Juni 17

0 comments

Penting! Alasan Kenapa Diperlukan SOP Kerja dalam Perusahaan

Di dunia bisnis, tentunya dibutuhkan sebuah acuan efektif untuk menyelaraskan sistem dalam bekerja sehingga visi dan misi sebuah perusahaan dapat tercapai. Acuan tersebut dikenal dengan sebutan SOP (Standar Operasional Prosedur). Pada Artikel kali ini, kita akan membahas alasan kenapa diperlukan SOP kerja dalam perusahaan.

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui peran SOP Kerja dalam sebuah perusahaan, khususnya untuk membantu proses perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri. Selain hal tersebut, kita juga perlu tau manfaat dari SOP Kerja itu sendiri. Yang mana mungkin bahkan sebagian besar orang masih belum mengetahui manfaat dari SOP Kerja tersebut.

Pengertian SOP Kerja

Menurut Sailendra (2015), SOP Kerja merupakan sebuah panduan yang bertujuan memastikan pekerjaan dan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Sejalan dengan definisi tersebut, Tjipto Atmoko (2011) mengartikan SOP Kerja sebagai suatu pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non – pemerintah, usaha maupun non – usaha, berdasarkan indikator – indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Jika di tarik kesimpulan, SOP Kerja adalah suatu panduan atau prosedur kerja sistematis yang bertujuan untuk menciptakan standardisasi guna memudahkan para pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan.

Jenis-Jenis SOP Kerja dalam Perusahaan

SOP Kerja dalam perusahaan terbagi menjadi tiga yaitu berdasarkan kegiatan, berdasarkan cangkupan, dan berdasarkan besar kegiatan.

A. SOP Berdasarkan Kegiatan:

1. Administratif

SOP Kerja ini menjadi salah satu prosedur standar yang sifatnya umum dan tidak rinci, dari kegiatan yang bisa di lakukan lebih dari satu orang atau pelaksanaannya lebih dari satu jabatan.

2. Teknis

SOP Kerja ini menjadi prosedur standar yang rinci dari setiap kegiatannya, kegiatan ini dapat di lakukan oleh salah satu orang atau peran dalam jabatannya. 

BACA JUGA:  Jarang Pengusaha Tahu! Ketahui Apa Itu Aset Tetap

B. SOP Berdasarkan Cangkupan:

1. Spesifik

Seperti namanya SOP Kerja ini lebih khusus yang di liat berdasarkan sifat dan kegiatannya yang memiliki perbedaan dari berbagai kegiatan yang di laksanakan pada tahapan kegiatan, pelaksanaan, sampai dengan tempat SOP Kerja di terapkan.

2. Generik

Pada umumnya SOP ini di lihat berdasarkan sifat dan muatan kegiatannya yang memiliki kesamaan dari berbagai kegiatan ataupun tahapan kegiatan pelaksanaannya.

C. SOP Berdasarkan Besaran Kegiatan:

1. Mikro

SOP Mikro yang kegiatannya menjadi bagian dari kegiatan SOP makro yang tentunya cangkupannya lebih besar.

2. Makro

SOP Makro mencangkup dari beberapa SOP mikro yang mencerminkan bagian dari berbagai kegiatan atau bisa di sebut suatu integrasi dari beberapa SOP mikro yang membentuk kegiatan tersebut.

Fungsi SOP Kerja dalam Perusahaan

Dalam pembuatannya sendiri, SOP Kerja memiliki beberapa fungsi. Setidaknya SOP perusahaan ini adalah pedoman yang harus di taati semua pihak. Coba kamu bayangkan jika sebuah perusahaan tidak memiliki SOP. Maka, setiap ada karyawan baru, karyawan tersebut akan bingung tentang apa yang harus mereka kerjakan.

Inilah salah satu fungsi dari adanya standar aturan ini. SOP yang sudah ada akan menjadi panduan bagi tiap karyawan untuk melaksanakan tugasnya. Begitu juga ketika ada karyawan baru, maka karyawan lama tidak perlu repot menjelaskan banyak hal tentang budaya kerja.

