April 13

0 comments

Status PKP Dicabut! Kewajiban Apa Saja yang GUGUR

Apakah omzet Anda sudah di bawah PKP, namun status perusahaan Anda masih dengan status PKP? Anda merasa rugi dengan PPN yang harus di bayarkan ke pajak? Tenang, Anda bisa mencabut status PKP Anda.

Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan atau Jasa Kena Pajak (JKP) yang di kenakan pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (UU PPN) 1984 dan perubahannya.

Namun bagaimana bila omzet usaha Anda menurun di bawah tarif PKP? Pastinya sebagai Wajib Pajak, Anda dapat menghapus status sebagai PKP dengan mengajukan syarat pencabutan PKP. Terdapat tata cara dan syarat pencabutannya sebagai berikut.

Prosedur Pencabutan Status PKP

Pencabutan PKP dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu:

● Lamaran (online dan tulisan)
● Posisi

Pencabutan PKP berdasarkan lamaran atau jabatan dilakukan dengan proses verifikasi atau pemeriksaan sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan Pasal 21 ayat 3 PER-20/PJ/2013.

1. Pencabutan Status PKP Melalui Permohonan

● Online

Permohonan pencabutan PKP di lakukan dengan mengisi Formulir Pencabutan PKP pada aplikasi e-registrasi di website resmi DJP Online. Permohonan yang di ajukan pada aplikasi e-registrasi di anggap telah di tandatangani secara elektronik atau digital dan memiliki kekuatan hukum.

Kemudian PKP yang telah mengisi permohonan pencabutan PKP secara elektronik harus mengirimkan dokumen persyaratan kepada KPP terdaftar PKP, termasuk tempat tinggal dan tempat kegiatan usaha PKP. Persyaratan dokumen kemudian di unggah melalui aplikasi e-registrasi atau di kirim menggunakan surat pengantaran dokumen yang telah di tandatangani.

Apabila dokumen tersebut belum di terima oleh KPP dalam waktu 14 hari kerja setelah permohonan pencabutan PKP, maka dokumen tersebut di anggap batal demi hukum. Jika dokumen telah di terima secara lengkap, KPP akan menerbitkan tanda terima melalui email.

● Tertulis

Permohonan tertulis di lakukan dengan mengisi Formulir Pencabutan PKP dan di bubuhi tanda tangan pimpinan badan usaha dengan melampirkan dokumen wajib. Permohonan pencabutan PKP dengan syarat dapat di ajukan langsung ke KPP tempat Anda terdaftar atau melalui jasa pengiriman/POS. Kemudian setelah permohonan pencabutan PKP Anda di nyatakan lengkap, KPP akan menerbitkan Surat Tanda Terima.

2. Pencabutan Status PKP lewat Jabatan

Sama halnya dengan pencabutan status PKP melalui permohonan, pencabutan PKP jabatan di lakukan setelah melewati proses verifikasi dan hasil pemeriksaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Syarat pencabutan PKP yang menjabat adalah apabila terdapat data yang menunjukkan bahwa PKP tersebut tidak lagi memenuhi syarat sebagai Pengusaha Kena Pajak dan PKP tersebut tidak mengajukan pencabutan Pengukuhan PKP.

1. Orang Perorangan PKP meninggal dunia.
2. PKP telah berpindah alamat domisili ke wilayah KPP lain.
3. PKP Badan menghentikan kegiatan usahanya di Indonesia.

status pkp

Proses Pencabutan Pengukuhan PKP

Proses pencabutan status PKP paling lama 6 bulan sejak Bukti Penerimaan Surat di terbitkan oleh KPP. Apabila lewat waktu 6 bulan dan tidak ada kabar, maka permohonan pencabutan PKP di anggap di kabulkan. Maka keputusan yang di setujui untuk mencabut PKP tersebut berupa penerbitan surat pencabutan pengukuhan PKP paling lama 1 bulan.

Demikian penjelasan tata cara dan syarat pencabutan PKP. Namun perlu di ketahui bahwa semua proses pencabutan konfirmasi PKP tidak otomatis menghilangkan kewajiban perpajakan Anda sebagai Wajib Pajak. Bangga membayar pajak!

Selanjutnya untuk memahami lebih jauh terkait dengan perpajakan, Anda dapat belajar pada Online Course Mahir Pajak UMKM dalam 21 Hari. Belajar perpajakan menjadi lebih mudah.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SPECIAL WORKSHOP

4 Strategi Audit Internal Untuk Mencegah Kecurangan Pada Bisnis Anda

Hari
Jam
Menit
Detik