Juli 8

0 comments

Tips Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Minim Kerugian

Permintaan mobil bekas di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Banyak orang Indonesia lebih suka membeli mobil bekas daripada harus membeli mobil baru. Salah satu alasannya adalah harga yang jauh lebih rendah dan pajak yang lebih rendah. Untuk itu, bisnis jual beli mobil bekas di Indonesia merupakan peluang atau ide bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan yang besar. Namun, menjalankan bisnis jual beli mobil bekas bukanlah hal yang mudah. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas.

Tips Membangun Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Minim Kerugian

Pilih Lokasi Showroom yang Strategis

Semua jenis usaha pasti memiliki lokasi yang strategis agar mudah mendapatkan pelanggan. Anda tidak harus memiliki showroom yang besar, dengan lokasi yang strategis, Anda bisa memulai bisnis jual beli mobil bekas secara maksimal.

Pilih mobil yang banyak pasar minati

Dalam memilih mobil yang akan terpajang di showroom Anda, carilah jenis mobil yang banyak masyarakat sangat minati. Anda bisa melakukan sedikit riset untuk mengetahui minat masyarakat terhadap mobil bekas yang paling banyak orang cari.

Hindari Broker Mobil

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya Anda akan lebih sering bertemu dengan calo mobil. Cobalah untuk menghindarinya ketika Anda ingin membeli mobil. Selain kasus untung rugi yang mungkin Anda alami saat membeli mobil dari broker, Anda juga tidak bisa langsung memastikan kondisi mobil yang akan Anda beli dan jual kembali. Jadi, cobalah untuk membeli mobil langsung dari pemiliknya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sendiri bagaimana kondisi mobil tersebut dan memperkirakan harga jual mobil tersebut.

Perbaikan dan Percantik Mobil

Jika Anda pernah membeli mobil untuk dijual kembali, tidak ada salahnya untuk memeriksa dan memperbaiki mobil tersebut. Memperbaiki mobil bekas dapat meningkatkan harga jual mobil, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan yang sesuai.

BACA JUGA:  5 Alasan Utama Bisnis Bangkrut Pada Tahun Pertama

Cek Kelengkapan Surat

Selain kondisi fisik mobil, kelengkapan dokumen mobil juga sangat penting. Tentunya Anda tidak ingin menjual mobil dengan dokumen tidak lengkap atau pajak mati, bukan?

Mematuhi Hukum yang Berlaku

Sebagai penjual mobil bekas, Anda juga harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga kedua belah pihak, Anda dan pelanggan Anda tidak akan rugi saat melakukan transaksi penjualan. Jangan pernah main-main dengan hukum, selain merugikan bisnis, Anda bisa kehilangan pelanggan. Mereka yang seharusnya bisa memberikan testimoni atau review positif karena kualitas mobil bekas dan pelayanannya yang baik, bisa saja memberikan review negatif hanya karena Anda curang dalam masalah hukum dan tentunya bisa merugikan bisnis Anda.

Memanfaatkan Hubungan/Relasi

Relasi yang Anda miliki dapat membantu Anda dalam memulai bisnis jual beli mobil bekas. Anda dapat mengoptimalkan promosi dari mulut ke mulut ke relasi Anda yang merupakan media promosi yang tidak menggunakan biaya.

Jangan Abaikan Manajemen Keuangan

Hal terakhir yang sangat penting dalam cara memulai bisnis jual beli mobil bekas adalah dengan memperhatikan manajemen keuangan. Meskipun bisnis Anda adalah bisnis jual beli barang bekas, Anda tetap perlu mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik agar terhindar dari kerugian.

Pencatatan penjualan dan pembelian, pendapatan dan pengeluaran, serta faktur atau kwitansi sangat penting dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pengelolaan keuangan.

Itulah delapan cara memulai bisnis jual beli mobil bekas yang bagus yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin memulai bisnis tersebut.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, pajak, peluang


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top