Mei 18

0 comments

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Ada begitu banyak istilah akuntansi yang perlu Anda ketahui. Bagi sebagian orang, itu mungkin tidak terlalu penting. Namun, bagi seseorang yang bekerja di dunia keuangan pasti memahami istilah-istilah tersebut.

Beberapa kata mungkin sering terdengar seperti hutang, piutang, bunga, atau sejenisnya. Namun, dunia akuntansi tidak hanya memiliki istilah tersebut. Masih banyak istilah lainnya.

Memahami beberapa kata juga sangat penting jika Anda ingin bekerja di dunia administrasi. Setidaknya, itu akan lebih mudah dipahami. Masalahnya adalah begitu banyak istilah dalam dunia akuntansi.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan informasi yang lengkap untuk memahaminya. Kami akan memberikan beberapa informasi tentang istilah akuntansi apa yang harus Anda pahami.

Apa Saja Istilah Akuntansi yang Penting Diketahui?

Terlepas dari pengertian akuntansi, ternyata banyak sekali istilah-istilah yang perlu dipahami. Setiap istilah memiliki definisi yang berbeda dan bahkan akronim yang berbeda. Untuk itu, perhatikan baik-baik beberapa istilah di bawah ini.

1. Piutang Usaha

Piutang usaha didefinisikan sebagai jumlah yang terutang oleh klien. Tanggungan ini harus dibayar untuk menggunakan barang atau jasa yang telah digunakan sebelumnya.

Dalam dunia akuntansi, piutang merupakan salah satu hal yang paling sering di dengar. Istilah akuntansi ini perlu di pahami karena kebanyakan orang salah mengartikan mana yang dapat di terima dan mana yang harus di bayar.

2. Hutang Usaha

Selain piutang, ada juga utang usaha. Hutang usaha memiliki arti sejumlah tanggungan yang harus di bayar perusahaan kepada kreditur. Hal ini di karenakan perusahaan telah menggunakan jasa atau barang dari kreditur.

Biasanya, utang akan memiliki jangka waktu tertentu. Lamanya waktu merupakan hasil kesepakatan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, ada kesepakatan resmi bahwa ketika Anda terlambat membayar hutang akan ada denda.

BACA JUGA:  Unsur Yang Terlibat Dalam Harga Pokok Penjualan dan Harga Jual

3. Aset

Istilah akuntansi selanjutnya adalah aset. Dalam dunia administrasi, aset terdiri dari dua jenis, yaitu aset tetap dan aset lancar.

Aset lancar

Harta lancar adalah harta yang akan di ubah atau di ubah menjadi uang tunai dalam jangka waktu 1 tahun atau menurut jangka waktu tertentu.

Aset tetap

Aset tetap adalah aset jangka panjang yang akan memberikan keuntungan lebih besar dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun, salah satu contohnya adalah tanah.

4. Kelas Aset

Kelas aset juga merupakan salah satu istilah akuntansi. Ada 3 kelas aset yang harus Anda pahami. Pertama adalah ekuitas, kedua adalah pendapatan tetap, dan ketiga adalah obligasi.

5. Saldo

Neraca dapat di artikan sebagai laporan keuangan perusahaan untuk periode waktu tertentu. Isi dari neraca itu sendiri sangat beragam dan dapat di bagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat dan jenisnya.

Misalnya, ada neraca aset perusahaan. Neraca ini mencatat semua aset atau harga milik perusahaan. Ada juga jumlah tanggungan (piutang) terhadap ekuitas pemilik perusahaan.

6. Modal

Istilah akuntansi selanjutnya adalah modal. Ini adalah kata-kata yang telah di dengar berkali-kali. Definisi itu sendiri adalah semua aset keuangan milik perusahaan seperti uang tunai hingga barang.

7. Arus Kas

Arus kas atau cash flow adalah semua aktivitas keuangan yang dapat berupa pendapatan atau pengeluaran yang di harapkan dapat di hasilkan melalui aktivitas bisnis. Contohnya dari penjualan, persewaan, dan lain sebagainya.

istilah akuntansi

8. Akuntan Publik Bersertifikat

Ada juga istilah akuntansi berupa akuntan publik bersertifikat. Ini adalah penunjukan akuntan yang telah memenuhi persyaratan dan lulus ujian standar CPA.