1. SOP Kerja Membantu mendisiplinkan seluruh jajaran Perusahaan

Penerapannya tentu saja bisa membantu membawa seluruh jajaran perusahaan ke arah yang positif untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja. Misalnya, karyawan tidak boleh datang terlambat ke kantor atau keluar jam kerja kantor tidak pada waktunya, karena peraturan mengenai itu sudah tercantum dalam SOP.

BACA JUGA:  Menentukan Strategi Bisnis Melalui Laporan Posisi Keuangan

Bagi yang melanggar, biasanya akan di kenakan sanksi sesuai kebijakan yang sudah di sepakati oleh masing – masing perusahaan.

2. SOP Kerja Mendeteksi hambatan – hambatan yang sedang atau akan dialami oleh Karyawan

Dengan adanya SOP, perusahaan dapat mengantisipasi hal tak terduga dalam menjalankan perusahaan, termasuk hambatan yang sedang atau akan di alami oleh karyawan. Jika hambatan sudah di ketahui, maka perusahaan dapat mencari jalan keluar untuk memecahkan hambatan tersebut.

3. SOP Kerja Memudahkan pekerjaan

Tidak bisa di bantah, hal ini akan sangat membantu kegiatan operasional perusahaan dan mempermudah karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan SOP, seluruh aktivitas perusahaan menjadi teratur dan tertib. Para karyawan tahu apa tugasnya, apa yang tidak boleh di lakukannya, dan apa yang harus di lakukannya. 

4. SOP Kerja Sebagai pedoman dan landasan hukum

Penerapan standar ini dapat berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang akan di hadapi oleh perusahaan, sekaligus acuan untuk melaksanakan pekerjaan.

Selain itu, SOP juga dapat di gunakan sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

sop kerja

Manfaat SOP

SOP sendiri merupakan satu hal yang wajib perusahaan miliki. Dalam hal ini karena panduan dan pedoman ini sendiri memiliki banyak manfaat. Manfaat utamanya tentu untuk memberikan panduan secara tertulis tentang apa yang harus karyawan lakukan. Selain itu, manfaat lain dari SOP perusahaan adalah:

1. Memberikan Aturan yang Jelas

Dengan adanya SOP, maka hal tersebut secara tidak langsung juga menjadi aturan yang harus semua pihak ikuti. Setiap pihak yang terkait dengan pedoman tersebut harus menjadikannya sebagai aturan.

Nantinya, di dalam pedoman tersebut akan terdapat aturan tentang pihak yang tidak mengikuti panduan dan pedoman tersebut dengan baik. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan terdapat aturan yang mewajibkan semua karyawan memasuki kantor jam 8 pagi.

BACA JUGA:  Pentingnya Jasa Konsultasi Keuangan

Ketika ada karyawan yang masuk kekantor lebih dari jam 8 pagi, maka aturan SOP tersebut juga akan mengatur tentang hukuman apa yang akan karyawan tersebut dapatkan. Dalam hal ini, maka pedoman ini juga akan bermanfaat sebagai pemberi aturan yang jelas.

2. Meningkatkan Reputasi

SOP merupakan salah satu ciri dari keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Di mata customer / klien, perusahaan yang memiliki aturan dengan jelas maka akan di anggap tahu apa yang mereka kerjakan dan bagaimana harus mengerjakannya.

Dalam hal ini maka salah satu manfaat dari SOP adalah meningkatkan reputasi atau nama baik dari perusahaan itu sendiri. Ketika perusahaan tersebut menjalankan aturan yang ada dengan baik maka penilaian dari customer / klien pun akan baik.

3. Menjaga Ciri Khas Perusahaan

Manfaat lain dari penerapan SOP adalah bisa menjaga ciri khas perusahaan. SOP perusahaan adalah panduan yang harus seluruh karyawan ikuti. Dengan adanya paduan ini maka siapapun yang mengerjakan, akan menghasilkan produk dengan kualitas dan standar yang sama. Hal ini karena tiap karyawan tidak akan bekerja selamanya.

Maka, dengan adanya SOP perusahaan, maka harapannya ketika ada pergantian karyawan maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas dari produk itu sendiri. Semoga informasi di atas bisa membantu anda mengetahuigambaran terkait Pentingnya SOP Kerja dalam Perusahaan. Apabila ada yang ingin di tanyakan, silahkan tulis di kolom komentar dan share jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, pajak


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top