D' Consulting Business Consultant

November 4

0 comments

5 Strategi Mengelola Toko Online yang Kompetitif

Ingin mengembangkan toko online, namun kompetitor di marketplace semakin banyak, sehingga menyebabkan perang harga dan akhirnya merugi. Jangan sampai terjadi pada toko online sobat D’Vers. Kami beri tahu ada 5 strategi yang bisa sobat D’Vers lakukan untuk mengembangkan toko online yang Anda kelola.

Untuk membuat toko online, kini para pemula dan pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuka lapak dagangan di dunia maya. Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace yang memudahkan pembuatan toko online untuk pemula dan pebisnis.

Oleh karena itu, meskipun bisnis pada online menawarkan banyak kemudahan, Anda tetap harus memiliki persiapan yang matang dan rencana jangka panjang agar tetap stabil. Bagaimana caranya? Simak pada video berikut ini.

Dunia digital yang semakin berkembang membuat orang dapat melakukan apa saja dengan mudah, termasuk berbisnis. Karena itulah bisnis online semakin menjamur, baik kecil maupun besar.

Pangsa pasar yang besar, modal yang relatif kecil, akses informasi yang mudah dan keuntungan yang besar biasanya menjadi alasannya.

Namun, perlu Anda ingat bahwa persaingan dalam bisnis online juga tidak main-main. Untuk itu perlu strategi tersendiri untuk mengatasinya.

Banyak yang salah menetapkan langkah awal agar bisnis tidak bisa berkembang. Ada juga yang sudah memulai dan menjalankan, namun karena kurangnya eksplorasi dan inovasi, usaha yang sudah Anda rintis jadi terbengkalai.

Bisnis online yang tidak bertahan lama biasanya terjadi karena perencanaan yang buruk di awal sehingga pemilik bingung menentukan langkah selanjutnya untuk bisnisnya. Apa saja strategi yang bisa sobat D’Vers lakukan? Berikut kami rangkum 5 Strategi Mengelola Toko Online yang Kompetitif.

toko online
Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

1. Benahi Katalog dan Konten Toko Online

Jika Anda memiliki bisnis yang sedang berjalan, tentunya Anda memiliki berbagai strategi promosi dan pemasaran. Jika ini adalah toko offline, salah satu strategi paling efektif adalah memiliki katalog. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki toko online? Tentu saja, katalog online adalah strategi jitu yang bisa Anda lakukan juga.

Katalog online berisi informasi berharga tentang gambar dan jenis produk, harga produk, keunggulan produk, dan informasi lainnya. Jika katalog online yang Anda miliki memang memiliki daya tarik, tentunya akan berdampak pada brand awareness, tingkat kepercayaan terhadap produk atau layanan, dan pada akhirnya tingkat pendapatan bisnis Anda.

Karena pentingnya katalog online ini, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari cara membuat katalog online sebagai strategi promosi dan pemasaran produk untuk brand Anda.

2. Mengaplikasikan SEO

SEO e-niaga tidak boleh Anda anggap enteng. Trik ini membantu Anda untuk berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Sesuatu yang membantu Anda mendapatkan lalu lintas, prospek, dan uang.

Semakin tinggi posisi toko online di hasil pencarian Google, semakin banyak pula hasil yang Anda dapatkan. Tiga hasil pencarian teratas saja menyumbang 60 persen dari lalu lintas. Selisih klik yang Anda peroleh toko online di posisi #1 dan #2 bisa berlipat ganda.

Jadi, sudah jelas. Jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet, setidaknya Anda harus berada di halaman pertama Google. Saya bersyukur bisa masuk tiga besar. Akan sangat bagus jika Anda bisa berada di puncak.

Pokoknya jangan sampai web toko online Anda tenggelam ke urutan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Anda lihat, 75 persen orang tidak pernah mengklik halaman kedua Google. Boro-boro halaman berikutnya.

3. Berikan Visual yang Menarik

Bagi pengunjung baru atau calon pelanggan, tata letak situs web adalah alasan utama mereka tetap tinggal dan menjelajahi toko Anda. Begitu pula dengan susunan produk di katalog yang Anda tampilkan.

Terdapat beberapa tips untuk sobat D’Vers agar dapat membuat visual yang menarik:

Tunjukkan Logo atau Merek Toko Anda

Membuat logo yang menarik dan menampilkannya dengan baik agar terlihat pengunjung adalah strategi penting. Tampilan logo yang tepat akan meningkatkan kepercayaan konsumen saat melihat produk Anda.

Web designer dari jasa pembuatan website biasanya akan memberikan saran bagaimana cara menempatkan logo yang apik di halaman katalog produk.

Perhatikan Kombinasi Warna Produk dengan Desain Website

Pelajari psikologi warna untuk menentukan kombinasi yang paling tepat. Paling aman jika Anda menggunakan warna netral dalam desain minimalis. Sesuaikan warna produk yang tampil dengan warna dan desain web Anda.

