Agustus 31

0 comments

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

Di jaman teknologi yang sudah sangat maju seperti saat ini. Semua orang akan melakukan perubahan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan. Tidak terkecuali dengan para pengusaha. Dalam pengembangan usaha pasti di perlukan alat bantu untuk membuat suatu usaha lebih berkembang dan memiliki manajemen kerja yang efisien. Alat bantu ini tidak hanya berfokus pada mesin produksi saja. Akan tetapi lebih luas daripada hal tersebut, salah satu yang penting juga buat pengusaha adalah Aplikasi Pencatatan Keuangan.

Hal yang membawa kabar baik bagi para pengusaha yaitu dalam melakukan pencatatan atau pembukuan keuangan perusahaan. Banyak sekali Aplikasi Pencatatan Keuangan yang dapat membantu perusahaan untuk melakukan pencatatan keuangannya dengan lebih efisien dan up to date.

Perusahaan harus sudah menerapkan program keuangan untuk proses bisnisnya agar pencatatan keuangan lebih cepat, efisien, dan bisa meminimalisir biaya di masa yang akan datang. Dengan penerapan aplikasi keuangan perusahaan bisa lebih mudah melakukan kontrol keuangan dan juga operasional perusahaan kapan saja dan di mana saja lebih mudah.

aplikasi pencatatan keuangan

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih Aplikasi Pencatatan Keuangan :

Dalam memilih accounting software, Anda  harus mempertimbangkan aplikasi yang benar-benar sesuai dengan apa yang di butuhkan. Pertimbangan ini akan membantu Anda  menemukan software terbaik.

1. Sesuai dengan kebutuhan Akuntansi

Sebuah perusahaan harus mengenal dan mengetahui apa urgensi dan kebutuhan dari perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda satu dengan yang lain. Apalagi perusahaan Anda  merupakan perusahaan yang sudah berkembang besar dan melakukan transaksi yang banyak setiap harinya.

2. Mengetahui kemampuan perusahaan dalam menganggarkan keuangannya

Setiap aplikasi keuangan memiliki variasi harga yang berbeda dan bisa di bilang tidak murah. Dengan hal tersebut perusahaan harus mengetahui seberapa besar anggaran perusahaan yang mampu di keluarkan untuk penerapan sebuah system tersebut.

3. Mengenal sumber daya manusia perusahaan.

Perusahaan juga harus mengetahui kapasitas SDM yang di miliki terutama bagian Accounting dan Finance. Karena sebagus apapun sebuah program jika user tidak melakukan pekerjaan secara benar dan sulit memahami sebuah aplikasi maka hal tersebut akan membuat sia-sia juga.

5 rekomendasi aplikasi yang sering digunakan

Pada artikel kali ini kami akan membahas aplikasi pencatatan keuangan usaha yang bisa para pengusaha terapkan di perusahaan sesuai dengan pengalaman kami di klien selama ini.

aplikasi pencatatan keuangan

1. Accurate

Accurate merupakan aplikasi keuangan yang sangat popular saat ini di kalangan perusahaan dan menjadi pilihan perusahaan skala kecil mikro menegah. Karena memiliki fitur yang mudah di pelajari dan memiliki basis akuntansi yang kuat. Hal ini sangat jelas di butuhkan bagi perusahaan. Selain itu accurate sendiri merupakan aplikasi keuangan yang di buat oleh anak bangsa yang bisa di sebut sebagai produk asli Indonesia. 

Accurate merupakan aplikasi keuangan yang bisa membantu dalam permasalahan pembukuan keuangan perusahaan. Accurate menghadirkan dua jenis software akuntansi yang dapat di pilih sesuai kebutuhan perusahaan yakni accurate desktop dan accurate online.

Untuk menggunakan accurate desktop, perusahaan perlu membeli software atau database di awal untuk di simpan di perangkat komputer perusahaan. Jadi perusahaan hanya perlu membayar sekali di depan saja sesuai dengan jenis atau versi database yang di butuhkan.

Untuk versi accurate online ini merupakan versi terbaru dari accurate di mana accurate online hadir setelah adanya accurate desktop. untuk memanfaatkan accurate online, perusahaan perlu mengeluarkan biaya tiap bulan untuk pembayarannya. Jadi tidak seperti accurate desktop yang hanya di bayar sekali di awal. Tetapi untuk biaya yang di keluarkan untuk pembayaran accurate online beda dengan harga accurate desktop.

