Juni 10

0 comments

Pentingnya Cash Flow untuk Melihat Kondisi Aktual Perusahaan

Dalam dunia bisnis, arus kas sangat penting untuk di perhatikan oleh seorang pebisnis. Karena arus kas atau cash flow merupakan sinyal langsung, yang memberikan gambaran bagi seorang pebisnis mengenai kesehatan usahanya.

Arus kas merupakan bagian dari alur kerja bisnis yang juga menjadi salah satu kunci, baik untuk kemajuan maupun bahan bakar utama sebuah bisnis. Lalu seberapa pentingkah arus kas untuk perusahaan Anda? Tonton video berikut ini.

https://youtu.be/LT2jsDgFVpE

Arus Kas atau cash flow secara sederhana dapat di definisikan sebagai aliran uang masuk atau keluar. Hal utama tentang arus kas adalah uang masuk dan keluar. Uang masuk disebut arus kas masuk dan uang keluar disebut arus kas keluar.

Uang masuk atau sumber pendapatan di peroleh dari banyak hal, seperti laba usaha, hasil investasi, dan lain sebagainya. Sedangkan pengeluaran uang digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya membayar pegawai, memenuhi kebutuhan pokok, membayar pajak, cicilan pinjaman, dan sejenisnya.

Jika jumlah uang yang masuk atau pendapatan lebih besar, maka laporan keuangan menunjukkan arus kas yang positif. Begitu juga sebaliknya, jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka dapat di pastikan arus kasnya negatif. Pastikan pasak tidak lebih besar dari tiang, oke?

Seberapa Penting Cash Flow?

Berbicara tentang arus kas, Anda pasti di hadapkan dengan laporan keuangan. Di mana laporan keuangan merupakan laporan yang harus anda pelajari untuk mengetahui perkembangan bisnis anda. Dengan jenis-jenis laporan keuangan, Anda dapat dengan jelas memahami apakah bisnis tersebut maju atau tidak. Lalu seberapa penting arus kas?

Arus kas itu sendiri seperti bahan bakar dalam bisnis. Anda wajib memantau arus kas yang ada jika ingin bisnis tetap berjalan, berkembang dan maju. Arus kas juga dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis lebih dalam suatu produk atau jasa dalam suatu bisnis.

BACA JUGA:  Arti Budget dan Strategi Budgeting Yang Efisien

Dalam arti, pemilik bisnis dapat mengetahui produk/jasa mana yang memberikan potensi keuntungan lebih besar bagi bisnisnya. Dari penjelasan di atas, jelas bahwa arus kas memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah roda bisnis.

cash flow

Manfaat Laporan Arus Kas

Anda sudah bisa membayangkan betapa pentingnya peran arus kas dalam sebuah bisnis, bukan? Sekarang penting juga bagi Anda untuk memahami tentang laporan arus kas. Ada beberapa manfaat laporan arus kas yang bisa Anda pelajari, yang bermanfaat tidak hanya bagi Anda sebagai pemilik bisnis. Laporan ini juga dapat membantu investor, kreditur dan pihak terkait dalam menilai hal-hal sebagai berikut:

Melihat kemampuan perusahaan dalam aspek operasional.

Laporan arus kas membantu Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang kemampuan perusahaan dalam membayar aspek operasional seperti membayar kewajiban perusahaan (membayar gaji karyawan), dan membayar deviden.

Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan arus kas.

Laporan arus kas juga membantu perusahaan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menghasilkan arus kas. Untuk itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki laporan guna mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan arus kas.

Menunjukkan penyebab perbedaan sumber dana, antara laba bersih & arus kas bersih dari kegiatan operasional.

Laporan arus kas menunjukkan sejumlah informasi terkait penyebab penurunan laba bersih dan lain-lain.

Mengetahui laba bersih.

Laba bersih dapat di lihat dari arus kas masuk dan keluar. Laporan kas menyajikan banyak hal, terutama tentang pendapatan dan pengeluaran. Dengan demikian, kita dapat mengetahui laba bersih perusahaan. Jadi, laba suatu perusahaan dapat di ketahui melalui laba bersih pada periode tertentu.

Dari tujuan dan manfaat laporan kas di atas, kita dapat mengetahui tentang pentingnya laporan arus kas dalam suatu perusahaan. Pada intinya laporan-laporan tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui tentang kondisi suatu perusahaan. Setelah itu, penting bagi kita untuk menyusun langkah ke depan.

BACA JUGA:  Proyeksikan Laba Rugi Sebagai Strategi Keuangan Usaha Saat Krisis

Dengan itu, kita bisa mendapatkan pengaturan langkah yang tepat untuk kemajuan perusahaan kita. Itulah pentingnya laporan kas yang dapat membantu kita dalam menganalisa kondisi perusahaan kita dan menyusun langkah-langkah yang ada berdasarkan laporan tersebut.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top