Februari 9

0 comments

Standar Operasional Prosedur Kasir Restoran Wajib Di Ketahui

Ini adalah SOP untuk kasir restoran yang sebenarnya selain melayani pembayaran – menentukan rencana manajemen dan memilih karyawan merupakan komponen penting dari perencanaan bisnis. Komponen perencanaan bisnis adalah serangkaian tindakan yang kemudian harus di lakukan untuk membangun dan menjalankan bisnis, termasuk bisnis restoran.

Mengapa komponen ini penting? Karyawan menunjukkan citra restoran Anda, terutama karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti kasir. Apakah restoran Anda memang ingin mengutamakan pelanggan atau tidak, itu bisa di lihat dari karyawan Anda.

Tidak hanya di tuntut ramah kepada pengunjung, kasir juga harus memiliki beberapa kemampuan untuk membuat pelanggan mau kembali lagi ke restoran Anda. Merupakan salah satu poin penilaian masyarakat kemudian terhadap sebuah usaha restoran.

Lalu, seperti apa SOP kasir restoran yang baik kemudian untuk bisnis Anda? Berikut tujuh skill yang harus di miliki seorang kasir restoran!

kasir

A. Memeriksa Daftar Harga Oleh Kasir

Posisi ini adalah seseorang yang bertugas menerima dan membayar uang kemudian kepada pelanggan. Sedangkan untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, arus memastikan bahwa daftar harga yang di masukkan dalam sistem sudah benar. Di sisi lain, bisa merugikan pelanggan atau Anda sebagai pemilik bisnis.

B. Mencatat Data Penjualan Oleh Kasir

Setelah restoran tutup, kasir masih memiliki tugas untuk menutup. Penutupan adalah tindakan menghitung total pendapatan yang di peroleh pada hari itu. Pertama, akan menghitung pendapatan restoran berdasarkan struk yang di milikinya. Setelah itu akan menghitung uang yang di dapatkan pada hari itu. Jika sesuai, dia bisa di katakan telah menyelesaikan SOP posisinya dalam restoran dengan baik.

C. Memberikan Pelayanan Yang Ramah

Ramah adalah salah satu kewajiban bagi seluruh karyawan restoran Anda. Namun, kasirlah yang berada di garis depan kepuasan pelanggan. Bahkan seringkali kasir menjadi pusat keluhan pelanggan. Itu sebabnya ia harus memiliki kemampuan untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf, agar pelanggan tidak segan untuk kembali ke restoran Anda.

BACA JUGA:  Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

D. Menerima Pesanan Pada Kasir

Menerima pesanan merupakan salah satu SOP posisi ini di restoran. Sebisa mungkin kasir tidak melakukan kesalahan yang akan merembet pada salah order ke staff lain. Kasir juga harus memiliki kemampuan untuk menawarkan pilihan lain kepada pelanggan jika menu yang di minta tidak tersedia atau pesanannya di anggap terlalu kecil. Kemudian pada tahap pembayaran, kasir juga harus memastikan apakah pembayaran akan di lakukan secara tunai atau non tunai

E. Memberikan informasi Yang Di Butuhkan Pelanggan Oleh Kasir

Sebagai garda terdepan, kasir harus memiliki pengetahuan yang lengkap tentang restoran Anda. Harus dapat memberikan informasi yang di minta pelanggan, kemdian baik mengenai harga makanan, bahan makanan yang digunakan, maupun rasa makanan tersebut. Jika tidak bisa menjawab pertanyaan, karena itu pelanggan cenderung meragukan kemampuan dalam mengenal restoran.

F. Membuat Laporan Penjualan

Membuat laporan penjualan adalah SOP posisi ini di restoran yang tidak bisa di hindari. Ia harus menghitung berapa banyak makanan dan minuman yang telah terjual dalam kurun waktu tertentu, baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Pada dasarnya kegiatan ini seperti pembukuan.

Jika dulu proses pembukuan di lakukan secara manual, selanjutnya, kini tersedia berbagai macam aplikasi untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran dengan lebih praktis.

G. Membershihkan dan Menata Area Kasir

Menjaga kerapihan dan kebersihan area restoran merupakan salah satu tugas penting dari kasir. Pelanggan biasanya akan memperhatikan peralatan yang tersedia di sekitar meja dan menilai citra restoran dari sana. Jika tidak di bersihkan, kemudian bagaimana dengan peralatan masaknya? Jangan sampai pelanggan kecewa karena restorannya di anggap kurang bersih ya.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik