November 30

0 comments

Manfaat Manajemen Strategis Yang Belum Pengusaha Tahu!

Ketika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Nah, keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan lebih cepat dengan menerapkan manfaat manajemen strategis dalam jangka panjang.

Lantas, apa itu manajemen strategis, hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam membuat manajemen strategis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang manajemen strategis di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Manajemen Strategis?

Secara sederhana, manajemen stratejik memiliki arti yaitu suatu proses yang dilakukan untuk mengambil keputusan-keputusan penting. Keputusan penting ini dibuat untuk menentukan langkah apa yang harus diambil perusahaan dalam jangka panjang.

Proses pengambilan keputusan ini harus melalui serangkaian tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap akhir yaitu evaluasi. Seluruh rangkaian tahapan tersebut merupakan proses pengambilan keputusan dasar dan setiap perusahaan harus menyesuaikan kembali dengan kebutuhannya untuk dapat menentukan strategi yang tepat dan efektif.

Keuntungan Manajemen Strategis Bagi Perusahaan

Manfaat Manajemen Strategis Yang Belum Pengusaha Tahu!

Bagi perusahaan, banyak yang dapat dirasakan apabila menerapkan manfaat manajemen strategis dengan baik, yaitu:

  • Memberikan keunggulan yang tinggi dibandingkan kompetitor karena sifatnya yang proaktif, sehingga mampu merespon dan menyadari perubahan pasar dengan cepat.
  • Menjaga agar tujuan perusahaan tetap dapat dicapai dengan proses yang jelas dan dinamis dalam merancang strategi dan menerapkannya
  • Membantu kinerja perusahaan yang mengarah pada pengembangan berkelanjutan.
  • Menciptakan tim yang kohesif dengan menerapkan komunikasi dan menerapkan strategi bersama menuju tujuan perusahaan.
  • Menerapkan strategi yang dapat membantu manajemen perusahaan untuk lebih mengetahui tren dan tantangan industri, sehingga di masa mendatang dapat lebih siap untuk menjawab tantangan di masa depan.

Apa Manfaat Manajemen Strategis dalam Bisnis?

Berikut ini, setidaknya ada 3 manfaat manajemen strategis bagi bisnis yang wajib Anda pahami, yaitu:

BACA JUGA:  Tugas Penting Personalia Dalam Kegiatan Operasional Bisnis

1. Membantu Memecahkan Masalah

Manfaat manajemen strategis yang pertama bagi bisnis adalah untuk membantu menemukan solusi atau memecahkan masalah yang bisnis hadapi. Proses pengambilan keputusan yang manajemen lakukan sangat krusial dalam menentukan langkah apa yang harus berjalan ketika bisnis menghadapi krisis.

Setiap bisnis pasti akan menghadapi masalah yang tidak terduga. Oleh karena itu, manajemen strategis berguna untuk mencari solusi atas masalah yang sedang berlangsung atau mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi di masa mendatang.

2. Menyusun Strategi Penjualan yang Tepat dan Efektif

Bagaimana sebuah bisnis dapat memutuskan strategi apa yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka? Ya, jawabannya adalah melalui proses manajemen strategis.

Jika masih mengingat informasi sebelumnya, manfaat manajemen strategis melibatkan serangkaian tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan ini dapat terlaksana untuk menyusun strategi penjualan bisnis yang tepat dan efektif.

3. Menghemat Sumber Daya

Dalam menjalankan bisnis pasti ada berbagai sumber daya yang terpakai, mulai dari uang, tenaga, dan waktu. Dengan manajemen strategis, perusahaan dapat menghemat sumber daya ini dan menggunakannya secara efisien.

Misalnya, jika suatu perusahaan saat ini membutuhkan banyak uang untuk beriklan di televisi, sumber daya tersebut dapat berkurang dengan menggunakan strategi pemasaran lain seperti menggunakan media sosial. Mungkin Anda juga dapat menggunakan strategi pemasaran lain yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, namun karena manajemen strategis, sumber daya yang terpakai dapat berkurang secara signifikan.

