Juli 16

0 comments

Tips Membuka Usaha Generasi Z Dengan Ide Bisnis Kreatif

Sejak pandemi 2020, membuka usaha menjadi salah satu solusi efektif untuk bertahan dan menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. Banyak ide bisnis kreatif bermunculan bahkan di tahun 2022.

Tahun ini, ada banyak ide bisnis yang menjadi tren karena permintaan pasar. Sehingga tidak jarang banyak pelaku usaha baru yang akhirnya terjun dan mengejar ide bisnis tersebut.

Setiap tahun, tren bisnis sering berubah. Meski ada beberapa ide bisnis yang tak lekang oleh waktu, ada juga ide bisnis yang booming di tahun ini dan sedang digandrungi konsumen.

Berikut beberapa ide bisnis kreatif yang bisa menjadi peluang bisnis bagi siapa saja, termasuk Anda.

ide bisnis

Ide Bisnis Barang Handmade

Barang handmade merupakan barang yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini dikarenakan pembuatannya yang tidak mudah dan cepat. Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat produk dengan tangan, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan manfaat dari keahlian Anda.

Namun, pastikan barang tersebut tetap memiliki nilai fungsional atau estetika agar dapat menarik pelanggan.

Ide Bisnis Barang Fashion

Barang fashion merupakan salah satu produk yang tidak lekang oleh waktu. Dengan tren fashion yang selalu berubah setiap tahun, bahkan setiap bulan, membuat bisnis barang fashion tidak pernah mati di mata konsumen.

Anda bisa menjual barang-barang fashion berupa pakaian wanita, pakaian pria, pakaian muslim, sepatu, hingga aksesoris sebagai pilihan ide bisnis Anda.

Selain fashion item, kosmetik juga menjadi salah satu produk yang terus berkembang dan tentunya dibutuhkan terutama oleh kaum wanita. Dengan populasi wanita yang lebih banyak dari pria, ide bisnis yang satu ini menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, ada banyak merek dan jenis kosmetik yang bisa Anda pilih untuk ditawarkan kepada calon pelanggan.

BACA JUGA:  Pedoman Menentukan Nilai Proyek Bagi Perusahaan Kontraktor

Wedding Planner

Masih dengan usaha yang berhubungan dengan pernikahan. Jika Anda adalah orang yang suka mendesain dan merencanakan acara, terutama pernikahan, Anda bisa memilih usaha wedding planner. Selain menjual jasa planner, Anda juga bisa menyediakan jasa make up dan souvenir sebagai produk sampingan.

Coffee Shop

Saat ini peminat minuman kopi semakin meningkat. Anda dapat memanfaatkan fakta ini dengan membuka kedai kopi Anda sendiri. Selain menyajikan kopi, Anda juga bisa menyediakan lauk pauk seperti roti atau kue.

Jangan lupa untuk membuat kedai kopi Anda terasa nyaman dengan dekorasi yang estetis untuk menarik pelanggan.

Ide Bisnis Warung Digital

Jika sebelumnya merupakan ide bisnis yang terbilang kekinian, yang terakhir adalah usaha yang tidak pernah ketinggalan zaman. Ide usaha warung masih eksis dan masih menjadi ide bisnis yang menjanjikan, terutama di lokasi bisnis yang padat penduduk.

Namun meski terbilang konvensional, kini banyak juga warung yang memanfaatkan kecanggihan platform digital, seperti aplikasi pembukuan, aplikasi belanja stok toko, aplikasi kasir, dan lain-lain.

Thrifting

Jika sebelumnya merupakan ide bisnis yang terbilang kekinian, yang terakhir adalah usaha yang tidak pernah ketinggalan zaman. Membuka usaha warung masih eksis dan masih menjadi ide usaha yang menjanjikan, terutama di lokasi yang padat penduduk.

Namun meski terbilang konvensional, kini banyak juga warung yang memanfaatkan kecanggihan platform digital, seperti aplikasi pembukuan, aplikasi belanja stok toko, aplikasi kasir, dan lain-lain.

Setelah itu, kamu bisa memilah-milah pakaian yang masih layak, dan jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan pakaian dari merek yang cukup keren, lho! Jangan lupa untuk mencuci pakaian ini sampai bersih dan wangi, lalu ambil foto produk yang bagus.

BACA JUGA:  Tips Sukses Mendapat Omzet Tinggi Dari Bisnis Jual Pulsa

Kemudian, Anda bisa mulai mengunggah foto dan menjual baju-baju tersebut di marketplace, tentunya dengan harga yang lebih murah dari baju baru, namun kualitasnya tetap bisa bersaing. Plus, pakaian preloved juga dapat membantu keberlanjutan karena tidak ada barang baru di luar sana.

Menjadi Afiliator

Bisa dibilang, affiliate adalah salah satu ide usaha rumahan modal kecil online yang cukup mudah untuk pemula.

Anda hanya perlu mempromosikan produk atau layanan seseorang, kemudian berdasarkan kebijakan mereka, Anda dapat memperoleh komisi setiap kali pelanggan mengklik atau membeli produk.

Affiliate marketing kini juga menjadi usaha rumahan yang sedang menjadi tren di kalangan pembuat konten. Namun, Anda tetap bisa memulai usaha rumahan dari affiliate marketing tanpa menjadi kreator.

Kunci sukses dalam affiliate marketing adalah memilih niche yang benar-benar Anda ketahui dan pahami, karena Anda harus bisa membuat audiens Anda percaya dengan pendapat Anda hingga akhirnya mereka membeli produk yang direkomendasikan.

Anda dapat bergabung dengan program afiliasi seperti Hostinger Affiliate, atau Amazon.com Associate. Ada juga marketplace seperti ClickBank untuk menemukan berbagai produk yang bisa dihadirkan.

Profitabilitas ide usaha rumahan melalui pemasaran afiliasi akan bergantung pada produk, komisi, dan lalu lintas situs web Anda. Menurut Affise, jika Anda sudah memiliki penonton, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari 4 juta hingga 150 juta rupiah dalam sehari.

Itu dia bisa jadi ide bisnis menguntungkan. Kalau kamu, tertarik dengan bisnis apa nih?


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top