Jika tampilan katalog produk tidak sesuai dengan desain web, kemungkinan besar pengunjung akan pusing dan tidak betah berlama-lama di website Anda. Apalagi jika terlalu banyak konten tertulis yang Anda tampilkan di katalog produk.

Tambahkan Bilah Pencarian dan Kontak

Search bar sangat penting ketika pelanggan sudah ingin berbelanja untuk produk tertentu. Kehadiran search bar akan mempersingkat waktu mereka saat membutuhkan produk/jasa Anda. Tunjukkan juga kontak yang bisa di hubungi saat kesulitan mengakses toko Anda.

Konsumen Butuh Review Produk

Foto produk yang berkualitas dan detail itu penting. Foto yang jernih dan indah menunjukkan profesionalisme yang mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko Anda. Selain foto, calon konsumen juga membutuhkan review produk untuk mengetahui spesifikasi dan review konsumen sebelumnya.

Hampir setiap orang yang ingin berbelanja online pasti mencari review produk. Jika Anda menampilkan review produk di halaman katalog produk, mereka akan lebih yakin dengan kualitas produk dan toko Anda.

4. Selalu Update Tren Pasar

Bagi Anda yang ingin memulai e-commerce, penting untuk mengetahui perkembangan tren e-commerce. Apalagi prediksi pada tahun 2040 95% orang akan berbelanja online di e-commerce. Menurut data yang di rilis oleh 99firms, pada tahun 2020, 80% pengguna internet di Amerika Serikat memiliki setidaknya satu toko online.

Untuk perkembangan e-commerce di Indonesia, menurut data Statista yang dilansir dari 99firms, data menyebutkan Indonesia akan mengalami pertumbuhan e-commerce yang pesat setelah India dan berada di urutan kedua dengan CAGR sebesar 17,7%. Tentunya ini menjadi peluang untuk membangun bisnis online secara mandiri dengan memiliki e-commerce sendiri.

Ketika kita memiliki e-commerce sendiri, kita perlu mengetahui tren e-commerce apa yang sedang booming. Setiap tahun, tren e-commerce berubah sesuai perkembangan. Tidak jauh dari tren e-commerce di tahun 2020, di tahun 2021 banyak perbaikan yang harus Anda perhatikan.

5. Lakukan Pembukuan untuk Setiap Transaksi Toko Online

Akuntansi dan pembukuan merupakan salah satu kebutuhan yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda tetap berjalan. Banyak yang berpikir bahwa pembukuan adalah proses yang membosankan dan sebagian besar pemilik bisnis lebih suka membicarakan sesuatu yang lebih menarik seperti memperluas lini produk mereka atau yang lainnya. Namun mau tidak mau, Anda harus melakukan pembukuan, termasuk untuk toko online Anda.

Faktanya, eCommerce dan toko online adalah pasar ritel dengan pertumbuhan tercepat yang di proyeksikan mencapai penjualan $4,058 triliun pada tahun 2020. Jika Anda ingin menjalankan toko online yang menguntungkan, Anda juga harus memahami dasar-dasar akuntansi.

Selama Anda memahami dasar-dasarnya, Anda tidak akan kesulitan memahami dan mempertanyakan apa hubungan laporan keuangan dan angka dengan bisnis Anda.

Lakukan pembukuan dan pembukuan yang efisien bagi pemilik toko online untuk memahami semua yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan bisnis toko online yang sukses.

Foto oleh Amina Filkins dari Pexels

Kesimpulan

Sobat D’Vers percaya bahwa hanya dengan memberikan produk yang bagus belum tentu laku banyak, kalah dengan yang pandai menarik hati. Sebisa mungkin tidak hanya memiliki produk yang bagus, tetapi juga memahami strategi pemasaran toko online agar laris.

Sebuah bisnis toko online memiliki citra yang baik jika mendapatkan kepercayaan dari konsumen, baik melalui testimonial maupun rekomendasi kepada teman. Bahkan, Anda juga membutuhkan banyak strategi pemasaran toko online untuk dapat bersaing.

Terkadang juga, strategi yang sama yang dilakukan oleh dua pelaku bisnis yang berbeda belum tentu mendapatkan nilai yang sama, karena semua kembali pada apa yang Anda tawarkan, harga yang terjangkau, desain web yang mudah dipahami, dan kepercayaan konsumen.

Nah, dari pada Sobat D’Vers kesal dengan traffic pengunjung yang tidak kunjung naik dan produk sulit dijual, mungkin Anda perlu menerapkan strategi pemasaran toko online seperti di atas agar laris manis.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Konsep Pembukuan / Akuntansi Nirlaba Tanpa Mencari Profit

Konsep Pembukuan / Akuntansi Nirlaba Tanpa Mencari Profit

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Copyright 2019 D'Consulting Business Consultant -

Top