April 8

0 comments

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

Kopi adalah minuman yang cocok untuk di minum dalam situasi apapun. Di sela-sela acara, rapat atau sekedar coffee party sepertinya menjadi teman setia. Banyak kedai kopi yang kini di desain sedemikian nyaman, agar masyarakat dapat menikmati kopi dengan nyaman sembari melakukan aktivitas lainnya. Salah satu jenis kopi yang sedang populer belakangan ini adalah Kopi Janji Jiwa.

Janji jiwa sendiri baru memasuki usia sekitar 2 tahun. Selama ini, kita bisa melihat perkembangan besar. Toko janji Jiwa dan kontainer bisa dengan mudah di temukan di setiap daerah, terutama di kota-kota besar.

Billy Kurniawan, CEO Janji Jiwa, membuka bisnis kopi pertamanya di ITC Kuningan. Berawal dari toko ini, akhirnya meledak hingga mencapai 300 gerai di berbagai kota. Filosofi bisnis Billy adalah filosofi bisnis waralaba atau Franchise.

Menurut Billy yang dapat menjadikan bisnisnya tetap eksis ditengah beragamnya jenis usaha serupa adalah identitas dari usaha itu sendiri. dikutip dari dailysocial.com Billy mengatakan bahwa dalam membangun janji jiwa yang pertama kali dilakukan adalah mencari identitas “jadi harus cari identitas dulu dan cari tahu market-nya agar tidak salah sasaran. Kopi itu butuh personal attachment, harus ada cerita di baliknya. Kalau Janji Jiwa itu tentang passion, kita mau menemani teman-teman yang sedang mengerjakan sesuatu sesuai passion mereka,”

Billy Kurniawan, CEO Janji Jiwa

Dalam menjamurnya bisnis sejenis kopi, Janji Jiwa sendiri memiliki berbagai strategi untuk mempertahankan eksistensinya. Berikut ini rumusan eksistensi janji jiwa dalam persaingan sengit tersebut.

Strategi Kopi Janji Jiwa hingga meledak 300 kedai

kopi janji jiwa

1.Benar-benar memperhatikan kualitas

Berurusan dengan minuman berbahan dasar kopi memang tidak mudah. Tidak hanya keterampilan yang di butuhkan, teori dan pengetahuan tentang kopi juga harus dikuasai dengan baik. Tentunya untuk membuat resep, di perlukan serangkaian percobaan untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna. Mengingat tidak semua orang suka dan bisa minum kopi, mereka yang tidak suka kopi bahkan bisa menikmati tantangan bagaimana membuat resep kopi.

Harapan jiwa adalah mengandalkan biji kopi Robusta dari Sumatera untuk mengolah kopinya. Dengan menggunakan biji kopi robusta, Anda akan menghasilkan kopi dengan rasa yang pas dan mencampurkannya dengan susu agar rasanya tidak seasam kopi arabika. Dengan filosofi ini, jiwa menjamin bahwa setiap orang yang minum kopi akan merasakan espresso tanpa terlalu pahit di lidah.

2. Selalu menjalin relasi yang baik dengan pelanggan

Selain menjaga kualitas kopi, salah satu cara agar Janji Jiwa tetap bersilaturahim dengan konsumen adalah dengan membuat kampanye iklan untuk para pecinta kopi dengan tagar #temansejiwa. Tag seperti Hashtag dapat meningkatkan wawasan yang di peroleh media sosial dari komitmen jiwa pribadi, sehingga menjadi nilai tambah untuk melakukan branding kepada orang lain dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

3. Membuat produk pelengkap yang disukai konsumen

Product market fit merupakan salah satu cara agar suatu perusahaan dapat di terima dan di sukai konsumen. Dalam hal ini, Janji Jiwa akan memaksimalkan panca indera dari penglihatan ke pengecap. Yang bisa Anda lihat adalah logonya. Logo yang eye-catching akan meninggalkan kesan personal pada konsumen. Logo juga harus dapat merepresentasikan identitas perusahaan, sehingga logo dan perusahaan tersebut saling berkelanjutan.

Kecuali logo pada indra perasa, hal lainnya adalah berbicara tentang rasa. Tidak bisa membujuk lidah untuk merasakan sesuatu. Resep olahan kopi menjadi kunci bagaimana konsumen menerima cita rasa kopi. Pada saat yang sama, sentuhan adalah cara pengemasan kopi. Kemasannya harus ramah dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen. Kemasannya harus semenarik mungkin, dan konsumen harus memperhatikan pembelian. Selain itu, aroma kopi akan menunjukkan seberapa tinggi kualitas kopi tersebut, dan indera penciuman harus di maksimalkan.

Setelah menyelesaikan semua strategi ini, tujuan akhirnya adalah mendengar. Semakin banyak orang berbicara tentang Janji Jiwa, maka akan dengan cepat mencapai tujuannya. Yang tidak kalah penting, kita harus mengetahui pasar tempat kita bergerak. Janji Jiwa sendiri selalu melakukan survey kecil-kecilan terkait produknya untuk mengetahui reaksi konsumen.


Tags

akuntansi, arus kas, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips


You may also like

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Masa Perputaran Piutang Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube