Agustus 12

0 comments

NPWP Adalah Identitas Wajib Pajak, Simak Apa Kegunaannya!

NPWP adalah hal penting karena merupakan tanda pengenal yang dimiliki oleh wajib pajak untuk memudahkan administrasi perpajakan. Dokumen ini dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti pengajuan kredit ke bank dan pembuatan SIUP.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor ini diberikan kepada Wajib Pajak sebagai tanda pengenal dan sarana untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu NPWP dan aturannya.

npwp adalah

Pengertian NPWP

Pengertian NPWP tercantum dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007. Dalam peraturan ini, dapat memiliki arti sebagai tanda pengenal atau tanda pengenal bagi Wajib Pajak yang dapat terbit dalam naungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sedangkan Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, termasuk Wajib Pajak, Pemotong Pajak, dan Pemungut Pajak yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Menurut Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-60/PJ/2013, setiap wajib pajak hanya diberikan satu yang terdiri dari 15 digit angka dengan rincian:

9 digit pertama adalah kode wajib pajak.
3 digit berikutnya adalah kode administrasi kantor wajib pajak terdaftar.
3 digit terakhir adalah kode status wajib pajak (pusat atau cabang).

Jenis Wajib Pajak

Ada dua jenis wajib pajak, yaitu:
Wajib Pajak Orang Pribadi, yaitu orang pribadi yang mempunyai penghasilan di Indonesia.
Wajib Pajak Badan, yaitu setiap perusahaan yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

Kategori Wajib Pajak

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 73/PMK.03/2012, ada beberapa jenis Wajib Pajak orang pribadi, yaitu:

1.Orang pribadi, yaitu wajib pajak yang belum menikah, dan suami sebagai kepala keluarga.

2. Terpisah Hidup (HB), yaitu perempuan yang terkena pajak secara terpisah karena telah hidup terpisah (bercerai) berdasarkan putusan hakim.

BACA JUGA:  Strategi Perusahaan Yang Tepat Agar Meningkatkan Keuntungan

3. Pemisahan Harta (PH), yaitu istri yang terkena pajak terpisah dari suaminya karena secara tertulis menyetujui perjanjian pemisahan harta dan penghasilan.

4. Memilih Secara Terpisah (MT), yaitu istri yang memilih untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara terpisah dari suaminya.

5. Warisan Tidak terbagi (WBT), warisan yang tidak terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak menggunakan NPWP dari wajib pajak orang pribadi yang meninggalkan warisan.

Kegunaan NPWP

Meski merupakan dokumen penting, masih banyak masyarakat yang belum memiliki NPWP. Padahal dokumen pajak ini memiliki berbagai fungsi yang berbeda dengan dokumen penting lainnya. Mengutip online-pajak.com, berikut beberapa fungsi NPWP bagi wajib pajak:

1. Syarat Pengajuan Kredit Bank

Mengajukan kredit ke bank pasti membutuhkan beberapa syarat yang harus terpenuhi. Salah satu dokumen yang menjadi persyaratan adalah NPWP. Dengan hal tersebut bank dapat mengetahui apakah calon debitur patuh pajak atau tidak.

2. Syarat Penyusunan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah dokumen yang membuktikan legalitas suatu badan usaha. Perlu banyak orang ketahui, untuk membuat SIUP ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan administrasi salah satunya NPWP.

3. Syarat Administrasi Pajak

Fungsi lainnya adalah sebagai persyaratan administrasi perpajakan. Bagi Wajib Pajak yang ingin membayar atau melaporkan pajak, yang bersangkutan harus memiliki NPWP terlebih dahulu. Dengan demikian, proses pembayaran dan pelaporan berjalan lebih mudah dan lancar.

Tidak hanya itu, warga negara yang memiliki NPWP juga akan terkena tarif pajak yang lebih rendah daripada warga yang tidak memilikinya. Misalnya pada jenis PPh Pasal 21 atau PPh 21. Wajib Pajak yang tidak memiliki akan terkena pajak 20% lebih banyak dari Wajib Pajak yang memiliki NPWP.

BACA JUGA:  Regulasi Terbaru Terkait E Faktur Yang Perlu Anda Ketahui


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top