Juni 30

0 comments

5 Alasan Utama Bisnis Bangkrut Pada Tahun Pertama

Memiliki sebuah bisnis dalam era sekarang ini memang banyak tantangan yang harus terus di hadapi demi keberlangsungan bisnis itu sendiri. Tidak sedikit pula bisnis yang baru saja di rintis tidak genap melewati usia satu tahun, namun harus merelakan bisnisnya gulung tikar ataupun sudah dalam posisi di ujung tanduk. Hal seperti ini yang seharusnya menjadi pertanyaan besar bagi pebisnis lain. Sebenarnya apa yang menjadi alasan utama banyaknya bisnis bangkrut sebelum genap usia satu tahun?

Nah ternyata ada beberapa aspek yang apabila hal ini dilakukan dengan benar akan sangat membantu dalam keberlangsungan bisnis.

alasan bisnis bangkrut

Aspek pertama dari segi pemilihan model bisnis dan target pasar

Sebuah bisnis yang baik adalah yang fokus pada solusi dari setiap permasalahan yang ada dalam kehidupan kita. Misalnya saja bisnis ojek online, dahulu sebelum ada bisnis yang bergerak pada bidang ini banyak masyarakat yang merasa kesulitan melakukan mobilisasi apabila mereka tidak memiliki kendaraan pribadi ataupun memang tidak dapat mengendarai kendaraan sendiri. Permasalahan itu yang akhirnya menjadi dasar utama para pemilik bisnis ojek online untuk membangun bisnisnya. Dan yakin akan terus di butuhkan sebagai solusi dari permasalahan keterbatasan mobilitas.

alasan bisnis bangkrut

Aspek kedua yaitu kualitas produk atau jasa

Ini adalah hal kedua yang harus di bangun di awal bahkan mungkin sebelum bisnis itu mulai di buka atau launching. Kita sebut saja salah satu merek bisnis F&B terkenal yaitu kopi janji jiwa atau kopi kenangan. Apabila di awal pembukaan mereka tidak menyajikan produknya dengan kualitas terbaik. Mungkin hari ini kita tidak pernah melihat outlet berjilid-jilid yang mudah di akses oleh para penggemarnya. Jadi menurut kami faktor kualitas dari barang yang di jual juga mempengaruhi dari keberlangsungan bisnis itu sendiri.

Aspek Ketiga yaitu sistem operasional prosedur

Memimpikan mempunyai banyak outlet seperti kopi janji jiwa atau bisnis lainnya yang memiliki banyak cabang adalah hal yang lumrah. Namun pertanyaanya bila Anda memiliki bisnis serupa apakah bisa melakukan hal yang sama? Mulai dari memilih bahan baku dengan kualitas terbaik dan dengan harga ekonomis, belum lagi juga harus meramu dan memformulasikan setiap produk dengan standarisasi tersendiri agar lebih mudah dalam pembuatanya lagi. Hal ini merupakan tahapan yang harus di lalui dan tidak berhenti di situ saja setelah semua itu selesai, semua kegiatan operasional juga harus memiliki standarisasi agar kualitas produk bisa terus terjaga dan memudahkan juga dalam proses pengontrolanya.

alasan bisnis bangkrut

Aspek keempat yaitu pemasaran

Pemasaran yang tepat akan sangat membantu sebuah bisnis dalam menemukan target pasar yang sudah di tentukan sebelumnya. Selain pemasaran secara konvensional pemasaran secara digital adalah sebuah keharusan yang harus di lakukan untuk memperluas jangkauan pemasaran. Sudah banyak sekali platform yang dapat di manfaatkan untuk menjalankan pemasaran secara digital ketimbang konvensional. Salah satunya adalah kita bisa menargetkan siapa target pasar, berapa umurnya, apa yang menjadi kesukaannya dan masih banyak lagi.

alasan bisnis bangkrut

Aspek kelima yaitu laporan keuangan

Banyak pebisnis pemula yang menganggap remeh hal ini, padahal memiliki sebuah laporan keuangan adalah sebuah kewajiban dalam menjalankan sebuah bisnis. Peran dari laporan keuangan ini sendiri seperti buku diagnosa apabila kita sedang melakukan medical check up, yang mana pada laporan ini akan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari kondisi tubuh kita, bahkan yang tidak terlihat oleh mata.  

Begitu juga laporan keuangan yang dapat menjadi dasar bagi pemilik bisnis dalam pengambilan keputusan yang lebih akurat. Bayangkan apabila tidak memiliki dasar dalam pengambilan keputusan atau strategi tertentu, alih alih ingin mengembangkan usaha dengan menambah stok barang ternyata masih banyak dead stock yang tidak dapat di jual lagi di gudang sehingga bukannya yang di dapat untung malah buntung karena pasti cash flow-lah yang selanjutnya akan macet dan ini menjadi pertanda awal sebuah bisnis menuju ke arah ujung tanduk.

Ini alasan yang seringkali mempengaruhi bisnis bangkrut hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun. Laporan keuangan yang baik pasti harus mau mempelajari setiap hal yang di butuhkan dan waktu yang cukup lama untuk memahami setiap proses pembuatannya.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Pasca Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube