Desember 2

0 comments

Teknik Audit Dokumen Yang Tepat Agar Hasil Akurat

Prosedur audit merupakan segala informasi yang mendukung angka-angka atau informasi lain yang disajikan dalam laporan keuangan, yang dapat digunakan oleh auditor sebagai dasar untuk menyatakan pendapatnya. Prosedur audit dokumen harus dilakukan dengan teknik audit dokumen yang benar.

Standar pekerjaan lapangan ketiga mewajibkan auditor untuk memperoleh bukti atas prosedur audit yang cukup dan kompeten sebagai dasar untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan yang telah di audit.

Prosedur Audit Dokumen

Prosedur Audit adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh auditor untuk mendapatkan semua informasi mengenai kualitas keuangan yang disediakan oleh perusahaan, yang memungkinkan mereka untuk membentuk opini audit atas laporan keuangan apakah mereka mencerminkan pandangan yang benar dan adil dari posisi keuangan organisasi.

Mereka diidentifikasi dan diterapkan pada tahap perencanaan audit setelah menentukan tujuan audit, ruang lingkup, pendekatan, dan risiko yang terlibat.

Dalam melakukan prosedur audit, ada beberapa metode prosedur audit yang harus Anda gunakan dalam melakukan dan menentukan kualitas informasi keuangan, berikut penjelasan nya :

1. Penyelidikan

Penyelidikan adalah proses meminta klien untuk penjelasan tentang proses atau transaksi yang terkait dengan laporan keuangan. Jenis prosedur audit ini biasanya melibatkan pengumpulan bukti verbal. Demikian juga, auditor menggunakan prosedur penyelidikan untuk berbagai macam proses audit.

Misalnya, auditor dapat meminta klien untuk memahami lingkungan bisnis dan kontrol atau mereka mungkin bertanya tentang transaksi atau saldo item baris laporan keuangan.

Bukti yang dikumpulkan oleh penyelidikan formal atau informal umumnya tidak bisa berdiri sendiri meyakinkan. Oleh karena itu, auditor biasanya melakukan prosedur lain bersama dengan penyelidikan seperti memeriksa dokumen pendukung untuk memastikan bahwa penjelasan yang diberikan oleh klien dapat diandalkan.

2. Pemeriksaan catatan atau dokumen

Pemeriksaan catatan atau dokumen adalah proses pengumpulan bukti dengan memeriksa catatan atau dokumen. Jenis prosedur audit ini dapat dilakukan dengan menjamin catatan transaksi ke dokumen pendukung atau menelusuri dokumen pendukung ke catatan transaksi.

Sebagai contoh, auditor dapat menggunakan prosedur inspeksi untuk menguji pernyataan terjadinya transaksi pengeluaran dengan menjamin mereka untuk menerima laporan, faktur pemasok, dan pesanan pembelian.

Pernyataan audit  biasanya diuji dengan memeriksa dokumen untuk mendukung transaksi akuntansi dalam catatan perusahaan (vouching). Dan pernyataan kelengkapan biasanya diuji dengan memilih dokumen dan melacaknya kembali ke catatan perusahaan (penelusuran) dengan memastikan apakah sesuai atau tidak.

3. Perhitungan ulang

Perhitungan ulang adalah proses menghitung kembali pekerjaan yang telah dilakukan klien untuk melihat apakah ada hasil yang berbeda antara pekerjaan auditor dan pekerjaan klien.

Jenis prosedur audit ini biasanya digunakan untuk menguji penilaian dan alokasi pernyataan keuangan.

4. Prosedur analitik

Prosedur analitik adalah proses mengevaluasi informasi keuangan melalui analisis tren, rasio atau hubungan antara data termasuk data keuangan dan non-keuangan. Auditor biasanya melakukan jenis prosedur audit ini dengan membangun harapan mereka tentang transaksi khas atau saldo akun dan membandingkannya dengan catatan klien.

Jika auditor menemukan bahwa catatan klien tidak konsisten. Maka auditor akan menyelidiki lebih lanjut tentang varian yang ada. Sebagai contoh, auditor dapat melakukan prosedur analitik pada akun beban bunga dengan mengalikan tingkat bunga rata-rata dengan saldo rata-rata pinjaman. Kemudian, auditor akan menggunakan hasilnya untuk membandingkan dengan jumlah yang dicatat oleh klien.

5. Tes Penilaian

Menghitung aset berwujud dapat memberi auditor bukti nilai. Auditor dapat mengonfirmasi jumlah peralatan atau produk tertentu untuk menentukan bahwa nilainya sesuai dengan pernyataan perusahaan.

Jika kita sudah mengetahui prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan audit, maka teknik audit dokumen seperti apa yang baik dan tepat. Audit ini membutuhkan proses yang panjang. Oleh karena itu kami buat rangkuman ke dalam video berikut ini. Simak sampai akhir karena poin ke-2 perlu anda perhatikan dalam audit Anda.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top