Agustus 18

0 comments

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Apa itu segmen pasar? Segmen pasar merupakan istilah umum yang sering kita jumpai dalam dunia marketing atau pemasaran. Istilah tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi target pasar yang ingin kita capai.

Segmentasi pasar memiliki pengaruh yang besar terhadap penjualan produk dan implementasi strategi bisnis. Namun, masih banyak pengusaha Indonesia yang belum mengetahui secara pasti segmentasi pasar dari produk yang mereka jual.

Alhasil, masih banyak bisnis di Indonesia yang masih berjalan namun belum memiliki target fokus. Jadi sumber daya yang terpakai terbuang sia-sia. Namun sebelum membahas lebih jauh, apa itu segmen pasar? Dan apa keuntungannya bagi perusahaan? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Segmen Pasar

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar

Dalam berwirausaha, segmen pasar adalah salah satu dari sedikit hal yang harus Anda pelajari dan pahami agar seseorang bisa sukses dan mendapat untung dari wirausaha yang berjalan. Sebenarnya apa maksud dari segmen pasar itu sendiri?

Jika kita membahas segmen pasar berdasarkan terminologi, kita dapat melihat arti dari kedua kata tersebut dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata segmen secara umum dapat memiliki arti sebagai bagian, kelompok, atau wilayah.

Sedangkan kata pasar dalam ruang lingkup ekonomi memiliki arti sebagai kekuatan penawaran dan permintaan, atau tempat penjual yang ingin menukarkan barang atau jasa dengan uang, dan pembeli yang ingin menukarkan uang dengan barang atau jasa.

Dengan demikian, segmen pasar adalah bagian atau kelompok dalam pasar. Bagian atau kelompok ini telah masuk melalui kegiatan segmentasi, berdasarkan karakteristik, kebutuhan, dan sifat pasar.

Manfaat Serta Syarat Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan tentunya perkembangan suatu bisnis. Tidak hanya itu, perusahaan juga perlu mengetahui kebutuhan segmentasi pasar yang masyarakat butuh.

BACA JUGA:  Peluang Wedding Organizer Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Berikut enam manfaat segmentasi pasar, seperti:

  1. Ide pemasaran perusahaan lebih terfokus
  2. Membantu perusahaan dalam mengelola produk
  3. Bantu perusahaan mendapatkan segmentasi pasar
  4. Mempermudah perusahaan untuk menetapkan anggaran
  5. Meningkatkan daya tarik konsumen
  6. Mendapatkan posisi yang menguntungkan.

Berikut ini adalah persyaratan segmentasi pasar yang pelaku usaha butuhkan. Itu adalah:

  1. Measurable, yaitu pengelompokan pasar harus dapat mengukur baik luas, ukuran, maupun daya beli pembeli atau konsumen dalam segmen tersebut.
  2. Terjangkau, yaitu segmentasi pasar harus terlaksana. Oleh karena itu, taktik pemasaran yang telah terbentuk dapat terlaksana dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada segmen pasar.
  3. Cukup besar, yaitu relatif besar atau substansial sehingga dapat menghasilkan keuntungan bila perusahaan memberikan jasa.
  4. Memiliki perbedaan. Artinya segmentasi pasar memiliki perbedaan. Artinya, segmen-segmen yang telah masuk kategori harus memiliki perbedaan dengan jelas.
  5. Implementable, yaitu segmentasi pasar dapat terlaksana atau dapat tindaklanjuti. Artinya, bersifat wajib dan mampu Anda layani dan mudah terjangkau oleh sumber daya perusahaan. Dalam melakukan segmentasi pasar, ada beberapa dasar dalam pelaksanaannya, antara lain: demografi yang menjadi dasar pengelompokan pasar meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, ras, agama, dan sebagainya.

Pentingnya Segmen Pasar Bagi Pebisnis

Mengapa segmentasi pasar diperlukan dalam menjalankan proses perusahaan? Permasalahannya adalah menentukan segmentasi pasar sangat krusial agar perusahaan dapat memasarkan produk secara sempurna dan tepat sasaran.

Jika perusahaan dapat melakukan segmentasi pasar secara efektif, bahkan secara tidak langsung perusahaan juga akan meningkatkan efektifitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan.

Misalnya, perusahaan yang menyediakan jasa bimbingan belajar bahasa Inggris. Walaupun layanan yang diberikan sangat umum, namun pentingnya segmentasi pasar dalam bidang ini adalah untuk menentukan segmentasi yang tepat apakah layanan tersebut untuk pelajar SD atau mahasiswa atau bahkan untuk pekerja yang membutuhkan sertifikasi.

BACA JUGA:  Strategi Eatlah Sukses Bangun Bisnis Kuliner

Jika perusahaan menargetkan pekerja dengan layanan pengajaran untuk siswa, maka akan terjadi misalignment yang mengarah pada tidak berjalannya layanan yang ditawarkan perusahaan.

Kesimpulan

Menjalankan bisnis membutuhkan berbagai tahapan dan strategi yang tepat. Salah satunya dengan melakukan segmentasi pasar yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang spesifik dan dapat mengikuti perubahan pasar yang dinamis.

Selain itu, manajemen bisnis otomatis juga bisa menjadi strategi yang efektif. Misalnya dengan mencatat dan membuat laporan penjualan secara otomatis, menginput inventory dengan lebih mudah, serta mengelola dan memonitor bisnis yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top