Seorang akuntan publik memiliki tanggung jawab yang besar karena mendapat mandat dari pemerintah. Untuk mendapatkan CPA, seorang akuntan harus memiliki pengalaman kerja serta memenuhi persyaratan penting lainnya.

BACA JUGA:  Kenali Dokumen Contoh Purchase Order Yang Penting Bagi Usaha

9. Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan merupakan beban langsung dari perusahaan. Biasanya, pengeluaran terkait dengan operasi bisnis. Oleh karena itu, rumus perhitungannya akan berbeda-beda sesuai dengan apa yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut.

Istilah akuntansi ini wajib bagi seorang akuntan atau administrasi. Salah satu contohnya adalah menghitung harga pokok penjualan untuk bahan baku, tenaga kerja dan operasi produksi lainnya.

10. Kredit

Kredit menurut definisi memiliki arti sebagai entri akuntansi yang berpotensi mengurangi kekayaan atau aset perusahaan. Artinya beban atau kewajiban yang harus di bayar juga akan bertambah.

Perlu Anda ketahui bahwa istilah akuntansi ini memiliki beberapa jenis transaksi. Jika Anda menggunakan metode entri ganda, Anda akan bertemu dengan catatan kredit dan debit.

11. Debit

Debit adalah entri akuntansi yang menunjukkan peningkatan jumlah kekayaan atau aset. Di sisi lain, terjadi penurunan kewajiban yang harus di bayar perusahaan di neraca perusahaan.

12. Diversifikasi

Ada juga istilah akuntansi yang di sebut diversifikasi. Pengertian dari istilah ini sendiri adalah pengalokasian penanaman modal ke dalam berbagai aset dengan tujuan untuk menghindari risiko bisnis yang berlebihan.

13. Biaya

Selanjutnya adalah biaya yang merupakan segala bentuk pengeluaran. Biaya di bagi menjadi beberapa kategori seperti:

  • Fixed cost: pembayaran biaya secara berkala.
  • Variabel cost: biaya yang nominalnya dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Biaya yang masih harus di bayar: biaya yang belum di bayar.
  • Biaya operasional: semua biaya yang berhubungan secara tidak langsung dengan operasional perusahaan.

14. Ekuitas dan Ekuitas Pemilik

Ekuitas di definisikan sebagai aset di kurangi kewajiban. Sedangkan ekuitas pemilik adalah persentase kepemilikan saham yang di miliki oleh pihak-pihak tertentu. Pihak-pihak inilah yang kemudian di sebut sebagai pemegang saham.

BACA JUGA:  5 Strategi Meningkatkan Profit Dengan Analisa Laporan Laba Rugi Usaha

15. Kebangkrutan

Kebangkrutan adalah suatu keadaan atau keadaan di mana suatu perusahaan tidak mampu lagi memenuhi kewajiban keuangannya. Dampak terburuk dari kebangkrutan adalah bubarnya organisasi bisnis tetapi tetap harus memenuhi kewajiban pembayarannya terlebih dahulu.

16. Perseroan Terbatas

Istilah akuntansi selanjutnya adalah perseroan terbatas yang mengacu pada organisasi bisnis yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Selain itu, anggota tidak bertanggung jawab atas hilangnya simpanan perusahaan.

17. Laba Bersih

Laba bersih adalah definisi untuk menyebutkan laba perusahaan setelah di kurangi semua biaya total. Rumusnya adalah semua pendapatan total di kurangi biaya total dan hasilnya adalah laba bersih.

18. Pengembalian Investasi

Pengembalian investasi atau return on investment adalah ukuran yang berguna untuk melihat persentase keuntungan. Untuk menghitungnya, gunakan rumus laba bersih di bagi biaya investasi.

Dalam dunia akuntansi, ada banyak istilah yang harus Anda pahami. Apalagi dunia akuntansi juga berkaitan dengan dunia keuangan. Itulah mengapa ada begitu banyak istilah akuntansi yang harus Anda pahami.

Jika Anda menjalankan bisnis, beberapa istilah dalam dunia akuntansi di atas wajib Anda pahami untuk membantu mengelola keuangan bisnis yang Anda jalani.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top