Juni 20

0 comments

Alasan Standar Operasi Prosedur Penting Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang berlaku. Aturan ini biasanya dibuat dalam bentuk yang formal yaitu dalam sebuah standar operasi prosedur atau dikenal dengan SOP. Standar operasional prosedur ini sebagai acuan pokok mengenai tahapan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas operasional ataupun administrative dalam perusahaan.

Dengan adanya standar operasional prosedur (SOP) dapat berdampak terhadap kinerja karyawan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan perusahaan.

Pengertian Standar Operasi Prosedur

Standar operating prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan dalam memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan agar bisa berjalan dengan lancar. Dengan adanya standar operating prosedur diharapkan suatu perusahaan akan mengalami perubahan yang lebih baik lagi kedepannya.

Setiap perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan serta mengembangkan perusahaannya dengan berbagai kegiata yang bertujuan mendisiplinkan kinerja para pegawai. Karyawan merupakan salah satu asset penting bagi perusahaan. Jadi dalam hal ini, manajemen perusahaan harus bisa mendorong kinerja para pegawainya agar bekerja secara maksimal.

Kinerja merupakan suatu pencapaian hasil kerja yang sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku di masing-masing perusahaan. Coba kalian bayangkan jika disebuah perusahaan tidak ada yang namanya SOP secara tertulis?

Pastinya akan membuat kegiatan operasional perusahaan menjadi tidak terarah dan kinerja pegawaipun bisa saja tidak maksimal. Dengan SOP ini diharapkan kualitas pekerjaan dan kegiatan operasional bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Kebutuhan Standar Operasi Prosedur

Agar standar operating prosedur (SOP) yang di jalankan dalam perusahaan dapat terlaksana dengan baik maka di butuhkan pedoman / petunjuk pelaksanaan dan prosedur yang tetap. Tercapainya suatu standar maka di perlukan indicator / tolak ukur yang menunjukkan pada kepatuhan pada standar yang sudah di tetapkan.

Standar operating prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan dalam pelaksanaan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja perusahaan berdasarkan indikator teknis, procedural, dan administratif sesuai dengan prosedur serta sistem kerja pada perusahaan yang terkait.

BACA JUGA:  6 Tips Cara Membuat Job Description Agar Karyawan Lebih Efektif

Dengan hal tersebut, setiap perusahaan baik wasta ataupun pemerintah harus memiliki standar operating prosedur yang mumpuni sebagai dasar penunjang pelaksanaan kerja karyawan dan membantu kelancaran operasional perusahaan.

Adanya sistem operating prosedu tersebut di harapkan mampu mengendalikan organisasi dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang hendak di capai perusahaan.

standar operasi prosedur

Karakteristik Sistem Operating Prosedur

Berikut adalah karakteristik yang terdapat dalam sistem operating prosedur, yaitu:

  1. Mampu menunjang tujuan suatu perusahaan
  2. Dapat memberikan kontrol yang baik dan meminimalisir biaya
  3. Menginstruksikan tahapan kegiatan yang baik dan benar
  4. Menunjukkan adanya penetapan keputusan dan tanggung jawab
  5. Menunjukkan tidak adanya keterlambatan atau hambatan

Fungsi Sistem Operating Prosedur

Setelah kita mengetahui ap aitu standar operating prosedur (SOP) serta karakteristik dari SOP. Maka sekarang kita perlu tahu kenapa standar operasi prosedur itu di buat dan apa fugsi dari standar operating prosedur itu sendiri.

Untuk fungsi SOP sendiri banyak sekali yang dapat kita ketahui. Perusahaan yang sudah menerapkan SOP belum tentu terlepas dari segala masalah. Karena standar operating prosedur sendiri di buat untuk mempermudah pekerjaan serta meminimalisir kesalahan yang terdapat dalam sebuah perusahaan.

Dengan adanya standar operasi prosedur menandakan jika sebuah perusahaan telah mempunyai sistem dan proses secara terstruktur, dan budaya perusahaan yang lebih baik.

Standar operating prosedur membanti sebuah perusahaan untuk mengevaluasi terhadap apa yang di kerjakan oleh karyawannya serta dapat membantu pegawai dalam melakukan pekerjaan yang lebih baik lagi.

Tujuan Utama

Salah satu tujuan terbentuknya standar operating prosedur di sini yaitu agar dapat mendukung seseorang dalam melakukan pekerjaan dan bisa membuat karyawan lebih cepat beradaptasi dalam perusahaan.

