Juni 21

0 comments

Cara Mengatasi Barang Yang Tidak Laku dan Expired

Arti dari unsold stock atau barang yang tidak laku bisa berbeda-beda di setiap lini usaha. Sebelum membaca lebih lanjut, tentukan dulu produk mana yang tergolong dead stock di bisnis Anda. Apakah barang tersebut tergolong dead stock jika tidak terjual selama 3 bulan? Atau 5 tahun?

Apa itu Dead Stock & Slow Moving Inventory?

Dead stock adalah persediaan atau barang yang sudah tidak dapat dijual lagi atau sering disebut dead stock. Persediaan yang bergerak lambat adalah barang yang dijual dalam jangka waktu yang lama. Lamanya waktu di sini relatif, tergantung jenis produk yang Anda jual.

Dengan bisnis yang tidak menggunakan aplikasi manajemen persediaan, produk yang dijual dalam jangka waktu yang relatif lama dapat dilupakan dan menjadi tidak berguna – singkatnya, Anda merugi.

Jika Anda tidak tahu tentang aplikasi stok gudang dan bingung tentang aplikasi manajemen inventaris mana yang akan di gunakan, lihat rekomendasi kami untuk aplikasi stok stok di Android yang patut di coba.

Jika Anda sudah mengidentifikasi item yang tergolong slow moving, Anda harus mengetahui risiko yang bisa terjadi jika tidak segera menjual item tersebut. Biaya penyimpanan di gudang dapat meningkat karena barang yang tidak laku terjual dan juga dapat berdampak pada kesehatan arus kas bisnis Anda.

barang yang tidak laku

Bagaimana Cara Mengatasi Barang Yang Tidak Laku

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk menyingkirkan stok mati:

1. Tingkatkan promosi untuk item ini

Salah satu teknik pemasaran yang cukup membantu dalam mempercepat penjualan adalah dengan memberikan potongan harga yang menarik bagi pelanggan. Hal ini dapat di lakukan dengan menjual barang tersebut pada harga impas atau memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar.

BACA JUGA:  7 Poin Penting Membangun Karyawan Berkualitas di Perusahaan

2. Bundling stok mati dengan item terlaris

Cara lain untuk mempercepat penjualan item dead stock adalah dengan bundling. Kemas barang slow moving dengan barang fast moving agar kamu bisa langsung mendapatkan uang dari penjualan.

3. Kembalikan stok mati ke pemasok

Opsi ini hanya dapat di lakukan jika sebelumnya telah di setujui oleh pemasok Anda. Jika tidak, coba negosiasikan syarat pengembalian produk yang tidak terjual, atau minta diskon jika barang tidak terjual dalam waktu yang di tentukan (unreturnable).

Anda juga dapat menegosiasikan persyaratan untuk memperpanjang jangka waktu pembayaran kredit jika barang Anda tidak terjual.

Untuk membantu mempercepat penjualan dead stock dan slow moving inventory, Anda harus mengetahui cara mengelola inventory secara efektif.

Tips Mencegah Dead Stock

Setelah mengetahui cara menghabiskan dead stock, sebaiknya perhatikan juga tips dan trik ini agar tidak terjadi dead stock di bisnis Anda di kemudian hari. Simak tips dan trik berikut ini:

Jangan hanya membeli – baca tren pasar dan data perilaku untuk mencegah kelebihan pasokan.

Ingatlah untuk selalu menegosiasikan klausul pengembalian bila memungkinkan. Anda juga dapat meminta dana dukungan atau diskon jika produk tidak dapat di kembalikan.

Yang terpenting, gunakan aplikasi yang memiliki fitur inventory management. Laporan inventaris dapat memungkinkan Anda untuk menghindari kelebihan pasokan, membuat keputusan penyetokan ulang yang lebih cepat dan lebih akurat, dan melihat item apa yang tersisa di gudang secara real time tanpa bertanya ke gudang.

Dead stock adalah jenis masalah yang dapat berulang sepanjang waktu Anda menjalankan bisnis Anda.

Jika tidak bisa dihilangkan sama sekali, bisa di kurangi seminimal mungkin.

Tips Mengatasi Barang Yang Tidak Laku

Jika Anda mengikuti taktik pemesanan yang tepat, menggunakan poin pemesanan ulang, EOQ, dan rasio perputaran persediaan, maka Anda dapat mengatasi masalah kelebihan stok di gudang atau toko Anda.

BACA JUGA:  Pengelolaan Barang Sisa Proyek Pada Perusahaan Kontraktor

Jika kondisi pasar sedang goyah atau produk Anda tidak mendapatkan perhatian sebanyak yang Anda inginkan, cobalah strategi penjualan seperti bundling, penjualan diskon, dan saluran penjualan yang berbeda seperti pasar online.

Terakhir, jika strategi pemesanan dan penjualan Anda berada di jalur yang benar dan Anda masih memiliki stok mati, maka inilah saatnya untuk menetapkan standar kualitas produk Anda untuk mengurangi kemungkinan memiliki barang cacat di inventaris Anda.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Buku Besar Akuntansi Untuk Mencatat Transaksi Usaha

Buku Besar Akuntansi Untuk Mencatat Transaksi Usaha
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top