Juli 5

0 comments

Tips Membuat Bisnis Plan Hanya Dari Laporan Keuangan

Bisnis plan adalah rencana yang harus dibuat oleh suatu perusahaan agar program bisnis lebih terarah ke depan. Dalam rencana bisnis terdapat bagian peramalan pendapatan dan perencanaan bisnis keuangan.

Rencana bisnis hanyalah panduan konseptual atau dari mulut ke mulut sampai beberapa angka di masukkan untuk melengkapi perkiraan.

Bagian keuangan dari rencana bisnis akan selalu memegang peranan penting, karena keuangan merupakan salah satu komponen yang menentukan kemungkinan pembiayaan semua rencana.

Bagian keuangan juga akan menentukan seberapa baik perencanaan keuangan, sehingga dapat di jadikan sebagai usulan untuk mengajukan dana tambahan kepada bank dan investor lainnya.

Berikut ini adalah peran penting bagian keuangan serta laporan keuangan untuk menentukan perencanaan keuangan yang baik dalam sebuah rencana bisnis.

Tips Membuat Bisnis Plan Hanya Dari Laporan Keuangan

Mulailah dengan Perkiraan Penjualan

Siapkan spreadsheet atau lembar kolom untuk memproyeksikan penjualan Anda selama tiga tahun ke depan.

Siapkan bagian yang berbeda untuk jalur dan kolom penjualan yang berbeda untuk setiap bulan untuk tahun pertama, kedua, dan ketiga.

Taksiran yang harus Anda miliki di spreadsheet mencakup penjualan satuan, harga, x harga satuan, dan biaya satuan.

Menghitung harga pokok penjualan dalam taksiran transaksi penjualan akan memberitahukan taksiran laba kotor yang akan di peroleh perusahaan dalam periode perencanaan.

Buat Anggaran sebelum Proyeksi Bisnis Plan

Anggaran pengeluaran di perlukan agar Anda memahami berapa banyak keuangan yang di perlukan untuk membuat penjualan yang Anda perkirakan.

Dalam anggaran pengeluaran ini, Anda biasanya harus membedakan antara biaya tetap, seperti sewa dan gaji, dan biaya variabel, seperti biaya iklan dan promosi.

Perkiraan biaya tetap yang lebih rendah dalam rencana bisnis, berarti risiko keuangan yang lebih kecil.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Mencegah Kerugian Besar Dengan Melakukan Internal Audit

Kembangkan Laporan Arus Kas


Salah satu isu penting dalam isu kebijakan investasi adalah perkiraan uang yang akan di terima dari investasi di masa depan.

Untuk menemukan berbagai alternatif penganggaran barang/investasi, perusahaan harus menentukan arus kas yang tepat, yaitu data arus kas bersih dari investasi.

Analisis arus kas perusahaan dapat di gunakan sebagai dasar penelitian untuk melihat sejauh mana kegiatan usaha secara akumulatif dapat menutupi dana yang di investasikan untuk menggerakkan kegiatan operasional perusahaan.

Proyeksi Pendapatan Bisnis Plan

Ini adalah keuntungan dan kerugian, dan perkiraan kerusakan bisnis Anda selama tiga tahun ke depan.

Namun, apa itu faktur pro forma? Faktur pro forma adalah jenis faktur yang di terbitkan sebelum barang secara keseluruhan.

Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang biaya produk dan layanan.

Kemudian untuk memperkirakan pendapatan dalam rencana bisnis Anda, Anda dapat menggunakan angka-angka yang di sertakan dalam perkiraan, perkiraan penjualan, dan laporan arus kas Anda.

Menghitung Aset & Kewajiban

Untuk memiliki rencana bisnis yang baik, Anda harus mengetahui berapa banyak aset dan kewajiban yang masih di miliki perusahaan.

Dengan mengetahui nilai aset perusahaan, Anda dapat memiliki prediksi tentang biaya yang di perlukan untuk memelihara aset tersebut.

Apakah Anda harus membeli aset baru atau menghilangkan anggaran untuk beberapa item aset karena sudah tidak di butuhkan lagi oleh perusahaan.

Kemudian cari tahu apa yang Anda miliki sebagai kewajiban yang berarti hutang. Baik dari utang pembelian yang belum Anda lunasi maupun dari pinjaman modal usaha.

Dengan mengetahui kewajiban perusahaan, Anda akan mengetahui keuangan yang harus di sisihkan untuk digunakan sebagai bagian dari anggaran pembiayaan.

BACA JUGA:  Belajar Membuat Jurnal Kas Kecil dan Memahami Fungsinya

Analisis break-even point

Ketika perusahaan Anda telah melakukan penjualan di tahun sebelumnya dan memiliki perhitungan biaya yang terbukti pada titik impas, maka Anda dapat melakukan analisis tersebut sebagai bagian dari rencana bisnis untuk tahun berikutnya.

Membuat analisis titik impas berguna jika Anda memiliki rencana untuk mengumpulkan dana tambahan berupa investasi dari luar perusahaan.

Karena calon investor selalu ingin tahu bahwa mereka telah berinvestasi dalam bisnis yang berkembang pesat.

Itulah penjelasan singkat mengenai peran divisi keuangan dalam membuat rencana bisnis termasuk peramalan pendapatan atau perencanaan keuangan perusahaan.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top