Maret 10

0 comments

Pajak Konsultan: Menghitung dan Melaporkan Pajak Atas Konsultasi

Pajak konsultasi adalah pajak atas jasa konsultasi. Apa saja jenis pajak atas layanan konsultasi oleh konsultan? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pajak konsultasi, mari kita simak dulu definisi dan jenis jasa konsultasi berikut ini.

pajak konsultan

Dalam hal ini, jasa konsultasi adalah jasa profesional yang membutuhkan pengetahuan profesional tertentu dari berbagai bidang keilmuan. Selain itu, juga akan mengutamakan cara berpikir dalam bidang keilmuan terkait. Nama orang yang bekerja di bidang ini adalah konsultan. Maka secara profesional, semua yang konsultan lakukan adalah untuk kepentingan klien.

Ruang lingkup layanan konsultasi tergantung pada kesepakatan dalam mencapai tujuan antara konsultan dan klien. Dalam jasa konsultasi, konsultan biasanya mempresentasikan hasil survei, menarik kesimpulan dan memberikan saran kepada klien.

Pajak Atas Jasa Konsultasi

Layanan konsultasi oleh konsultan dikenakan pajak pertambahan nilai 10%. Selain membayar PPN, jasa konsultasi juga harus sesuai dengan PPh 23. Selain itu, peraturan ini ada dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 (Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983).

Sedangkan pengenaan PPh 23 atas jasa konsultasi yaitu dengan tarif sebesar 2% dari total kompensasi terkait jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultasi, dan jasa selain yang sudah terpotong dari PPh. Maka, perlu mengetahui bahwa dalam Pasal 21 perlu memahami posisi pajak penghasilan 23 tidak terpotong dari pengganda pajak pertambahan nilai. Oleh karena itu, perhitungannya sesuai penetapan pada 10% x keseluruhan layanan konsultasi.

Perlu Anda ketahui bahwa pengenaan pajak di berbagai bidang bisa berbeda. Hal ini terjadi karena bentuk konsultasi atau konseling yang bisa berbeda juga. Namun dalam menjelaskan lebih rinci, kami tidak berhenti sampai disini.

Sebuah video di bawah ini telah kami siapkan untuk menjelaskan itu semua dengan lebih jelas. Karena apabila kami jelaskan melalui artikel ini mungkin masih kurang jelas dan pasti membutuhkan artikel yang sangat panjang. Oleh karena itu, simak video berikut ini hingga habis agar Anda dapat memahami dengan benar. Terima kasih dan Salam Sukses.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube