September 21

0 comments

Manufaktur Wajib Membuat Bill Of Material Sebelum Produksi!

Proses produksi di perusahaan selalu membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan ini meliputi proses pendataan bahan baku, proses kerja di produksi, hingga perbaikan proses. Bill of material dalam hal ini akan memainkan peran yang sangat besar.

Tapi apa itu bill of material? Apakah ini semacam dokumen yang berisi apa yang akan butuh, spesifikasi dan detail lainnya dalam produksi?

Secara sederhana, dokumen ini akan berisi data bahan yang akan perlu, bahan baku, cara membuatnya, hingga revisi saat proses berjalan. Ada beberapa jenis bill of material atau BOM yang terpakai, dengan mengacu pada fungsinya. Tentunya dokumen ini juga memiliki banyak manfaat bagi perusahaan.

Untuk mengetahui detailnya satu per satu, mari kita simak arti dari dokumen ini.

Apa itu Bill Of Material?

Manufaktur Wajib Membuat Bill Of Material Sebelum Produksi!

Bill of Materials (BOM) adalah daftar lengkap semua item yang perusahaan butuhkan untuk membangun suatu produk. Tapi, ini lebih dari sekedar daftar belanjaan. Daftar bahan, atau Bill of Materials adalah daftar semua persyaratan produksi dan perakitan suatu barang.

Misalnya pembuat roti mungkin memasukkan bahan baku seperti tepung roti, tetapi juga infrastruktur yang perlu, seperti mesin pengaduk adonan dan oven di Bill Of Materials.

Selain itu, instruksi tentang bagaimana tepatnya produksi dan perakitan harus bekerja juga merupakan bagian dari BOM. Daftar bahan yang berguna dalam semua bentuk produksi dan perakitan: Perakitan Untuk Persediaan, Perakitan Sesuai Pesanan, Terbuat Sesuai Persediaan, dan Pembuatan Sesuai Pesanan.

Tagihan bahan biasanya muncul dalam format hierarkis, dengan tingkat tertinggi menunjukkan produk jadi dan tingkat yang lebih rendah menunjukkan komponen dan bahan individu.

Pada intinya, ini adalah daftar lengkap semua item yang berguna untuk membangun suatu produk.

BACA JUGA:  Tips & Trik Penataan Produk yang Efektif di Perusahaan Retail

Manfaat Utama Dari Bill Of Material

Manfaat utama pembuatan dokumen ini sebenarnya ada pada departemen atau bagian yang berhubungan langsung dengan hal-hal produksi. Secara detail, berikut manfaat yang bisa terasa.

  • Membantu perusahaan dalam mengontrol proses produksi. Dengan menetapkan daftar bahan-bahan tertentu untuk menyusun suatu produk, baik mentah maupun campuran, proses produksi dapat terkendali dan sesuai dengan rencana semula.
  • Mengukur kapasitas produksi perusahaan. Kapasitas produksi perusahaan tentu memiliki batasan-batasan tertentu. Berdasarkan dokumen ini, Anda dapat mengetahui secara pasti jumlah kapasitas produksi, serta pesanan produk yang dapat tergabung dalam proses produksi untuk efisiensi.
  • Dokumen ini dapat menjadi acuan pertimbangan dan peramalan atas barang yang keluar masuk gudang, serta transaksi produksi dalam jangka waktu yang telah terjadwal.
  • Acuan pertimbangan penambahan SDM, peralatan, dan peningkatan stok yang sudah terbeli, dalam rangka pengembangan kapasitas produksi perusahaan. Selain itu, material dalam BOM juga dapat menjadi penyeimbang dalam hal efektifitas distribusi bahan baku dan bahan jadi.
  • Memastikan jumlah bahan yang tepat untuk produksi, sehingga risiko kekurangan bahan dalam proses dapat berkurang seminimal mungkin.

Secara praktis, BOM sebenarnya memiliki fungsi mendasar dalam proses produksi pada khususnya, dan operasional perusahaan pada umumnya. Dengan dokumen ini, dan menggunakan metode dan data yang tepat, proses yang harus berjalan dapat benar-benar optimal dan berfungsi secara optimal.

Jenis-Jenis Bill Of Material

Bill of Materials berguna di hampir semua bidang yang berhubungan dengan produksi. Karena penggunaan yang berkepanjangan, ada dua aktivitas yang terbuat dengan versi BOM yang berbeda.

Dua jenis yang paling penting adalah: Engineering Bill Of Materials (EBOM) dan Manufacturing Bill Of Materials (MBOM) atau daftar bahan yang diproduksi. Seperti namanya, daftar bahan ini terancang khusus untuk tahap desain dan produksi item.

BACA JUGA:  3 Kunci Sukses Franchise Teh Poci Membangun Sistem
1. Engineering Bill Of Material (EBOM)

Engineering Bill Of Materials (EBOM) mendefinisikan produk jadi seperti yang awalnya terancang. Ini daftar item, bagian, komponen, subassemblies, dan rakitan dalam produk seperti yang terancang oleh rekayasa.

EBOM sering insinyur buat produk berdasarkan gambar CAD. Untuk produk jadi, lebih dari satu EBOM dapat terbuat.

2. Manufacturing Bill Of Material (MBOM)

Jenis BOM ini adalah kumpulan dokumen yang memiliki semua informasi terkait perakitan yang berguna untuk menyelesaikan dan mengirimkan produk. Ini mencakup hal-hal seperti bahan kemasan seperti kotak, panduan memulai cepat, CD, atau barang terkait lainnya yang melengkapi kemasan barang tertentu.

Tips Membuat Bill Of Material

Beberapa indikator yang harus paham saat membuat Bill Of Material adalah sebagai berikut:

  • Menentukan jenis bill of material sesuai dengan produk yang akan terbuat.
  • Data valid yang jadi acuan dalam pembentukan BOM.
  • Memahami dan menguasai sistem atau aplikasi yang berguna untuk penagihan bahan (contoh aplikasi: SAAP, IFS, aplikasi berbasis web, dll).
  • Menentukan penomoran bukan kode suatu barang atau gambar, biasanya setiap perusahaan memiliki format khusus dalam penomoran kode barang.
  • Kuasai struktur level komponen/item sebelum terbentuk.
  • Kuasai proses-proses yang terdapat dalam sebuah komponen. (contoh: proses pengelasan, proses pengecatan, proses pemesinan dan lain-lain)
  • Menentukan dan mengidentifikasi barang/barang sesuai fungsinya (misalnya barang dibeli atau tidak dibeli, barang perlu diolah atau tidak diproses dan lain-lain).
  • Validasi setelah dibentuk dengan pengecekan.
  • Pemeriksaan berkala untuk memastikan bill of material sudah benar.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Bill of Material, terutama penerapannya di perusahaan manufaktur. Semoga bermanfaat!


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, kena pajak, keuangan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top