Oktober 1

0 comments

Strategi Bisnis Adalah Kunci Mencapai Keuntungan Maksimal

Dalam menjalankan bisnis, mengembangkan strategi bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan sejak awal.

Strategi bisnis adalah upaya perusahaan untuk mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan terintegrasi dan dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Dengan strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan sebagainya.

Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal, berikut enam strategi bisnis yang bisa dilakukan.

strategi bisnis adalah
Belajar Bisnis : Pengertian, Tujuan dan Jenisnya

Jenis Strategi Bisnis yang Umum Digunakan

A. Pertumbuhan

Strategi pertumbuhan berarti terus-menerus memperkenalkan fitur baru dari produk yang sudah ada. Seringkali perusahaan di tuntut untuk melakukan modifikasi atau menjadi lebih inovatif agar dapat terus bersaing dalam industrinya.

Jika tidak, pelanggan akan lari ke produk pesaing yang menawarkan teknologi lebih canggih.

Tidak hanya perusahaan besar, UMKM juga bisa mengadopsi strategi pertumbuhan bisnis ini. Terkadang, sebuah perusahaan dapat menemukan pasar baru untuk produk mereka secara tidak sengaja.

Misalnya, sebuah perusahaan sabun oles melakukan riset pasar dan hasilnya menunjukkan bahwa produk mereka paling di sukai oleh pekerja pabrik.

Dengan begitu, perusahaan tidak perlu fokus menjual produknya di pengecer besar, tetapi bisa fokus menjualnya di warung atau pengecer kecil di sekitar pabrik atau kawasan industri.

B. Diferensiasi Produk

Strategi diferensiasi produk merupakan salah satu strategi bisnis yang paling efektif bagi UMKM.

Melalui jenis strategi bisnis ini, perusahaan dapat secara strategis mengeksplorasi faktor-faktor yang membedakan produk dan layanan dari pesaing.

Nilai pembeda dalam strategi ini tidak serta merta mengakibatkan perusahaan mengeluarkan lebih banyak untuk memanfaatkannya.

Diferensiasi produk dapat lahir dari cara melakukan model bisnis, cara membuat produk, atau menerapkan pendekatan pada layanan.

Dan semua itu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan jika penelitian mendalam di lakukan secara cermat dan lebih strategis.

C. Harga

Strategi penetapan harga sering kali melibatkan penetapan harga produk yang lebih tinggi daripada pesaing, terutama pada tahap awal pengenalan produk.

Para pelaku UMKM dapat menggunakan strategi ini dan menjadikannya sebagai motor akselerasi produksi dan pembalikan modal iklan yang mungkin telah di lakukan jika berhasil di terapkan.

Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki sesuatu yang istimewa dalam produk atau layanan Anda saat menerapkan strategi ini.

BACA JUGA:  SOP Alur Barang Masuk-Keluar Pada Perusahaan Distributor

Jika Anda berada di lingkungan pasar yang tidak banyak pemainnya atau bahkan Anda satu-satunya di sana, maka strategi ini bisa menjadi strategi yang efektif. Karena pelanggan hanya akan melihat merek Anda.

D. Akuisisi

Para pebisnis yang memiliki modal cukup besar dapat menggunakan strategi bisnis akuisisi ini.

Strategi bisnis akuisisi berarti membeli perusahaan tambahan dan/atau lini produksi dari produk yang sudah ada.

Keuntungan dari strategi ini adalah dengan modal yang besar, suatu perusahaan dapat lebih leluasa menilai potensi bisnis perusahaan yang akan di akuisisi sesuai dengan visi perusahaan yang memiliki modal tersebut.

E. Konten

Di era digital yang semakin canggih ini, content strategy merupakan strategi bisnis yang efektif yang harus di kembangkan dan di implementasikan dengan baik.

Ketika bisnis Anda menggunakan strategi bisnis yang jelas melalui konten, maka konten Anda akan bekerja secara efisien.

Hal ini di karenakan konten yang di kembangkan akan lebih spesifik. Strategi konten ini setidaknya akan melibatkan pengembangan konten blog, pemasaran email, dan aktivasi media sosial yang relevan dengan bisnis Anda.

Salah satu aspek terpenting dari strategi ini tidak hanya memproduksi dan mendistribusikan konten, tetapi Anda juga harus responsif terhadap setiap interaksi yang terjadi dari setiap konten.

Tips Menjalankan Untuk Mendapatkan Profit Maksimal

Identifikasi Masalah dalam Bisnis

Agar bisnis Anda berjalan dengan efisien, Anda harus mengidentifikasi masalah yang ada dalam bisnis Anda.

Untuk menemukan masalahnya, Anda bisa mulai dengan menilai apa yang dianggap kurang efisien.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengidentifikasi masalah karena bias, maka Anda dapat meminta penghasilan dari orang lain yang juga terlibat dalam bisnis Anda seperti karyawan atau konsumen.

Hal ini dapat mengurangi bias dalam penilaian.

Jika Anda telah menemukan masalah yang membuat bisnis Anda berjalan kurang efisien, maka carilah penyebab masalah tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat memutuskan untuk membuat strategi bisnis dengan melakukan perubahan pada sistem di bisnis Anda.

