Agustus 24

0 comments

Laporan Keuangan Perusahaan Akurat, Berikut 5 Tipsnya

Sadarkah Anda bahwa membuat laporan keuangan perusahaan akurat bukanlah sekedar hanya membuat laporan keuangan saja. Tetapi bagaimana agar laporan keuangan yang di buat menyajikan informasi yang relevan dan akurat.  Di dalam dunia bisnis laporan keuangan sudah menjadi rutinitas yang harus di lakukan atau di buat dalam suatu periode tertentu.

Terkadang masih di temukan dalam kasus bisnis skala kecil, yang mana tidak melakukan atau tidak membuat laporan keuangan yang akurat. Hanya membuat sekedarnya bahkan bisa di katakan bukan untuk alat pengambilan keputusan manajemen perusahaan.

Laporan keuangan yang akurat merupakan syarat yang mutlak. Karena dengan laporan keuangan yang relevan dan akurat ini, manajemen perusahaan dapat mengetahui kinerja perusahaan selama periode tertentu. Arus keuangan yang terjadi dalam periode tertentu, gambaran keadaan perusahaan pada periode tertentu. Serta dapat di jadikan evaluasi dan bahan pengambilan keputusan. Kebayang kan, bagaimana jika laporan keuangan Anda tidak memberikan informasi yang baik?

Lalu, seperti apa dan bagaimana tips membuat laporan keuangan perusahaan yang 100% akurat?

Sebelum kita mengetahui apa dan bagaimana tips membuat laporan keuangan perusahaan yang 100% akurat Maka kita harus mengetahui terlebih dahulu karakterisktik kualitatif laporan keuangan, di antaranya yaitu :

laporan keuangan perusahaan

1. Laporan keuangan memiliki uraian yang mudah di pahami

Informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan harus dapat di mengerti secara jelas oleh perusahaan dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi laporan keuangan. Jadi di harapkan pengguna laporan keuangan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai aktivitas ekonomi dan bisnis. Apabila pengguna laporan keuangan dapat mengerti semua informasi yang di sajikan. Maka informasi tersebut bisa di katakan dapat di pahami dan di mengerti.

2. Laporan keuangan yang relevan

Laporan keuangan yang relevan apabila informasi yang di sajikan dalam laporan keuangan tersebut memiliki manfaat,. Sesuai dengan tindakan yang akan di lakukan oleh pemakai laporan keuangan. Atau bisa di katakan, relevan merupakan kemampuan dari suatu informasi untuk mempengaruhi keputusan manajemen atau pemakaian laporan keuangan. Sehingga keberadaan informasi tersebut dapat membantu dalam mengevaluasi kejadian masa lalu dan masa kini. Selain itu, dapat mengoreksi atas hasil evaluasi di masa lalu.

3. Laporan keuangan memiliki keandalan

Kualitas informasi yang di sampaikan dalam laporan keuangan menyebabkan pemakai informasi akuntansi sangat tergantung pada kebenaran informasi laporan keuangan yang di sajikan. Keandalan suatu informasi sangat tergantung pada kemampuan suatu informasi menggambarkan secara wajar keadaan atau kondisi yang sebenarnya yang tersaji dalam laporan keuangan oleh manajemen.

4. Laporan keuangan bersifat dapat di bandingkan

Suatu laporan keuangan dapat di bandingkan bila informasi yang di sajikan dapat saling di perbandingkan seperti periode maupun antar perusahaan. Laporan keuangan mempunyai peranan penting bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Sehingga ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan sangat di butuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Tips membuat laporan keuangan perusahaan

laporan keuangan perusahaan

Setelah mengetahui karakterisktik kualitatif yang di miliki oleh laporan keuangan perusahaan. Maka berikut merupakan 5 tips yang bisa di lakukan oleh seorang accounting untuk membuat laporan keuangan perusahaan 100% akurat, yaitu:

1. Memiliki sistem pencatatan yang baik

Pada ilmu akuntansi terdapat dua metode atau sistem pencatatan laporan keuangan yang dapat berguna untuk bisnis Anda, yakni metode pencatatan berbasis kas (cash basis) dan metode pencatatan berbasis akrual (accrual basis).

Metode pencatatan berbasis kas merupakan metode pencatatan yang hanya mencatat transaksi, jika ada penerimaan atau pengeluaran kas. Jadi, meskipun ada transaksi yang terjadi, misalnya piutang atau hutang. Tetapi karena tidak adanya kas yang masuk atau keluar, maka transaksi ini tidak tercatat.

