September 15

0 comments

Peluang Bisnis Mainan Edukatif Ternyata Menguntungkan Lho!

Bisnis mainan edukatif sepertinya menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk digeluti saat ini. Pasalnya, banyak orang tua yang mulai menyadari betapa pentingnya mainan yang mereka berikan untuk tumbuh kembang kecerdasan anaknya.

Mainan edukatif ini menjadi sebagai salah satu solusi terbaik untuk kecemasan orang tua. Selain bisa bermain, mainan anak mampu meningkatkan kerja otak yang juga berguna untuk mengasah kecerdasannya. Karena mainan ini memang sengaja untuk melatih otak anak yang memainkannya.

Selama ini usaha mainan anak edukatif menggunakan kayu sebagai bahan utama. Bahan ini biasa bernama dengan MDF yang merupakan jenis kayu lapis namun memiliki tekstur yang lebih halus karena terbuat dari serbuk kayu.

Serbuk kayu tersebut kemudian berbentuk sesuai desain atau design yang telah ada, kemudian lanjut dengan proses finishing yaitu mengecat menggunakan cat khusus yang tentunya memiliki bahan yang aman untuk anak-anak. Di antara mainan anak edukatif yang sudah beredar, beberapa di antaranya memiliki desain menarik yang banyak penggemarnya suka.

Tips Memulai Bisnis Mainan Edukasi Anak

Sebelum memulai bisnis mainan anak edukatif, tentunya Anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu sebagai persiapan. Selain itu, agar bisnis yang Anda bangun dapat berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menyiapkan strategi dan manajemen yang baik dan matang.

Ada beberapa tips sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini, antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan survei; Anda harus melakukan survei dan mengumpulkan berbagai informasi tentang jenis bisnis ini, termasuk tren pasar dan jenis produk apa yang paling banyak orang cari.
  • Tentukan pasar yang akan menjadi target Anda. Bisnis ini biasanya lebih menyasar pasangan muda yang masih memiliki anak kecil.
  • Menentukan lokasi penjualan; Lokasi paling strategis biasanya di sekitar playgroup, taman kanak-kanak, taman kota atau mungkin sekolah dasar. Anda juga bisa menjadikan lokasi wisata sebagai tempat menjalankan bisnis Anda.
  • Tips terakhir untuk membuka bisnis mainan edukatif adalah memilih pemasok dengan bijak; Sebisa mungkin cari supplier yang bisa menyediakan barang berkualitas dengan harga terjangkau.
BACA JUGA:  Cara Membuat Business Plan Menggunakan Business Model Canvas

Pemasaran Mainan Edukasi Anak

Peluang Bisnis Mainan Edukatif Ternyata Menguntungkan Lho!

Jika Anda masih dalam tahap memulai bisnis dan terkendala masalah permodalan, maka strategi pemasaran yang paling efektif adalah melalui internet. Beberapa media online yang dapat berfungsi untuk pemasaran produk mainan anak edukatif ini adalah:

  • Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dan lainnya)
  • Media Sosial (Instagram, Facebook, Pinterest, Twitter, dll)
  • Untuk jangka panjang tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat toko online sendiri nantinya.

Selain menggunakan internet, kita juga bisa memasarkan mainan edukatif ini ke sekolah-sekolah, seperti taman kanak-kanak, taman bermain, dan sekolah dasar. Mainan edukatif anak ini tentunya sangat cocok untuk dipasarkan di sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan pihak sekolah.

Keuntungan menjual mainan anak

Banyak yang bilang, jika ingin cepat untung, sebaiknya berbisnis mainan anak. Meski di era digital, persaingan pasar mainan fisik dan online sangat kompetitif, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat pasar mainan anak.

Selain memiliki peluang yang besar, ada beberapa keuntungan jika Anda memilih untuk menjual mainan anak, antara lain:

1. Produk tahan lama

Salah satu keuntungan nyata dari bisnis ini adalah produk yang diperdagangkan tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

Artinya, tingkat risiko kerugiannya sangat kecil bahkan nol persen. Jika dibandingkan dengan bisnis makanan yang memiliki batasan penggunaan, penjualan mainan anak memiliki kekuatan di sini.

2. Modal kecil

Nah, ini menjadi daya tarik lain untuk bisnis mainan anak. Modal kecil. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membeli di distributor mainan anak. Dengan membeli langsung dari distributor, harga yang Anda dapatkan jauh di bawah pasaran.

Selain itu, tersedia juga paket bisnis mainan anak. Beberapa marketplace besar menjual paket bisnis mainan anak mulai dari Rp. 200 ribu, kamu bisa mendapatkan beberapa paket mainan. Murah kan? Istilahnya modal sekali, untung setiap hari.

BACA JUGA:  Rahasia Membangun Sistem Bisnis Franchise Dari Nol
3. Pangsa pasar yang luas

Bisnis mainan anak memiliki pangsa pasar yang luas. Pangsa pasar yang luas tentu saja menjanjikan peluang yang besar pula.

Selain jumlah anak di Indonesia yang sangat tinggi, usia, jenis kelamin, dan kategori mainan merupakan pasar tersendiri. Jadi, Anda bisa memperkirakan target pasar mana yang akan dibidik.

Menjual mainan anak bisa menjadi bisnis yang tak lekang oleh waktu. Ada banyak kategori dan jenis mainan anak yang bisa dijual dan laris manis di pasaran. Hanya saja untuk mencapai hal tersebut perlu dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Demikian penjelasan singkat tentang peluang bisnis mainan anak edukatif yang menguntungkan, tips memulai bisnis dan memilih mainan edukasi untuk dijual, serta tips pemasaran. Semoga bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top