September 23

0 comments

Mengenal Investasi Saham dan Jenisnya Bagi Pemula

Secara umum, investasi saham adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan aset. Tujuan dalam mengembangkan aset ini bermacam-macam, antara lain hidup bahagia dan sejahtera dengan kondisi keuangan yang kuat.

Namun terkadang, investasi dipandang dengan gambaran seram di mata masyarakat. Hal ini berdasarkan pada risiko yang telah terjabarkan oleh setiap jenis investasi yang ada saat ini, salah satunya adalah investasi saham. Namun, risiko atau kerugian yang teroleh dari berinvestasi pada saham tersebut dapat melalui pengurangan dengan memahami secara detail tentang produk investasi yang Anda butuhkan.

Anda dapat menganggap berinvestasi saham sebagai cara untuk mencapai impian Anda akan kehidupan yang lebih baik dan lebih nyaman di masa depan. Oleh karena itu, dalam mewujudkan mimpi tersebut dibutuhkan proses dan waktu.

Anda dapat memaksimalkan proses dan waktu yang Anda butuhkan untuk memenuhi pengetahuan dalam mempelajari investasi saham, sehingga Anda memiliki gambaran yang tepat untuk mulai berinvestasi untuk menjalani kehidupan yang nyaman di masa depan.

investasi saham

Pengertian Investasi

Sebelum mulai membahas tentang investasi saham, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi. Mudah dapat terjelaskan, investasi adalah suatu kegiatan dalam mencari investasi yang dapat menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang.

Keuntungan masa depan ini mengacu pada kondisi keuangan Anda yang tumbuh dan stabil dalam jangka waktu yang telah melalui penetapan sesuai dengan jenis investasi yang Anda pilih. Termasuk investasi saham. Hingga saat ini, investasi dalam bentuk uang adalah cara paling populer untuk berinvestasi.

Uang yang Anda investasikan sebagai modal nantinya akan menjadi aset finansial yang bisa berupa saham, salah satunya. Investasi saham atau investasi lain yang Anda pilih berdasarkan pada kemungkinan mendatangkan keuntungan dari modal awal yang Anda keluarkan. Orang yang melakukan kegiatan investasi yaitu investor.

BACA JUGA:  Manfaat Neraca Saldo Bagi Pengusaha dan Metode Pembuatannya

Singkatnya, prinsip investasi ini dapat berarti sebagai kegiatan menabung, di mana Anda mengalokasikan dana untuk tersimpan agar dapat berguna di masa depan. Namun yang membuat perbedaan adalah, ada kemungkinan akan ada keuntungan yang lebih baik.

Mengenal Investasi Saham

Setelah Anda memahami tentang investasi secara umum. Hal berikutnya yang Anda bisa lakukan adalah mulai mempelajari berbagai macam produk investasi yang ada saat ini. Salah satunya adalah investasi saham. Secara umum, saham bisa berarti sebagai tanda penyertaan modal dari seseorang atau pihak. Pihak yang meliputi badan usaha, dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan penyertaan modal yang terdaftar, maka pihak tersebut berhak memiliki klaim. Klaim yang tergabung atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Jadi, jika Anda telah menjalankan bentuk investasi saham, secara tidak langsung Anda dapat mendapatkan keuntungan terhadap modal awal. Modal awal tersebut yang berguna untuk membeli saham dari satu atau lebih perusahaan. Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa modal yang Anda salurkan untuk investasi saham tersebut memiliki peran. Peran dari hal itu untuk mendukung keperluan dalam peningkatan ekonomi pada suatu perusahaan atau perseroan. Keuntungan yang berasal dari peningkatan ekonomi tersebutlah yang nantinya akan terbagi kepada para penanam modal atau investor saham.

Jenis-Jenis Investasi Saham

Perlu Anda ketahui bahwa saham-saham tersebut berasal dari berbagai sektor ekonomi. Oleh karena itu, memilih yang tepat akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan investasi yang Anda lakukan. Bursa Efek Indonesia mencatat ada kurang lebih 711 perusahaan yang telah mencatatkan saham yang terbagi lagi menjadi 9 sektor, berikut rinciannya.

  • Agriculture
  • Mining
  • Basic industry & chemicals:
  • Miscellaneous industry (usaha pembuatan mesin berat atau ringan, berikut dengan komponen penunjangnya)
  • Consumer goods industry
  • Property, real estate, and building construction
  • Infrastructure, utility, and transportation
  • Finance
  • Trade, service, and investment
BACA JUGA:  Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi Bagi Perusahaan

Investasi saham juga terbagi dalam dua jenis, di antaranya adalah saham biasa dan saham preferen. Mengenai saham biasa, jenis investasi saham ini biasanya berupa surat berharga yang menyatakan tentang kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan.

Sedangkan saham preferen mengacu pada pemegang saham yang memiliki prioritas lebih tinggi dalam hal pembagian dividen berbanding dengan investor saham biasa. Keuntungan berinvestasi saham preferen adalah, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hak istimewa untuk menentukan kebijakan perusahaan.

Pengertian Reksadana Saham

Dalam meminimalkan risiko, mungkin Anda bisa memilih untuk menginvestasikan dana Anda di reksa dana saham. Salah satu kemudahan yang Anda dapatkan dalam memilih investasi saham adalah pengelolaan investasi yang berjalan melalui manajer investasi. Manajer investasi sebagai penyelenggara yang berperan untuk mengelola, membantu Anda memilih, dan membeli apa yang Anda inginkan. Biasanya pengelolaan investasi ini berjalan dengan bank dan penyedia asuransi. Maka Anda hanya perlu memperhatikan pergerakan dan perkembangan investasi Anda sambil menambah dana untuk meningkatkan nilai investasi Anda lebih cepat.

Dalam memilih investasi saham melalui reksa dana saham. Anda perlu menentukan tujuan dan rencana keuangan yang Anda butuhkan sebagai dasar untuk berinvestasi. Hal ini perlu agar Anda selalu mengerti bahwa sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tujuan berinvestasi saham melalui reksa dana saham sangat banyak orang butuhkan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membangun kondisi keuangan yang kuat di masa depan.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top