Untuk sistem berbasis kas lebih banyak berguna untuk pelaku usaha atau bisnis yang usahanya menengah ke bawah karena mudah penerapannya. Sedangkan, sistem berbasis akrual merupakan metode pencatatan yang di lakukan saat terjadinya transaksi walaupun kas belum di terima.

Dalam pencatatan menggunakan basis akrual ini tentu akan lebih akurat, dan dengan menggunakan basis akrual aset, kewajiban dan ekuitas mudah terukur. Sehingga Anda sebaiknya menggunakan sistem berbasis akrual. Karena di dalam basis akrual sebuah pendapatan akan di akui ketika perusahaan memiliki hak untuk melakukan penagihan dari hasil transaksi.

Selain itu, menggunakan basis akrual ini tidak mempedulikan kapan kas akan di terima dan kapan kas di keluarkan. Jadi dalam sistem berbasis akrual dapat menyesuaikan atas transaksi yang terjadi di perusahaan Anda semua dan bisa berguna secara maksimal.

2. Pencatatan akuntansi yang akurat

Dalam hal ini, Anda harus mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang ada, memisahkan biaya yang terkait langsung dengan pengiriman produk atau layanan Anda dari biaya lain-lain seperti biaya penjualan, biaya administrasi dan biaya overhead pabrik. Beberapa pelaku usaha seperti usaha menegah ke bawah ada yang tidak mencatat transaksi yang terjadi. Sehingga mengakibatkan hasil laporan keuangan mereka tidak mencerminkan kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Alasan yang umum biasanya karena malas, ribet atau menunggu hingga transaksinya banyak dan lain-lain, Padahal jika dari awal mereka sudah membiasakan untuk langsung mencatat, maka semua akan menjadi mudah serta informasi yang dibutuhkan managemen bisa tersampaikan dengan baik dan akurat.

Untuk memudahkan Anda mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, maka Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi. Anda tidak perlu ribet lagi dengan sistem manual karena sistem terotomatis akan memudahkan dalam memproses data yang Anda input.

3. Akuntabilitas

Para pengusaha memahami bahwa agar perusahaan mencapai tujuannya, maka mereka perlu membiarkan diri mereka untuk dimintai pertanggungjawaban. Memisahkan pendapatan atau biaya yang menjadi tanggung jawab seorang pemilik atau manajer.

Dengan ini membuat lebih mudah untuk meminta pertanggungjawaban atau ketika membutuhkan sewaktu-waktu. Mungkin accounting bisa memisahkan item baris di dalam laporan keuangan, di mana beberapa orang memiliki tanggung jawabnya.

4. Patuhi tenggang waktu

Anda harus memiliki jadwal untuk membuat sebuah laporan keuangan, agar laporan keuangan  tersebut tidak basi dan masih memiliki informasi untuk mengambil sebuah keputusan. Jika Anda sudah membuat sesuai waktu yang di tentukan maka berkomitmenlah untuk konsisten membuatnya secara periodik.

Misalnya secara bulanan, triwulan, tahunan atau laporan lainnya. Dengan mematuhi tenggang waktu, secara tidak langsung Anda juga menghindari kesalahan serta mencapai target sesuai yang ditetapkan. Laporan keuangan yang relevan dan akurat akan sangat bernilai jika semua di lakukan dengan benar.

5. Semua informasi harus tersedia

Transaksi yang di input dengan baik dan sesuai ketentuan maka akan menghasilkan informasi yang relevan dan akurat. Maka Anda cari tahu bagaimana mendapatkan semua informasi penting yang di laporkan secara tepat waktu baik laporan bulanan, triwulan dan tahunan. Ketika informasi yang tersedia sudah jelas dan detail, maka laporan keuangan yang di hasilkan pun memiliki informasi yang baik, akurat dan dapat di pertanggung jawabkan.

Seperti yang sudah kami ulas di atas, sebelum membuat laporan keuangan yang valid dan akurat sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu sistem atau metode serta software akuntansi yang digunakan dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Kami sadar bahwa membuat laporan keuangan perusahaan 100% akurat dalam usaha atau bisnis bukanlah perkara muda. Tetapi ini adalah hal wajib yang perlu di lakukan agar laporan keuangan yang dibuat memiliki banyak manfaat, baik untuk pihak internal maupun pihak external. Maka dari itu hasilnya laporan keuangan yang lebih berguna bagi usaha atau bisnis Anda.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube