Maret 30

0 comments

Langkah-langkah Praktis dan Cara Terbaru Buat NPWP Online

Mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP secara online di Indonesia merupakan langkah praktis sebagai wajib pajak terkait administrasi perpajakan. Sebagai informasi, platform resmi Direktorat Jenderal Pajak memberikan wajib pajak, baik individu maupun entitas bisnis, akses terpadu ke dalam dunia perpajakan, mengurangi kerumitan prosedur manual, dan meningkatkan kemampuan untuk memenuhi kewajiban perpajakan.

Dengan memanfaatkan laman e-Registration, melakukan pendaftaran NPWP online memberikan sejumlah keuntungan. Beberapa di antaranya seperti kemudahan mengisi formulir, meminimalkan potensi kesalahan data, dan memperpendek waktu respon dari pihak berwenang. Keamanan dan kejelasan proses juga diperkuat melalui verifikasi akun, menunjukkan komitmen untuk memberikan layanan perpajakan yang efisien, aman, dan berorientasi pada pengguna. Lantas, bagaimana cara membuat NPWP online ini? Berikut uraiannya!

Apa kegunaan NPWP?

Mempunyai NPWP bukan hanya persoalan wajib pajak tetapi juga memuat sejumlah keuntungan. Nah, adapun kegunaan NPWP tersebut adalah sebagai berikut:

  1. NPWP berguna untuk melaporkan dan membayar pajak, serta mendapatkan fasilitas perpajakan.
  2. NPWP menjadi syarat dalam administrasi bank, seperti mengajukan kredit, membuat rekening koran, atau membuka tabungan.
  3. NPWP menjadi syarat pembuatan paspor, yang merupakan dokumen resmi untuk melakukan perjalanan antar negara.
  4. NPWP menjadi syarat dalam pengajuan dan pembuatan SIUP, yakni surat izin bagi badan usaha tertentu.
  5. NPWP mempermudah urusan perpajakan, seperti mengurus restitusi atau kelebihan membayar pajak, dan kemudian mengurangi beban pajak secara legal.

Dari poin ini Anda tahu bahwa NPWP sangat penting dimiliki oleh wajib pajak, baik perorangan maupun badan usaha. Dengan memiliki NPWP, Anda kemudian dapat menunjukkan kewajiban dan tanggung jawab Anda sebagai warga negara yang baik.

Cara Buat NPWP online Terbaru

Daripada harus datang dan membuat NPWP secara luring di kantor pajak, sebaiknya terapkan cara praktisnya dengan membuat secara online. Terlebih cara ini cenderung lebih mudah sehingga dapat memangkas birokrasi. Adapun cara membuat NPWP online ada pada uraian di bawah ini

BACA JUGA:  Cara Menghitung Pajak Pegawai dengan Gaji Harian

1. Akses Laman e-Registration

Pertama, buka laman resmi e-Registration Direktorat Jenderal Pajak dengan mengunjungi ereg.pajak.go.id. Di laman ini, temukan dan pilih menu “Daftar.”

2. Isi Informasi Akun

Lanjutkan dengan memasukkan alamat email aktif dan membuat password yang kuat untuk akun Anda.

3. Verifikasi Akun

Setelah mengisi informasi akun silakan tunggu email verifikasi. Buka email tersebut dan klik link verifikasi yang diberikan untuk mengaktifkan akun. Lanjutkan dengan mengikuti panduan yang terdapat dalam email tersebut.

4. Isi Formulir Pendaftaran NPWP

Setelah akun diaktifkan, login ke platform e-Registration dan akses formulir pendaftaran NPWP. Isilah formulir tersebut sesuai kategori, identitas, dan penghasilan Anda. Pastikan menyertakan informasi yang akurat dan terkini.

5. Simpan dan Kirim Formulir

Jika formulir sudah terisi lengkap, simpan, dan kemudian kirimkan formulir pendaftaran NPWP Anda melalui platform tersebut. Pastikan semua informasi telah diisi dengan benar.

6. Tunggu Konfirmasi dari Kantor Pelayanan Pajak

Setelah mengirim formulir, tunggulah konfirmasi dari Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Proses verifikasi kemudian dapat memerlukan waktu tertentu.

7. Konfirmasi dari Kantor Pajak

Setelah formulir Anda diverifikasi, Anda akan menerima konfirmasi lebih lanjut dari Kantor Pelayanan Pajak. Ini dapat berupa email atau pemberitahuan melalui platform online.

8. Cetak Bukti Pendaftaran dan Tukar dengan Kartu NPWP

Cetak bukti pendaftaran NPWP yang diterima dan bawa ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Di sana, Anda kemudian dapat menukarkannya dengan kartu NPWP fisik yang sah.

Nah, jadi begitulah cara buat NPWP online. Langkah ini memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi wajib pajak, serta meminimalkan kebutuhan mengunjungi kantor pajak secara langsung. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, wajib pajak kemudian dapat mengoptimalkan kepatuhan perpajakannya secara efisien.

BACA JUGA:  Begini Cara Mendaftar NPWP Online Dengan Cepat dan Praktis

Jika Anda atau perusahaan yang Anda pimpin mengalami kendala terkait pelaporan pajak sehingga berpotensi terkena sanksi, kami D’Consulting sebagai konsultan pajak akan membantu menyelesaikan kendala tersebut. Tentu saja penawaran yang kami berikan terpercaya, aman, dan sesuai undang-undang yang berlaku.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, cara buat npwp online, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, konsultan pajak, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik