November 5

0 comments

Contoh Surat Permintaan Barang Yang Tepat Bagi Bisnis Anda

Tentunya dalam menjalankan roda perusahaan tidak lepas dari Contoh Surat Permintaan Barang. Meskipun banyak media komunikasi yang kompleks saat ini, perusahaan sendiri masih harus menggunakan surat. Mengapa demikian? Karena surat tersebut memiliki bukti fisik, maka dapat di gunakan sebagai bukti di kemudian hari.

Saat ini ada banyak sekali jenis surat resmi perusahaan – jenis surat resmi yang sering di gunakan oleh perusahaan. Semua surat di gunakan untuk komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Untuk komunikasi eksternal, perusahaan biasanya menggunakan jenis surat bisnis.

contoh surat permintaan

Definisi

Salah satu jenis surat bisnis yang sering di gunakan adalah surat permintaan barang. Surat ini dikirim dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan tujuan meminta penjual untuk mengirimkan barang tertentu. Jika di lihat dari tujuan pengiriman, formulir permintaan kargo ini tidak berbeda dengan formulir pemesanan kargo.

Contoh permintaan barang adalah surat yang dikirim oleh pembeli kepada penjual yang berisi pesanan barang tertentu. Ada dua alasan di keluarkannya permintaan terhadap komoditas ini, yaitu atas kemauan sendiri atau sebagai tanggapan atas penawaran sebelumnya.

Padahal, menulis surat permintaan barang tidaklah sulit. Namun bagi yang masih bingung, contoh formulir permintaan produk berikut ini semoga bermanfaat untuk Anda.

Permintaan Komputer

Permintaan setiap perusahaan untuk peralatan komputer tidak bisa di hindari. Untuk mendukung kinerja karyawan dan mencapai tujuan yang di harapkan, komputer memiliki banyak keunggulan. Untuk keperluan ini, jika Anda ingin membeli perangkat komputer, Anda dapat menulis contoh permintaan komputer seperti contoh di bawah ini.

Contoh Surat Permintaan Komputer

Contoh Surat Permintaan ATK

Alat tulis dan alat tulis adalah barang yang harus di miliki setiap departemen perusahaan. Jika tidak ada alat tulis dan alat tulis, pekerjaan tidak mungkin di lakukan di kantor atau departemen. Jika Anda ingin meminta barang dari supervisor atau departemen pembelian perusahaan Anda, Anda dapat menulis surat permintaan barang, seperti yang di tunjukkan pada contoh berikut.

BACA JUGA:  Rumus Return On Equity Untuk Menghitung Pengembalian Ekuitas
surat permintaan ATK

Contoh Surat Permintaan Perlengkapan Sekolah

Sekolah adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah Departemen Pendidikan. Oleh karena itu, apabila sekolah perlu memenuhi berbagai perlengkapan dan perlengkapan yang di butuhkan sekolah, maka pihak sekolah dapat memberikan pemberitahuan pembelian barang kepada dinas terkait (yaitu dinas pendidikan).

Perlengkapan Sekolah

Contoh surat permintaan produk berbasis iklan

Anda dapat memperoleh informasi tentang barang yang Anda butuhkan dengan berbagai cara, seperti dari iklan, informasi dari orang lain, atau berdasarkan notifikasi masuk yang di terima dari perusahaan lain. Jika Anda mendapatkan informasi dari sebuah iklan, Anda dapat menulis surat permintaan barang dagangan seperti contoh di bawah ini.

 produk berbasis iklan

Fungsi dan Manfaat dari Surat Permintaan Barang

Seperti halnya semua berkas yang ikut serta dalam setiap transaksi yang terjadi antara dua perusahaan, surat permintaan barang juga memiliki fungsi dan manfaat yang jelas.

A. Fungsi

  • Melakukan permintaan barang pada penjual
  • Berkas untuk berkomunikasi dengan penjual, baik dalam rangka negosiasi atau dalam rangka perintah pengiriman barang
  • Berisi detail permintaan barang dan nilai pembayaran, bisa jadi sudah di sepakati sebelumnya, atau masih dalam tahap negosiasi
  • Melakukan repeat order untuk barang dengan spesifikasi serupa dan harga yang sudah di sepakati sebelumnya
  • Mencatat detail jadwal pengiriman dan harapan barang tiba di fasilitas milik pembeli

B. Manfaat

  • Sebagai berkas hukum permintaan barang yang di serahkan dari satu pihak ke pihak lain
  • Referensi pengiriman barang agar tidak terjadi kesalahan, barang yang di minta akan di kirim sesuai informasi yang terdapat pada file ini
  • Dokumentasi transaksi yang terjadi atas permintaan pembeli barang
  • Catatan tagihan kepada pembeli pada waktu yang telah di tulis dan di sepakati
  • Pada dasarnya fungsi dan manfaat surat ini akan berkisar pada dokumentasi transaksi, detail barang, detail pengiriman, serta masalah pembayaran dan alamat.
BACA JUGA:  Pentingnya Manajemen Operasional Perusahaan Yang Tepat

Tags

bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top