Juni 21

0 comments

Pentingnya SOP Saat Memulai Usaha Waralaba

Bisnis waralaba merupakan bisnis yang  banyak di geluti oleh seseorang yang ingin memulai bisnis maupun yang ingin melakukan ekspansi. Bisnis ini cukup mudah di jalankan karena mulai dari barang yang akan di jual sampai proses pembuatan bahkan sampai dengan tempat usaha di sediakan oleh si pemilik waralaba.

Kita cukup membeli lisensi waralaba tersebut kemudian kita sudah bisa memulai usaha. Contoh bisnis waralaba yang kita tahu seperti indomaret, Alfamart, Janji Jiwa dan masih banyak yang lain.

Kemudian hal penting yang tidak boleh kita lewati saat membuka bisnis waralaba adalah Sistem operasional prosedur usaha. Sistem Operasional Prosedur atau di singkat SOP adalah tata cara kinerja yang mengatur setiap aktivitas perusahaan atau usaha.

SOP penting di lakukan supaya aktivitas kegiatan usaha ter standart. Pekerjaan orang satu dengan orang yang lain hasilnya sama karena mereka berpedoman pada SOP.

Selain itu SOP ini penting untuk meningkatkan kualitas produk atau pelayanan untuk pelanggan. Dengan adanya SOP, kita dapat mengevalusasi kinerja perusahaan apakah selama ini sudah sejalan dengan tujuan atau hasil yang di harapkan si Pemilik usaha.

Banyak perusahaan merombak SOP untuk meningkatkan kualitas perusahaan karena di rasa SOP yang lama sudah tidak relevan lagi. Oleh karena itu, jika Usaha kita memiliki SOP maka kita dapat dengan mudah merubah atau meningkatkan kualitas dari usaha kita.

SOP ini juga dapat mempermudah koordinasi atau hubungan antar karyawan karena di dalam SOP di atur bagaimana karyawan satu berkoordinasi dengan karyawan lain. Sehingga terjadinya kesalahan karena miskomunikasi dapat di hindari sehingga operasional perusahaan dapat berjalan optimal.

Keuntungan Memiliki SOP Waralaba Yang Kuat

Inilah keuntungan yang di dapat jika bisnis waralaba anda menggunakan Sistem Operasional Prosedur:

BACA JUGA:  Tips dan Cara Menentukan Harga Jual Yang Tepat Di Usaha Manufaktur

1. Menjadi Standar Kinerja.

Adanya SOP mampu memberikan standar bagi seluruh karyawan untuk menyelesaikan setiap tugas atau pekerjaan yang akan di lakukan sehingga karyawan dapat memberikan kinerja yang baik sesuai dengan peraturan perusahaan.

2. Semua Karyawan Menjadi Lebih Tertib dan Mandiri.

Seluruh karyawan akan lebih tertib karena tatacara pekerjaan sudah tercantum jelas dalam SOP bahkan mereka hanya di ajari sekali selanjutnya mereka dapat belajar sendiri mengikuti petunjuk pedoman SOP tersebut. Sehingga perusahaan tidak perlu terus menerus melatih karyawan karena karyawan sudah dapat belajar secara mandiri.

3. Meningkatkan Akuntabilitas pelaksanaan tugas dan pekerjaan

Karyawan akan berlomba –lomba untuk bekerja sesuai aturan tanpa melanggar peraturan perusahaan tanpa melanggar peraturan pekerjaan untuk mendapat penghargaan maupun kenaikan pangkat. Sehingga dengan itu, akuntabilitas akan lebih meningkat.

4. Membantu menunjukkan bahwa perusahaan sudah dikelola dengan baik.

Adanya SOP membuat seluruh karyawan bekerja dengan teratur dan tertib. Tentunya ini akan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki manajemen yang baik sehingga di mata rekanan lebih mudah di percaya karena sudah memiliki sistem yang baik.

5. Membantu Keterbukaan Informasi

SOP akan memberikan informasi keselamatan, kesehatan, lingkungan bahkan operasional perusahaan yang membantu untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Sehingga seluruh karyawan tidak ragu-ragu dalam pekerja karena karyawan di jamin keselamatannya. Jadinya dengan adanya SOP sudah menunjukkan keterbukaan perusahaan ke seluruh karyawan.

6. Mempermudah bisnis waralaba ketika akan melakukan ekspansi usaha.

Perusahaan tidak akan bingung ketika akan melakukan ekspansi atau membuka cabang baru. Kenapa ? karena perusahaan sudah memiliki fondasi yang kuat yaitu dengan adanya SOP. Perusahaan menjiplak SOP yang sudah ada lalu kemudian di terapkan ke unit usaha baru.

BACA JUGA:  Bagaimana Penyelarasan Strategi Bisnis, Strategi Sistem Informasi, dan Strategi Teknologi Informasi Guna Menciptakan Value Added Perusahaan
waralaba

SOP yang Perlu Anda Ketahui

Adapun fungsi SOP yang perlu di ketahui:

  1. Menjadi dasar hukum yang kuat jika terjadi sesuatu yang menyimpang dalam pekerjaan.
  2. Memberikan pengetahuan tentang hambatan yang mungkin terjadi pada setiap karyawannya.
  3. Membantu memberikan arahan kepada karyawannya untuk saling menjaga kedisiplinan saat bekerja.
  4. Pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin dalam suatu pekerjaan terkait.

Resiko Jika Tidak Memiliki SOP yang Kuat

Nah, bagaimana kalau usaha waralaba tidak ada ? tentunya banyak kerugian yang bakal kita alami jika bisnis tidak memiliki SOP.

1. Kualitas pelayanan atau product tidak sama

Karena tidak ada standar yang mengatur, maka karyawan akan bekerja semaunya akhirnya hasilnya pun akan jauh dari harapan. Kualitas pelayanan atau product akan turun sehingga banyak pelanggan yang komplain.

2. Alur kerja yang tidak beraturan.

Dengan tidak adanya SOP maka karyawan akan bekerja sembarangan tidak ada pengawasan. Bahkan karena hal ini dapat berdampak turnover karyawan yang tinggi karena tidak adanya panduan dalam bekerja.

3. Celah karyawan melakukan kecurangan atau penggelapan.

Tidak adanya SOP akan menjadi celah karyawan melakukan kecurangan yang dapat merugikan perusahaan. Sulitnya dalam mendeteksi kecurangan karena tidak ada alur yang jelas dapat memberi kesempatan karyawan untuk melakukan tindakan kecurangan yang akan berdampak keberlangsungan hidup perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itu penting sekali menerapkan SOP untuk menjaga kelangsungan usaha dan meningkatkan kinerja perusahaan.


Tags

akuntansi, arus kas, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips


You may also like

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top