Juli 21

0 comments

Pentingnya Mengenal Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan

Apa itu struktur organisasi perusahaan? Pada dasarnya, setiap perusahaan membutuhkan struktur organisasi yang jelas untuk mendukung jalur koordinasi dan komunikasi antar rekan kerja.

Struktur organisasi perusahaan juga memegang peranan penting dalam pembagian peran dan pembagian kerja. Sangat berfungsi dan bermanfaat untuk mendefinisikan hierarki dalam perusahaan.

Struktur ini menggambarkan kedudukan, tanggung jawab, hak, dan kewajiban setiap karyawan dalam perusahaan. Dalam membangun usaha atau bisnis apapun itu, penting bagi Anda untuk memahaminya.

Pembahasan mengenai hal tersebut akan kami bahas dalam artikel ini agar Anda bisa mendapatkan pemahaman yang komprehensif. Langsung saja, yuk simak informasi selengkapnya mengenai di bawah ini!

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Pentingnya Mengenal Apa Itu Struktur Organisasi Perusahaan

Secara garis besar struktur organisasi perusahaan adalah suatu tingkatan atau susunan yang memuat pembagian tugas dan peran individu berdasarkan kedudukannya dalam perusahaan.

Umumnya tersusun dalam bentuk bagan atau garis hierarkis dan berisi uraian dari setiap komponen perusahaan.

Dengan terbentuknya bagan perusahaan, setiap Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan Anda memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan perusahaan dalam membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing individu dalam menjalankan perusahaan atau bisnis.

Bagan organisasi membantu perusahaan untuk menempatkan individu-individu yang potensial dan kompeten sesuai dengan bidang dan keahliannya.

Perusahaan yang sukses umumnya memiliki bagan organisasi yang terorganisir dan jelas, artinya sesuai dengan fungsinya.

Dengan begitu, roda perusahaan berjalan dengan baik dan berpotensi untuk berkembang dan mencapai visi atau tujuan perusahaan.

Fungsi Struktur Organisasi Pada Perusahaan

Lantas, seberapa pentingkah struktur organisasi dalam sebuah perusahaan? Jawabannya tentu sangat penting, karena berfungsi sebagai pedoman bagi manajemen perusahaan untuk menyusun strategi dan mencapai target. Tanpa bagan organisasi yang jelas, perusahaan akan sulit berkembang.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Barang Yang Tidak Laku dan Expired

Dengan demikian, fungsinya terdiri dari poin-poin berikut:

1. Menggambarkan Peran Setiap Individu di Perusahaan

Setiap individu dalam suatu perusahaan, dalam hal ini seorang karyawan tentunya memiliki peran dan tanggung jawab.

Jabatan yang diberikan juga harus sesuai dengan keahlian dan potensi masing-masing pegawai.

Di balik jabatan yang diberikan, terdapat kewajiban dan wewenang yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan.

2. Mengklarifikasi Alur Hubungan Kinerja

Struktur organisasi juga berfungsi agar setiap pegawai mengetahui alur hubungan kinerja dengan jelas.

Mulai dari batasan tanggung jawab masing-masing jabatan hingga waktu, cara, dan orang yang tepat untuk berkolaborasi guna memperlancar pelaksanaan kinerja.

3. Menjelaskan Deskripsi Pekerjaan

Jika tugas masing-masing komponen dirinci dengan deskripsi yang jelas, tentu akan membantu karyawan dan atasan untuk mencapai tujuan.

Karyawan dapat lebih mudah merumuskan strategi dan berkolaborasi karena dapat fokus dan berkonsentrasi pada bidang yang sesuai dengan keahliannya.

Sementara itu, atasan dapat lebih mudah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kinerja karyawan.

Manfaat Struktur Organisasi Untuk Perusahaan

Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak semua perusahaan menerapkan atau bahkan memiliki struktur organisasi.

Jika perusahaan Anda adalah salah satu yang belum menerapkannya, cobalah untuk mempertimbangkan kembali karena ada banyak manfaat untuk menerapkan bagan organisasi di dalam perusahaan.

Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama

Perusahaan yang menerapkan struktur organisasi yang baik tentunya akan membantu meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar karyawan. Hal ini membuat pembagian kerja lebih mudah dan tepat sasaran, sekaligus menghindari duplikasi pekerjaan.

2. Sistem operasional menjadi lebih efisien

Penerapkan struktur organisasi yang baik, membuat sistem operasional dan segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan lebih efisien. Sebab, di dalam bagan organisasi terdapat penjelasan tugas masing-masing individu yang secara tidak langsung dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan.

BACA JUGA:  Tips Menaikan Penjualan Baju Lebaran Diluar Musim Ramadhan
3. Meningkatkan produktivitas setiap individu

Jika struktur organisasi beserta uraian dan pedomannya tersampaikan dengan baik kepada setiap individu, bukan tidak mungkin tingkat kepercayaannya akan meningkat. Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan akan membawa hasil yang lebih baik dan lebih produktif.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bagan organisasi perusahaan dan tugasnya sangat penting dalam sebuah perusahaan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh tentang struktur perusahaan, bagan organisasi perusahaan, gambar struktur organisasi perusahaan, dan contoh struktur organisasi perusahaan kecil, serta berbagai informasi terkait perusahaan.


Tags

akuntansi, arus kas, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top