Maret 5

0 comments

Ngeh Pajak.. Hitung Pajak Notaris / PPAT & Lapor SPT

Anda berprofesi sebagai notaris? Kali ini akan membahas mengenai cara menghitung pajak notaris dengan praktis sehingga Anda dapat melakukan kewajiban perpajakan Anda! Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Dalam perpajakan, semua jenis pekerjaan bisa dikenakan, termasuk jasa notaris. Menurut pekerjaan perpajakan, pekerjaan sebagai notaris termasuk dalam kategori profesional.

Penghitungan pajak notaris juga sangat mudah, karena dasar pengenaan pajak seseorang dikalikan dengan tarif pajak di Pasal 17. Selama ada periode data penghasilan total, pajaknya dapat dihitung secara mandiri.

Sementara bila tak memilikinya pajak notaris akan dibebankan 20 % dari pajak terutangnya. Dasar hukumnya tertuang dalam peraturan Dirjen Pajak nomor: PER-16/PJ/2016.

Notaris adalah pejabat publik yang memenuhi kebutuhan perdata, seperti menulis perjanjian dalam kontrak, dan yang bersangkutan akan mengesahkan tanda tangan dan menentukan tanggal hingga surat tersebut ditulis tangan.

Pekerjaan notaris biasanya dilakukan dalam bentuk akad jual beli, akad pembentukan perusahaan, akad wakaf, akta ahli waris, akad hibah, dll.

Ada juga PPAT yang secara khusus wajib membuat kontrak atas tanah atau hak milik unit rumah susun. PPAT juga dapat dipegang secara bersamaan, dan hasil jasanya juga harus dikenakan pajak.

Di sisi lain, memberi pemahaman dengan mudah atas kewajiban perpajakan Notaris dan PPAT masih menjadi persoalan bagi pemerintah.

Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, seperti banyaknya peraturan yang terbit dan tumpang tindih, tarif yang memberatkan, pengisian dan penyampaian laporan pajak, integritas petugas pajak.

Kalau Notaris dan PPAT tidak paham teknis perpajakan dari A sampai Z adalah sebuah kekurangan yang harus diperbaiki.

Padahal, Notaris dan PPAT sejatinya memiliki kontribusi terhadap penerimaan pajak bagi negara.

Taksiran besaran pajak atas pajak notaris PPh 21 sendiri bergantung pada tarif pajak pasal 17 ayat 1, yang dapat dilihat selengkapnya pada tabel di bawah ini:

pajak notaris

Sementara norma perhitungan pajak notaris dalam satu tahunmenganut penghitungan PPh Pasal 25/29 terutang.

Pada dasarnya ada tiga jenis metode penghitungan pajak notaris, yang biasanya didasarkan pada apakah pendapatan berkelanjutan dan pemberi kerja. Dalam memahami dan menghitung kita perlu memahami lebih dalam. Simak dalam video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube