Juli 9

0 comments

Kedai Kopi dengan Sistem Franchise yang Sustainable

Kedai kopi semakin menjamur di Indonesia. Anda juga bisa memulai bisnis serupa dengan memanfaatkan franchise kopi yang menjanjikan keuntungan besar. Berbagai macam merek kopi kekinian juga sangat populer sehingga banyak diburu konsumen.

Setiap merek kopi kontemporer juga menawarkan cita rasa dan cita rasa yang unik. Menu yang ditawarkan kini sangat bervariasi. Meski judulnya kopi kekinian, Anda tetap bisa menemukan pilihan minuman selain kopi. Ini bertujuan untuk menarik pasar yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis franchise, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa berjalan dengan maksimal. Agar tidak salah, berikut tips untuk Bung dan Bu yang akan menjalankan bisnis franchise.

kedai kopi

Modal Pertama Membuka Kedai Kopi

Modal usaha merupakan salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai usaha. Untuk memulai bisnis kedai kopi, modal Rp 1 juta sudah cukup.

Mulailah dengan kedai kopi sederhana dan jangan pernah memaksakan diri untuk membuat kedai kopi mewah. Namun Anda harus melihat seberapa mampu Anda.

Cari tahu latar belakang franchisor

Sebelum memulai menjalankan bisnis ini, Anda perlu memperhatikan dengan seksama franchise yang sesuai dan memperhatikan beberapa hal sebelum memilih franchise.

Ada baiknya pemilik bisnis perlu mengenali merek dan kondisi yang sama oleh mereka. Ketentuan seperti fee, sistem franchise, kontrak kerja seperti apa dan sebagainya.

Anda juga perlu membandingkan satu franchise dengan franchise lainnya. Penting juga untuk mempertimbangkan dan menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dengan cermat. Anda diharuskan mengeluarkan modal sesedikit mungkin untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Setiap bisnis franchise pasti memiliki kebijakan tersendiri untuk mengatur kerjasama antar Anda. Setiap merek juga harus memiliki standar operasional yang baik. Perhatikan sistem waralaba yang baik. Biasanya bisnis franchise yang aturannya lebih ketat lebih layak untuk dipilih.

BACA JUGA:  SOP Alur Barang Masuk-Keluar Pada Perusahaan Distributor

Target Konsumen

Sebelum memulai, Anda juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang tepat untuk bisnis kedai kopi Anda.

Setelah menentukan target konsumen, Anda juga harus mulai menganalisis mereka, berapa penghasilan mereka, apa pendapat mereka tentang rasa kopi, dan apa pekerjaan mereka?

Memahami konsumen dengan baik berarti Anda bisa menentukan strategi yang tepat seperti lokasi usaha, desain coffee shop yang sesuai, harga yang tepat, dan lain sebagainya.

Tentukan Lokasi Yang Pas

Setelah mendapatkan francisor yang tepat, kini saatnya Anda memilih tempat yang tepat. Sebagai pemilik usaha, Anda harus menentukan lokasi yang akan menjadi tempat usaha. Jika anda ingin bisnis franchise anda menggunakan stand, tentunya anda perlu memperhatikan letak stand atau stand anda agar mudah terlihat oleh banyak orang.

Jika ingin membuka toko tentunya perlu memperhatikan tempat yang strategis, tempat yang nyaman, hingga tempat parkir yang luas. Penentuan lokasi di sisi lain juga menentukan potensi pasar dari bisnis Franchise yang sesuai dengan pilihan.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus selalu mengenali minat dan daya beli lingkungan sekitar. Sebagai pelaku usaha, Anda juga wajib untuk menganalisis potensi agar bisa mendapatkan gambaran berapa lama modal Anda akan kembali.

Konsep Kedai Kopi

Untuk menghindari persaingan dalam bisnis kopi, Anda harus membuat konsep yang kuat. Selain membedakan bisnis Anda dengan bisnis kopi lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen untuk membantu mengembangkan bisnis.

Konsep yang Anda gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis.

Misalnya jika mengusung konsep minimalis, menu kopi juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang termuat, Anda tetap harus mengutamakan kenyamanan.

BACA JUGA:  Apa Itu Mentoring Bisnis dan Pentingnya Bagi Pengusaha

Apalagi kebanyakan orang menikmati kopi sambil bersantai.

Promosi Bisnis

Untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas, Anda harus melakukan promosi bisnis.

Anda bisa melakukan promosi bisnis dengan berbagai cara, mulai dari strategi word of mouth, review kedai kopi Anda melalui media sosial, atau memberikan potongan harga kepada pelanggan Anda di hari-hari spesial seperti ulang tahun, Natal, dan lain sebagainya. dll.

Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus menjaga eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kedai kopi. Setelah bisnis Anda berhasil berjalan, sebaiknya Anda juga mulai berpikir untuk membuat laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan Anda untuk mengambil keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis Anda.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top