Misalkan, kamu memiliki sebuah perusahaan produksi dan kamu ingin melakukan rekrutment karyawan baru. Bagaimana agar setiap karyawan baru tersebut dengan mudah untuk menjalankan pekerjaanya tanpa kamu beritahu terus setiap harinya.

BACA JUGA:  Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Dengan adanya standar operating prosedur karyawan baru tersebut akan lebih mudah dalam mempelajari dan melakukan pekerjaan yang harus dia lakukan tanpa harus kamu kasih tahu secara terus menerus karena sudah ada namanya standar operating prosedur. Secara tidak langsung standar operating prosedur dapat memberikan dampak bagi perusahaan yang sedang kamu jalankan.

Selain hal di atas standar operasional prosedur dapat memberikan fungsi lain bagi perusahaan, yatu:

1. Konsistensi

Standar operating prosedur bagi perusahaan dapat memberikan konsisten, mengapa? Hal tersebut di karenakan jika sebuah perusahaan menerapkan SOP secara konsisten dalam operasional perusahaan maka hal tersebut akan dapat mengurangi terjadinya masalah dan  mempermudah pekerjaan.

2. Meminimalisir Kesalahan

Fungsi dari standar operating prosedur yang selanjutnya yaitu meminimalisir kesalahan. Standar operating prosedur yang sudah di buat berisi perintah atau tahapan dalam pelaksanaan tugas.

Karyawan yang menjalankan tugas sesuai dengan standar operating prosedur yang dibuat kemungkinan besar akan terlepas dari kesalahan atau bisa dikatakan meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi.

3. Komunikasi

Fungsi terakhir dari standar operating prosedur yaitu komunikasi. Standar operating prosedur dalam perusahaan salah satunya di butuhkan untuk komunikasi antar individu ataupun kelompok. Standar operating prosedur terkadang dapat terjadi perubahan. Dengan adanya perbaruan standar tersebut dapat di katakan jika perusahaan telah mengkomunikasikan adanya perubahan tersebut kepada karyawan.

Manfaat Standar Operating Prosedur

Sebuah perusahaan yang tidak memiliki standar operating prosedur tidak akan merasakan manfaat yang sama dengan perusahaan yang memilikinya. Perusahaan yang memiliki standar operating prosedur dapat memperbaiki struktur bisnis dan meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika perusahaanmu menetapkan standar operating prosedur dan menjadikan standard dalam bentuk dokumentasi atau SOP formal. Berikut saya paparkan beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika terdapat standar operating prosedur di perusahaan, yaitu:

BACA JUGA:  Pentingnya "TEAM BUILDER" Untuk Pengembangan Bisnis

1. Konsisten

Fungsi standar operating prosedur yang pertama yaitu konsisten. Maksudnya yaitu SOP sebagai standar dalam melakukan pekerjaan yang di laksanakan dan harus konsisten. Hal tersebut bertujuan agar produk atau jasa yang di hasilkan tetap terjaga dengan baik.

2. Penyesuaian Jadwal

Fungsi kedua dari standar operating prosedur yaitu memastikan jadwal atau proses tahapan kegiatan yang di lakukan sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. Sehingga dengan mengikuti aturan standar yang berlaku, anda dapat menghindari kesalahan pekerjaan yang kamu kerjakan karena sudah di atur dalam SOP.

3. Pedoman Kerja

SOP dapat berguna sebagai pedoman yang bisa di pakai oleh seluruh jajaran perusahaan dalam melaksanakan proses pekerjaan.

4. Pendisiplinan SDM

Jika penerapan SOP di perusahaan sudah sesuai dengan tertib, hal ini akan berdampak kepada perusahaan kea rah yang lebih baik untuk lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab.

5. Bahan Evaluasi

Selain membantu dalam memudahkan pekerjaan karyawan, SOP juga bisa mendeteksi hambatan-hambatan  yang sedang di hadapi oleh pegawai dan juga perusahaan. Dengan hal ini perusahaan dapat mengambil kebijakan untuk mengatasi permasalahan yang sedang di hadapi.

Kesimpulan

Sekarang kita sudah mengetahui apa itu standar operating prosedur, mulai dari pengertian sampai dengan manfaat yang bisa anda rasakan jika perusahaan anda menerapkan standar operating prosedur.

Dengan hal ini di harapkan kita semua dapat mengelola perusahaan agar kinerjanya lebih baik dengan adanya SOP. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam mempelajari apa aitu standar operating prosedur (SOP) dan dapat di terapkan dalam keseharian kita.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top