Juni 29

0 comments

Pembukuan Sederhana UMKM Dengan Aplikasi Buku Kas

Mengapa aplikasi buku kas keuangan atau aplikasi pembukuan keuangan sekarang ini sangat dibutuhkan oleh toko online? Sebelum menjawab, pertama-tama kita akan membahas mengapa akuntansi keuangan seperti buku kas itu penting baik bagi para pelaku bisnis maupun bisnis online.

Mengapa begitu penting?

Dengan akuntansi keuangan, Anda dapat menghasilkan berbagai jenis laporan, dan Anda dapat menggunakan laporan keuangan tersebut sebagai dasar untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan membuat keputusan dan kebijakan bisnis yang tepat untuk kepentingan bisnis Anda.

Bisnis online sedang booming di Indonesia, baik dari sisi penjual maupun dari sisi pembeli. Bisnis online juga melahirkan banyak pengusaha baru yang sukses. Namun keberhasilan suatu usaha tidak hanya dihitung dari seberapa banyak barang atau jasa yang terjual.

Namun pengusaha juga harus mengetahui cara membuat laporan untuk menggambarkan keseluruhan bisnis yang dijalankan, sehingga penting bagi para pelaku bisnis untuk membuat laporan keuangan yang salah satunya adalah laba rugi.

Hampir semua perusahaan besar, kecil, dan toko online pasti memiliki laporan laba rugi. Laporan ini merupakan laporan yang berisi informasi keuangan suatu usaha yang telah berjalan selama suatu periode. Laporan laba rugi dibuat dalam periode tertentu, baik periode bulanan, semester, maupun tahunan.

Fungsi dari laporan ini adalah untuk mengetahui apakah bisnis tersebut merugi atau untung pada periode tersebut. Jika menghasilkan lebih dari pendapatan, maka bisnis yang Anda jalankan dikatakan menguntungkan, tetapi sebaliknya, bisnis Anda dijalankan dalam keadaan menguntungkan.

Proses pembukuan keuangan tidak harus di mulai jika bisnis jual beli online yang Anda lakukan sudah besar, selangkah lebih baik jika pembukuan sudah di buat sejak bisnis tersebut baru berdiri. Meski transaksinya tidak terlalu banyak, Anda tetap di sarankan untuk mengetahui bagaimana kinerja bisnis setiap saat.

4 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Bisnis

Bagi Anda yang tidak terlalu fokus dengan akuntansi keuangan dan mulai membuat laporan keuangan untuk bisnis onlinenya, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya membuat laporan keuangan:

BACA JUGA:  5 Strategi Meningkatkan Profit Dengan Analisa Laporan Laba Rugi Usaha

1. Pengetahuan Luar Biasa tentang Keuntungan dan Kerugian yang Diperoleh

Adanya laporan laba rugi dalam laporan keuangan dapat membantu Anda untuk melihat jumlah keuntungan yang di peroleh atau kerugian yang di alami selama bisnis berjalan dalam periode tertentu. Dengan aplikasi buku kas, Anda bisa mendapatkan untung dan rugi tanpa menghitungnya secara manual, dan dapat di cek setiap saat.

2. Materi Evaluasi Kinerja Bisnis

Dengan adanya laporan keuangan pada aplikasi buku kas, Anda dapat mengevaluasi bisnis yang Anda jalankan. Apa saja kekurangan yang ada selama ini dan kelalaian yang terjadi, penggunaan dana yang benar, dan lain sebagainya. Sehingga kedepannya operasional bisnis menjadi lebih baik, dan Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih mudah.

3. Bahan Analisis untuk Pengambilan Keputusan Bisnis

Aplikasi buku kas dapat di jadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan bisnis khususnya untuk bisnis online. Misalnya, Anda dapat memutuskan produk mana yang akan di lihat lebih banyak dengan melihat nomor penjualannya di buku kas. Kemudian, Anda dapat memutuskan produk mana dengan penjualan terendah yang akan meningkatkan promosinya untuk mendongkrak penjualannya.

Contoh-contoh ini dapat di lakukan dengan cepat dan akurat dari hasil analisis yang Anda lakukan pada pembukuan aplikasi buku kas. Hal ini di karenakan para pelaku bisnis online bekerja dengan cepat dan bijaksana untuk membagi waktu antara menganalisa bisnis dan memberikan pelayanan kepada pelanggan.

4. Membuat Strategi Khusus untuk Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online tentunya ada strategi khusus yang di terapkan karena ketatnya persaingan. Untuk mengetahui seberapa sukses strategi tersebut dapat di lihat dari laporan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tidak hanya laporan laba rugi, tetapi juga informasi seperti top customer, kategori produk unggulan, hingga biaya operasional bisnis yang perlu di dapatkan secara akurat dan cepat.

Aplikasi buku kas bisa menggugat karena semuanya sudah di hitung secara otomatis. Artinya, Anda dapat menentukan strategi khusus untuk bisnis online Anda, mulai dari taktik pemasaran, kualitas produk, hingga kecepatan pengiriman.

BACA JUGA:  Forecasting: Tips Meramalkan Penjualan di Periode Berikutnya

Namun permasalahan yang sering muncul dari para pengusaha online shop mengenai laporan keuangan adalah: Bagaimana cara membuat laporan keuangan untuk bisnis online? Pastikan ini di dahulukan, karena sebagian besar pengusaha bisnis online tidak memiliki pertanyaan akuntansi dasar.

