November 11

0 comments

NPWP Pusat dan Cabang, Apa Sih Bedanya

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang digunakan dalam administrasi perpajakan dan digunakan sebagai tanda pengenal wajib pajak serta sebagai identitas diri dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan. Anda yang sedang atau akan melakukan pendaftaran NPWP secara online, mungkin masih bingung ketika dihadapkan opsi untuk memilih status npwp yang akan Anda buat. Maksud status NPWP pusat dan cabang itu seperti apa ?

Sederhananya bisa kami jelaskan bahwa untuk pusat atau induk adalah NPWP utama. Yang artinya jika Anda baru pertama kali membuat NPWP maka yang harus Anda pilih adalah Pusat / Induk.

Sebagai pengetahuan untuk Anda, di sini saya ajak Anda untuk lebih paham apa sih perbedaan NPWP antara pusat dan cabang dilihat dari sisi fisik dan fungsinya. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas bersama.

Perbedaan NPWP Pusat & Cabang dari Fisiknya

NPWP pusat adalah NPWP utama yang dimiliki baik oleh orang pribadi maupun badan yang didapat ketika pertama kali membuat NPWP untuk diri perorangan maupun untuk badan yang beralamat sesuai tempat tinggal atau tempat kedudukan.

Pengertian NPWP cabang adalah NPWP yang merupakan turunan dari NPWP pusat untuk kepentingan administrasi perpajakan.

Secara bentuk kartu NPWP antara Pusat dan Cabang tidak memiliki perbedaan. Perbedaan yang ada pada fisik kartu NPWP antara Pusat dan Cabang hanya berada pada nomornya saja. 
Untuk lebih jelasnya silahkan lihak format nomor status pusat cabang npwp berikut ini

Ketahui Status Pusat Cabang Pada NPWP Online Biar Gak Bingung
Penomoran NPWP Pusat & Cabang

Nomor NPWP terdiri atas 3 bagian, yaitu

  1. Kode unik
  2. Kode Kantor Pajak (KPP)
  3. Kode Pusat/Cabang

Berapa nomor NPWP nya ?
Misalkan saja Anda memiliki sebuah CV yang didirikan di Surabaya dengan nomor 00.111.222.3-444.000 (nomor NPWP Pusat)
Jika Anda ingin menambah cabang atas CV Anda yang berada di Surabaya maka nomor untuk cabang tersebut adalah 00.111.222.3-444.001 untuk cabang pertama, 00.111.222.3-444.002 untuk cabang kedua, dan seterusnya.

BACA JUGA:  Cara Membuat NPWP Online Dengan Cepat dan Mudah!

Sementara jika CV Anda juga memiliki cabang di Luwuk, Sulawesi Tengah, maka kode Cabang yang diberikan bukan 00.111.222.3-444.003 melainkan 00.111.222.3-832.001.

Masih bingung tidak? Tenang, kami sudah jelaskan secara jelas dalam sebuah video agar dapat dipahami secara visual bagaimana gambarannya. Saksikan video berikut ini.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha, peluang


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

WORKSHOP MARKETING SYSTEM

4 Formula Menentukan Strategi Marketing yang Tepat di Bisnis untuk Tetap Berkembang di Masa Sulit

Hari
Jam
Menit
Detik