Tidak dapat di pungkiri juga bahwa seorang pelaku bisnis memiliki banyak tuntutan yang harus memperhatikan segala aspek, mulai dari berhati-hati dalam mengatur waktu, cermat melihat peluang dan cerdas dalam mengambil keputusan.

Untuk itu, konsistensi dalam berbisnis menjadi penunjang agar ketelitian ini dapat terus membuahkan hasil yang baik. Bahkan usaha kecil-kecilan dan apa pun bidang usaha yang di jalankannya akan berjalan dengan baik dan menghasilkan banyak keuntungan yang besar jika secara konsisten dapat di pegang oleh para pelaku bisnis.

Meskipun banyak di temukan kasus kegagalan yang mengakibatkan inkonsistensi dalam menjalankan tugas, namun banyak pelaku bisnis bahkan memilih untuk berhenti atau menyerah sebelum mencapai target yang di inginkan.

Padahal, ketika berbagai masalah muncul, tidak bisa di atasi dengan konsistensi yang baik sehingga bisnis akan mengalami keterpurukan. Tentunya hal ini perlu di perhatikan dalam menjalankan bisnis mengingat masalah atau kegagalan merupakan risiko yang harus di hadapi dalam berbisnis jika ingin sukses.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube