Juli 23

0 comments

Tips Menentukan Jenis Usaha Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara menentukan jenis usaha yang cocok untuk pemula memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Ada dua pilihan yang harus Anda ambil dalam hidup, yang pertama menjadi pekerja dan yang kedua menjadi pengusaha. Terkadang ada yang sudah siap menjadi pengusaha tapi banyak alasan untuk memulai, salah satunya masih bingung jenis bisnis apa yang cocok untuk pemula.

Mengetahui cara menentukan jenis usaha yang cocok untuk pemula harus diperhatikan dengan matang. Salah satu yang sering terlintas di pikiran adalah jenis bisnis apa yang cocok untuk pemula? Selain itu, mungkin masih banyak pertanyaan yang masih terngiang di benak Anda, terutama bagi Anda yang masih pemula.

Peluang bisnis dari tahun ke tahun tentunya semakin banyak dan berbeda. Meski sudah banyak orang yang terjun ke dunia bisnis, namun selalu ada peluang bagi Anda yang masih pemula. Salah satu kendala yang membuat orang bolak balik berbisnis adalah memilih bisnis yang tepat. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan jenis usaha yang akan Anda pilih, berikut beberapa tips jejualan kanca yang akan memulai jenis usaha ini, terutama bagi pemula.

Bukan hal baru jika dalam berbisnis tentunya harus mencari keuntungan.

Jika secara matematis, semakin banyak produk yang Anda jual terjual, semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan

jenis usaha

Cara Menentukan Jenis Usaha Untuk Pemula

A. Pilih Jenis Usaha Sesuai Dengan Minat

Memilih bisnis yang sesuai dengan minat Anda sangatlah penting. Misalnya, Anda sangat tertarik dengan model hijab masa kini. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis. Memilih peluang bisnis yang sesuai dengan minat Anda akan lebih mudah untuk dikembangkan jika dibandingkan dengan menjalankan bisnis yang tidak Anda pahami.

Tidak hanya sesuai dengan keinginan Anda, menentukan jenis bisnis untuk pemula juga perlu memanfaatkan keahlian Anda. Jika Anda sudah memiliki keahlian dalam suatu bidang maka hanya akan membutuhkan waktu yang singkat untuk mengembangkannya.

B. Menyusun Daftar Minat Bidan Usaha

Sebagai orang yang ingin memasuki dunia bisnis, tentunya Anda tidak hanya memiliki satu jenis bisnis yang ingin Anda kembangkan. Untuk mempermudah, sebaiknya Anda membuat daftar bidang usaha yang akan Anda pilih. Setelah itu pikirkan prospek mana yang bagus dan mana yang belum dipilih banyak orang. Jika memang yang Anda pilih memiliki banyak kompetitor, berarti Anda harus membuat inovasi baru untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

BACA JUGA:  Kenali ERP Sejak Dini dan Tingkatkan Nilai dan Daya Saing Perusahaan

C. Mempelajari Bidang Usaha Yang Terpilih

Memulai bisnis baru memang tidak mudah. Namun dengan hasil yang maksimal tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda. Jika Anda sudah menentukan bisnis yang akan Anda jalankan, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari lebih dalam. Bukan karena Anda sudah ahli di bidangnya, lalu Anda tidak mau mempelajarinya lebih jauh. Menjadi wirausahawan bukan hanya soal kemampuan dalam satu bidang saja tetapi harus benar-benar memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya di mata pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan cara meminimalisir kerugian saat mengalami hal yang tidak diinginkan. Dan yang harus diingat dalam berbisnis adalah untung rugi itu lumrah. Jadi jika di tengah jalan Anda mengalami kerugian maka jangan langsung putus asa. Lebih baik cari solusi lain. Itulah mengapa penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis bisnis yang Anda pilih.

D. Menghitung Kembali Modal Yang Dimiliki

Antara modal dan jenis usaha yang Anda inginkan, sebaiknya Anda pikirkan matang-matang. Sebagai pemula, jangan sampai usaha yang Anda inginkan memiliki modal lebih dari modal yang Anda miliki. Bagi anda yang juga baru membuka usaha, usahakan agar modal yang anda miliki sama dengan modal usaha anda.

Tidak perlu khawatir dengan modal yang tidak terlalu besar. Jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, maka modal yang sederhana pun dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Jangan sampai Anda menghabiskan terlalu banyak modal tapi tidak bisa mengelolanya.

E. Tentukan Lokasi Usaha

Bisnis online dan bisnis online jika lokasinya tepat akan saling menguntungkan. Ketika Anda sudah siap untuk membuka usaha, hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi. Jika Anda memilih bisnis online, maka yang harus Anda perhatikan adalah jumlah pengusaha yang juga ada. Jika sudah terlalu banyak pesaing, lebih baik mencari tempat lain. Namun jika Anda mampu bersaing, tunjukkan bahwa Anda memiliki inovasi yang siap bersaing.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

Hal ini berbeda jika Anda lebih memilih bisnis online. Pemilihan lokasi mungkin tidak begitu penting karena cara menjualnya melalui online. Yang penting bisa dijangkau dengan mudah untuk cara pengirimannya. Bisnis online kini semakin diminati karena Anda bisa dengan mudah berkreasi dengan produk Anda agar lebih menarik.

F. Memulai Riset Pasar

Dalam memilih jenis usaha tentunya Anda juga harus memperhatikan kebutuhan konsumen saat ini. Tahu apa yang mereka butuhkan saat ini. Jika ingin cepat membuahkan hasil, maka Anda harus memilih bisnis yang paling butuh orang saat ini. Cara termudah untuk mengetahui apa yang butuh konsumen adalah dengan terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu Anda tidak akan salah dalam memilih target pasar Anda.

G. Memiliki Niat Yang Kuat

Keuntungan dan kerugian dalam bisnis adalah hal biasa. Jika Anda memiliki fokus dan niat, tentu akan lebih mudah menjalaninya. Bagi Anda yang masih pemula, jangan tiba-tiba terpuruk jika terjadi hal tak terduga dalam perjalanan mengembangkan bisnis. Itulah mengapa niat dan fokus sangat penting.

H. Lakukan Apa Yang Telah Direncanakan

Keinginan membuka usaha tidak bisa menghasilkan keputusan begitu saja karena ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Jika sudah mencapai kesepakatan yang matang, maka langkah selanjutnya adalah Action. Sebuah bisnis akan menghasilkan lebih cepat jika Anda mulai segera. Entah nanti seperti apa, yang jelas harus mulai dari sekarang.

Memang tidak mudah untuk memulai bisnis, apalagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Tapi jangan langsung putus asa karena semuanya memang butuh proses dan banyak belajar. Banyak juga pengusaha sukses di luar sana yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman sama sekali saat terjun ke dunia bisnis.

Beberapa Bidang Usaha Yang Memiliki Untung Tinggi

A. Bisnis Kuliner, Jenis Bisnis Trading Tanpa Modal Besar

Jenis usaha dagang yang bisa anda lakukan adalah menjalankan usaha kuliner, seperti menjual makanan berat atau ringan, membutuhkan ketekunan dan manajemen yang baik.

Kebanyakan pengusaha kuliner yang sukses adalah para pebisnis yang sudah berjualan sejak lama kemudian sudah memiliki pelanggan tetap.

BACA JUGA:  SOP Alur Barang Masuk-Keluar Pada Perusahaan Distributor

hal tersebut juga berawal lagi bahwa makanan yang memiliki pasar sangat inovatif selain rasanya yang enak karena kunci utama bagi pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

B. Bisnis Fashion, Jenis Bisnis Dagang yang Selalu Populer

Menurut mereka yang sudah sukses berdagang khususnya di bidang fashion, membuka usaha fashion sebenarnya cukup mudah dengan memiliki toko/butik yang lebih lengkap dari semua toko yang ada di sekitarnya.

Lokasi toko fashion Anda harus berada pada tempat yang strategis dan agar memiliki akses yang mudah oleh pengunjung.

Yang sering menjadi kendala untuk jenis bisnis trading ini adalah Anda masih pemula dan tidak memiliki modal yang melimpah, apalagi jika tidak ada investor yang menjadi investor di bisnis fashion tersebut.

Namun, Anda bisa memulainya dengan memulai dari target yang kecil. Perhatikan juga tren yang ada agar lebih mudah menarik perhatian pelanggan. Pelajari juga bagaimana contoh pembukuan toko online sederhana dapat membantu pekerjaan Anda.

C. Usaha Gadget atau Elektronik

Menyikapi apa yang terjadi di era teknologi digital seperti sekarang ini, tentu kita tahu bahwa setiap hari ada gadget dan elektronik baru yang keluar.

Memiliki gadget terbaru terkadang menjadi suatu keharusan bagi kalangan tertentu, sehingga menjadi salah satu jenis bisnis trading yang cukup menguntungkan.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia teknologi dan ingin memulai bisnis dagang atau membuka toko elektronik, maka yang paling penting untuk diperhatikan adalah modal.

Dapatkan pembiayaan baik secara tunai maupun kredit untuk dapat memenuhi kebutuhan modal usaha ini yang tentunya akan bernilai sangat besar.

Anda mungkin ingin menggunakan tabungan pribadi atau Anda juga dapat menghubungi bank untuk mengajukan pinjaman uang dengan catatan masih dalam batas untuk segera lunas

Di atas adalah penjelasan tentang apa saja jenis bisnis trading dan contoh trading yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top