Mengingat dampak efisiensi saja akan membuat bisnis Anda semakin kompetitif dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, maka segera lakukan perubahan untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Namun, meskipun Anda telah membuat strategi bisnis yang efisien, tetap buat rencana cadangan lainnya.

Ini karena perubahan pada sistem atau strategi bisnis baru mungkin memiliki bagian lain yang tidak kompatibel dengan perubahan baru.

BACA JUGA:  Fungsi Struktur Organisasi Bagi Perusahaan Anda

Membuat bisnis lebih efisien tidak selalu mudah, tetapi meningkatkannya sekarang lebih baik daripada tidak sama sekali.

Libatkan Semua Pihak

Cara kedua untuk membuat bisnis Anda lebih efisien adalah dengan membuat strategi bisnis yang melibatkan semua pihak.

Ingat pepatah ‘dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua dan seterusnya’?

Dengan cara kedua ini, Anda bisa mengikuti pepatah. Bayangkan saja jika Anda harus mengangkat karung seberat 1 ton, Anda pasti akan merasa kewalahan.

Lain halnya jika Anda mengangkatnya bersama teman, tentu bebannya akan berkurang.

Seperti ini, membuat strategi bisnis juga harus melibatkan semua pihak.

Anda tidak mungkin mengetahui secara mendalam setiap bagian dari perusahaan.

Tentu ada pihak lain yang lebih profesional di bidangnya masing-masing. Jadi ketika membuat strategi bisnis yang efisien, tanyakan kepada semua pihak yang terlibat.

Bahkan masyarakat sebagai konsumen Anda perlu mendengarkan nasihatnya. Namun, semua masukan yang ada tidak boleh di telan mentah-mentah.

Identifikasi mana yang sesuai dan masuk akal untuk membuat bisnis Anda lebih efisien.

Mengutip publikasi Arbedeen Group yang menyatakan bahwa perusahaan atau entitas yang menggunakan sistem demokratisasi memiliki retensi pelanggan 30% dan pendapatannya dapat meningkat sebanyak 55%.

Perhatikan Kualitas

Saat ini, semakin banyak bisnis baru bermunculan dengan produk yang beragam. Namun, hanya sedikit bisnis yang benar-benar memperhatikan kualitas, sehingga strategi bisnis yang perlu Anda perhatikan mencakup poin yang satu ini.

Kualitas dalam bisnis merupakan hal penting yang perlu di tingkatkan untuk menarik banyak konsumen.

Perhatikan kualitas beberapa elemen yang Anda jual dalam bisnis. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas pelayanan yang terbaik.

Kualitas yang lebih baik dari kompetitor tentunya akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu.

Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut.

Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang di inginkan pembeli dari bisnis Anda.

Kreatifitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan aset penting dalam menjalankan strategi bisnis. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali dirinya dengan berbagai ilmu dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

BACA JUGA:  Prosedur Mengatasi Kerugian Bisnis Kue Kering Mudah Rusak

Ide-ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar bagi bisnis Anda.

Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak akan merasa bosan.

Membangun Komunitas

Membangun komunitas di maksudkan untuk membuat grup atau forum khusus bagi konsumen produk atau layanan perusahaan Anda.

Maksud atau tujuan dari di bangunnya komunitas ini adalah untuk menciptakan komunikasi antara perusahaan sebagai pembuat produk atau jasa dan konsumen sebagai pengguna produk atau jasa tersebut.

Mengingat era bisnis saat ini berfokus pada consumer centricity, mendapatkan masukan dari konsumen merupakan aset.

Dengan membangun komunitas dalam strategi bisnis Anda, Anda juga akan membuat konsumen merasa di hargai. Namun, membangun komunitas seperti itu tidak mudah.

Apalagi komunitas ini merupakan pihak dari luar perusahaan. Jadi berpikirlah dengan bijak dan dewasa untuk membangun sebuah komunitas.

Berani Mengambil Resiko

Setiap bisnis memiliki risiko. Ada risiko yang melekat dalam bisnis ini dan ada juga yang tidak.

Anda tidak mungkin bisa menghilangkan risiko, jadi yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi risiko yang mungkin terjadi dengan baik.

Salah satu cara untuk membuat strategi Anda lebih efisien adalah Anda harus siap menghadapi kejadian tak terduga.

Tahukah Anda bahwa mengambil risiko adalah bagian dari menemukan ketidakefisienan?

Karena itu, Anda harus berani mengambil risiko. Dengan begitu, Anda dan perusahaan akan maju dan sukses.

Promosi Strategi Bisnis Inovatif

Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi bisnis yang harus di lakukan oleh para pelaku bisnis.

Saat ini melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan bisa di lakukan secara gratis.

Anda bisa menggunakan media sosial atau media online lainnya untuk mengenalkan produk dan mempromosikan lebih spesifik orang yang menyukai produk Anda.

Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual.

Lakukan promosi secara berkala, sehingga calon pelanggan akan lebih mudah terjaring.

Itulah beberapa strategi bisnis yang bisa di terapkan pada perusahaan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top