Langkah-Langkah Menuju Manajemen Strategis yang Efektif

Tentu saja, perusahaan memiliki tujuannya sendiri, bahkan dengan manfaat manajemen strategis. Berbagai langkah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan manajemen strategis yang efektif adalah sebagai berikut:

1. Menetapkan Visi dan Misi

Tahap awal yang perlu dalam membuat manajemen strategis adalah menjelaskan tujuan perusahaan dan juga menggunakannya sebagai tolok ukur kinerja dan perkembangan perusahaan. Visi perusahaan harus spesifik, dapat berjalan dan terukur.

BACA JUGA:  Bahan Baku Adalah Kunci Sukses Dari Sebuah Usaha

Dengan membuat visi yang detail, perusahaan dapat menggambarkan fokus bisnis yang dapat berupa keuntungan perusahaan dan bagaimana memimpin pasar industri. Menentukan tujuan yang efektif dan melibatkan setiap karyawan dalam tujuan perusahaan yang dapat meningkatkan kinerja dan motivasi setiap karyawan.

2. Merumuskan Strategi

Langkah selanjutnya dalam membuat manfaat manajemen strategis adalah merumuskan strategi dan menganalisis SWOT. Analisis strategi harus fokus pada kekuatan dan kelemahan perusahaan, peluang yang dapat memberikan keuntungan, dan ancaman yang mungkin terjadi pada perusahaan.

Dengan melakukan analisis ini, perusahaan dapat menentukan tindakan yang lebih tepat untuk bersaing di pasar.

Berbagai hal yang harus benar serta memantau keunggulan pesaing nantinya akan membantu perusahaan untuk dapat mengembangkan berbagai ide guna mengalahkan pesaing dan merespon kondisi pasar yang bergerak dinamis.

Pada tahap ini, Anda harus mengidentifikasi eksternalitas perusahaan yang meliputi kondisi sosial budaya masyarakat, kondisi ekonomi, politik dan pemerintahan, serta teknologi dan tingkat persaingan.

Perubahan kehidupan sosial dan budaya akan berdampak pada terbentuknya trend sosial dan budaya baru yang hadir di masyarakat. Hal ini meliputi cara hidup, bekerja, memproduksi dan mengkonsumsi barang dan jasa, sehingga akan berdampak pada kebutuhan konsumen dan strategi penerapannya.

Pemerintah sebagai regulator, deregulasi, pemberi subsidi dan pencipta lapangan kerja berdampak serius terhadap perusahaan, termasuk perubahan undang-undang dan tarif pajak nominal.

Selain itu, teknologi yang semakin canggih dan berkembang pesat akan berdampak pada perusahaan, baik itu mengurangi atau menambah biaya lain yang harus perusahaan keluarkan.

Selain harus mengidentifikasi faktor eksternal, sebagai pebisnis Anda juga harus mengidentifikasi faktor internal perusahaan. Contohnya termasuk pemasaran, keuangan, manajemen, penelitian dan pengembangan, operasi, dan sistem informasi manajemen.

BACA JUGA:  3 strategi membuat bisnis franchise

3. Menerapkan Strategi

Strategi yang telah terbuat harus berjalan dengan baik untuk menjamin perkembangan, kesinambungan dan perluasan perusahaan.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan strategi tersebut adalah mengembangkan struktur dan sistem, mengalokasikan sumber daya, mengawasi manajemen perubahan, menerapkan strategi manajemen risiko, mengembangkan proses pengambilan keputusan, mengembangkan manajemen proyek, memperkuat kemampuan bersaing, mengkomunikasikan strategi, dan mengelola SDM dengan baik.

4. Evaluasi Strategi

Tahap akhir dalam melakukan manfaat manajemen strategis adalah menganalisis dan menilai kinerja strategi perusahaan sehingga nantinya dapat tau apakah akan tetap menggunakan strategi yang ada atau membuat strategi baru. Tindakan yang tepat akan membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Evaluasi ini harus berlangsung secara berkala. Tahapan ini menjadi proses berkelanjutan bagi perusahaan untuk dapat meninjau metrik kinerja kinerja dan juga menerapkan intervensi bila nanti perlu.

Evaluasi rencana strategis ini akan memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai potensi kegagalan dan juga rencana yang akan terpakai kemudian.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap kami mengenai pengertian dan manfaat manajemen strategis yang mungkin bisa Anda terapkan pada perusahaan Anda.

Dalam menjalankan manajemen strategis, faktor internal yang ada di dalamnya seperti audit keuangan dan akuntansi merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama oleh manajemen perusahaan.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top