Jangan khawatir, karena kini sudah banyak sekali aplikasi untuk membuat pembukuan sederhana yang masih mencukupi untuk kebutuhan pembukuan di bisnis UMKM, contohnya adalah aplikasi BukuKas.

buku kas

Aplikasi Buku Kas Bikin UMKM Naik Kelas

BukuKas adalah aplikasi untuk membantu mengelola keuangan bisnis, seperti halnya Warung Buku. Cara mendaftar dan menggunakan aplikasi BukuKas cukup mudah. Sebagai pebisnis atau penggiat UMKM, Anda harus rutin melakukan pembukuan untuk melihat untung-rugi usaha Anda. Jika Anda bingung melakukan pembukuan secara manual, BukuKas hadir untuk membantu Anda.

Mulai dari pencatatan transaksi, pencatatan piutang, pengunduhan laporan hingga reminder bisa di lakukan dengan BukuKas. Namun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk melakukan semua kegiatan pembukuan di atas.

Cara Mendaftar Akun Buku Kas

Sebelum mendaftar, install aplikasi BukuKas di smartphone Android atau iOS Anda. Aplikasi BukuKas tersedia di PlayStore dan App Store. Setelah berhasil di instal, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Buku Kas.
  2. Masukkan nomor telepon untuk mendaftarkan akun. Pilih salah satu metode tuas. Baik melalui SMS atau WhatsApp.
  3. Masukkan kode verifikasi yang masuk ke SMS atau WhatsApp Anda. Jika nomor terdaftar atau WhatsApp dengan nomor terdaftar ada di perangkat yang sama, maka kode akan terisi secara otomatis.
  4. Selanjutnya, Isi Nama Usaha/Toko Anda, Jenis Penggunaan (Bisnis atau Pribadi), dan Kategori Usaha. Kategori bisnis yang dapat di pilih adalah seperti pada gambar di bawah ini.
  5. Setelah itu, klik Simpan.
  6. Selesai. Anda telah berhasil mendaftar akun BukuKas dan akan masuk ke halaman utama BukuKas.

Cara Menggunakan Aplikasi Buku Kas untuk Mengelola Transaksi

Setelah berhasil mendaftarkan akun BukuKas, kelola transaksi di BukuKas, mulai dari pencatatan transaksi hingga pengunduhan laporan penjualan dengan cara berikut.

BACA JUGA:  Ada 15 Jenis Bidang Bidang Akuntansi! Ada Yang Mana?

Cara Mencatat Transaksi Penjualan:

  1. Buka aplikasi Buku Kas.
  2. Masuk ke menu Transaksi.
  3. Klik Tambah Transaksi untuk mencatat transaksi baru.
  4. Selanjutnya pada halaman Transaksi Baru, pilih kategori Transaksi penjualan.
  5. Selanjutnya, pilih salah satu Metode Perekaman (Mode Nominal/Kasir). Jika Anda memilih mode kasir, Anda akan di minta untuk mengatur barang terlebih dahulu.
  6. Setelah itu, masukkan Nominal Penjualan dan Harga Pokok (modal yang di keluarkan).
  7. Isi Catatan/Keterangan jika perlu dan tandai transaksi sebagai Di bayar atau Belum Di lunasi.
  8. Di bagian bawah, Anda akan melihat informasi yang dapat Anda tambahkan. Bagaimanapun, ini adalah materi. Jika mau, Anda bisa menambahkan nama barang yang di jual, metode pembayaran transaksi, channel tempat transaksi terjadi, nama pelanggan, dan foto bukti pembayaran.
  9. Setelah semuanya terisi, klik Simpan Transaksi.
    Faktur penjualan akan dan Anda dapat mencetaknya atau mengirimkannya ke pelanggan.

Cara Mencatat Transaksi Pengeluaran:

  1. Masuk ke menu Transaksi dan klik Tambah Transaksi.
  2. Pilih kategori transaksi Pengeluaran.
  3. Masukkan Pengeluaran Nominal.
  4. Kemudian, pilih Kategori Pengeluaran. Anda dapat memilih kategori yang ada atau menambahkan kategori baru.
  5. Setelah itu, berikan catatan atau informasi jika di perlukan, dan tandai transaksi sebagai Di bayar atau Belum Di bayar.
  6. Selanjutnya isikan informasi terkait nama barang, cara pembayaran, nama pelanggan, dan foto bukti transaksi jika di perlukan pada bagian Optional Information.
  7. Jika sudah, klik Simpan Transaksi.

Cara Download Laporan Laba Rugi Transaksi

Jika Anda telah berhasil mencatat laporan transaksi di aplikasi BukuKas, Anda dapat mengunduh laporan transaksi dalam bentuk file Excel atau PDF. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Buku Kas.
  2. Buka menu Lainnya.
  3. Klik pada opsi Unduh Laporan.
  4. Tentukan periode pelaporan yang ingin Anda unduh.
  5. Selanjutnya, pastikan Anda memilih Laporan Laba Rugi.
  6. Selanjutnya, pilih jenis file laporan yang ingin Anda unduh (PDF/Excel)
  7. Setelah itu, klik Unduh.

Begitulah cara mendaftar dan menggunakan aplikasi BukuKas untuk mencatat berbagai transaksi bisnis. Gunakan BukuKas untuk pembukuan bisnis yang lebih ringkas dan hemat waktu.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top