Juli 29

0 comments

Pentingnya Belajar Bisnis Digital Untuk Mengembangkan Usaha

Kehadiran digital marketing telah mengubah alur strategis ketika belajar bisnis dalam memasarkan produk/jasanya. Perannya sangat penting sehingga banyak orang memfokuskan bisnis mereka ke arah digital. Lalu, apa alasan di balik pentingnya mempelajari bisnis digital dan digital marketing?

Tujuan pemasaran digital dalam bisnis digital tidak jauh berbeda dengan tujuan utama pemasaran yaitu pemasaran. Namun, pemasaran digital memanfaatkan media digital untuk mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, lebih cepat, dan lebih akurat.

Selain itu, digital marketing dinilai lebih efektif dari segi waktu dan biaya untuk kepentingan bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dari segi bisnis, tentu ini merupakan peluang yang sangat besar. Alasannya karena separuh dari waktu yang mereka miliki dalam sehari dapat Anda gunakan untuk menawarkan produk/jasa.

Besarnya peluang yang ada menuntut setiap pelaku bisnis untuk mempelajari secara mendalam seluk-beluk bisnis digital dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Beberapa dari mereka sering menginvestasikan waktunya untuk menghadiri seminar/webinar, pelatihan, workshop, atau bootcamp yang membahas topik terkait. Bahkan ada yang memanfaatkan jasa Konsultan Bisnis dan Digital Marketing sehingga bisa langsung memetakan strategi dalam bisnis.

belajar bisnis

Pentingnya Belajar Bisnis Digital

Ada beberapa alasan mengapa belajar bisnis digital begitu penting untuk dipelajari. Setidaknya ada 4 hal utama, yaitu:

A. Semua Kegiatan Berlangsung Di Internet

Hampir setiap orang yang berada di usia produktif tidak akan lepas dari jangkauan teknologi digital. Mulai dari berkomunikasi dengan teman atau keluarga, mencari berita/informasi baru, membeli barang/jasa, hingga booking hotel, semuanya bisa dilakukan melalui internet.

Dalam dunia internet, hampir setiap platform yang diakses akan memiliki iklan di dalamnya. Sebut saja YouTube, Website, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan platform untuk mendominasi pasar dan menawarkan produk/jasa yang Anda miliki.

BACA JUGA:  Tips Sukses Mendapat Omzet Tinggi Dari Bisnis Jual Pulsa

B. Efisien Dalam Menyusun Segmentasi Pasar

Masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa billboard dan brosur untuk meningkatkan Brand Awareness produk/jasa mereka. Namun, upaya tersebut tentu belum tentu efektif untuk setiap bisnis.

Alasannya karena selain menghabiskan waktu dan uang yang cukup besar, dampaknya tidak dapat diukur secara akurat yang berguna dalam merancang strategi selanjutnya. Lain halnya jika Anda memasang iklan di beberapa platform seperti Google atau Facebook.

Salah satu alasan penting untuk mempelajari bisnis digital adalah Anda dapat menjalankan strategi pemasaran dengan menargetkan audiens secara lebih akurat dan terarah. Selain itu, Anda juga dapat menganalisis siapa audiens dari setiap kampanye iklan yang Anda jalankan dan seperti apa strategi ke depannya.

C. Pengukuran Keberhasilan Semakin Tinggi

Beberapa konsultan bisnis digital pasti menyarankan kliennya untuk mengikuti pelatihan digital marketing yang membahas suatu topik tertentu. Mereka juga pasti akan menyarankan agar bisnis yang sedang Anda kelola harus siap dan ada dengan matang untuk dapat bersaing di dunia digital.

Hal tersebut karena mereka ingin tingkat keberhasilan dari sebuah strategi menjadi lebih tinggi. Dengan mengetahui tolak ukur keberhasilan, suatu bisnis dapat dengan mudah menjangkau audiensnya untuk mendatangkan keuntungan.

D. Menanamkan Kepercayaan Pelanggan

Saat mempelajari bisnis digital, Anda akan mengetahui bagaimana pola perilaku audiens sebelum mereka membeli suatu produk/jasa.

Ada perjalanan atau audience journey dalam mengenali bisnis, produk/jasa Anda, dan apa yang Anda tawarkan kepada mereka. Perjalanan bisa mulai ketika mereka mengunjungi situs web atau profil media sosial, menghubungi melalui WhatsApp, dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Membangun kepercayaan audiens di dunia digital sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, mempelajari cara mendapatkan kepercayaan audiens tentu akan membantu bisnis berkembang.

BACA JUGA:  5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

Mengapa Harus Bisnis Digital Marketing?

1. Mudah Untuk Dipelajari

Mempelajari pemasaran dalam belajar bisnis digital tidak sesulit dengan bayangan Anda. Ada banyak saluran dan strategi untuk dipelajari yang tentunya dapat Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda.

Misalkan bisnis Anda berada di industri fashion yang mengutamakan tampilan visual, maka Anda bisa mempelajari cara mengoptimalkan media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Facebook.

2. Pengguna Internet Yang Terus Meningkat

Melihat data sebelumnya, tidak dapat menyangkal bahwa ini merupakan peluang yang besar, baik bagi yang sudah menjalankan bisnis maupun yang baru memulai.

Perkiraan pada tahun-tahun berikutnya, pengguna internet akan meningkat jumlahnya seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia

3. Produk Harus Bersaing Masa Depan

Kehadiran sebuah bisnis di dunia digital tentunya akan menjadi investasi yang sangat layak di masa depan, terutama dalam hal Branding.

Melakukan aktivitas branding dengan menggunakan digital marketing tentunya tidak bisa melakukannya dalam semalam. Anda perlu membangunnya jauh-jauh hari agar audiens perlahan mengenal brand dan juga produk/jasa yang Anda tawarkan.

4. Implementasi Yang Mudah dan Efisien

Penerapan ilmu digital marketing sangat mudah dalam penerapannya. Anda bisa langsung mempraktekkannya melalui smartphone atau laptop, baik itu untuk mengoptimalkan artikel website, membuat konten, bahkan memasang iklan.

Selain itu, Anda juga dapat mengukur kinerja hasil implementasi karena berbagai fitur data/insight yang telah ada atau tayang oleh masing-masing platform.

5. Peluang Kerja Yang Semakin Luas

Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang tertarik untuk meniti karir sebagai ahli di bidang digital marketing.

Ada banyak spesialisasi dalam digital marketing seperti Social Media Specialist, SEO Specialist, Digital Advertising Specialist, Content Marketing Strategist, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Itulah beberapa alasan mengapa mempelajari bisnis digital dan digital marketing sangat penting di masa sekarang. Besarnya peluang yang ada menjadikan digital marketing sangat cocok untuk Anda pelajari baik untuk tujuan bisnis maupun untuk tujuan karir yang ingin Anda capai.

Selain itu, efektivitas dan kemudahan dalam mengimplementasikannya akan sangat pas untuk menarik perhatian audiens guna mengembangkan bisnis di masa mendatang.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top