Untuk accurate online perusahaan bisa mengakses database perusahaan di mana saja karena sudah berjalan secara online hanya tinggal mengaksesnya lewat web browser. Akan tetapi untuk accurate desktop hanya bisa di akses jika dalam satu jaringan yang sama.

Accurate cocok di gunakan perusahaan untuk system keuangan back office serta bisa juga untuk mengelola penjualan, pembelian, dan produksi. Akan tetapi fitur aplikasi keuangan ini tidak bisa di gunakan secara custom karena accurate merupakan aplikasi keuangan yang baku.

2. SAP Business One

SAP merupakan program perangkat lunak untuk perencanaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Program SAP sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki klasifikasi bisnis yang kompleks untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik. 

Program SAP tidak hanya berfokus pada keuangan saja, tetapi dapat menjangkau lebih dari itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain keuangan, SAP juga dapat menghandle pembelian dan pengelolaan stok, penjualan dan pelayanan pelanggan, keuangan, produksi, dan SDM (HRD). SAP merupakan program yang paling fleksibel karena program ini dapat di lakukan custom sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan.

SAP sudah menyiapkan banyak fasilitas yang di buat untuk memudahkan pengguna dalam proses pencatatan serta pelaporan keuangan perusahaan. Karena hal tersebut aplikasi keuangan yang terintegrasi sangat di butuhkan oleh setiap perusahaan.

3. Jurnal.id

Jurnal,id merupakan salah satu program keuangan yang terintegrasi secara online yang dapat di gunakan untuk mengelola pembukuan keuangan perusahaan agar terintegrasi dengan baik. Jurnal.id merupakan program keuangan yang di dukung dengan berbasis cloud

Di Indonesia sendiri Jurnal.id juga merupakan aplikasi keuangan yang cukup popular karena penggunaan yang mudah dan juga fitur yang bisa membantu para pengusaha dalam pengelolaan keuangan hingga bisa menerbitkan laporan keuangan.

4. Bee Accounting

Bee accouting merupakan aplikasi keuangan multi platform yang menyediakan modul keuangan dan akuntansi yang bisa di gunakan oleh perusahaan Anda. Aplikas bee accounting merupakan aplikasi keuangan yang bisa di bilang memiliki kemudahan akses oleh penggunanya. Software bee accounting juga bisa menyelesaikan masalah keuangan dan pengelolaan bisnis Anda.

5. Zahir

Zahir merupakan aplikasi keuangan yang bisa di bilang cukup user friendly karena sangat mudah di gunakan bagi para penggunanya. Selain itu zahir adalah aplikasi keuangan yang fleksibel dan memiliki fitur yang lengkap untuk digunakan pada berbagai kalangan bisnis

Aplikasi keuangan zahir dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan penjualan, pembelian, persediaan, hingga sampai kepada laporan keuangan.

Itulah lima aplikasi keuangan yang dapat di gunakan oleh berbagai kalangan bisnis mulai dari perusahaan yang skala kecil hingga perusahaan yang skala besar yang memiliki kompleksitas yang tinggi. 

Dalam memilih software atau aplikasi keuangan perusahaan harus melihat apa kebutuhan, urgensi, dan juga kemampuan perusahaan. Karena pada dasarnya semua aplikasi keuangan tersebut adalah aplikasi keuangan yang bagus.

Meskipun terkadang aplikasi keuangan A cocok di terapkan di perusahaan A tetapi belum tentu sesuai jika di terapkan di perusahaan yang lain. Karena semua kembali lagi pada kesesuaian perusahaan dan juga aplikasi yang di butuhkan. Agar tidak salah dalam membeli sebuah aplikasi keuangan, perusahaan harus melakukan survey dan juga trial untuk diterapkan di perusahaan Anda  terlebih dahulu sebelum menerapkan aplikasi secara permanen. 

Selain itu perusahaan juga bisa menggunakan jasa konsultan keuangan ataupun system keuangan untuk membantu dalam mengaplikasikan program keuangan di perusahaan. Karena dengan hal tersebut perusahaan Anda  dapat menerima masukan dari pihak ketiga yang sudah mahir di bidangnya apakah aplikasi keuangan yang akan di terapkan bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Namun semua Kembali lagi kepada perusahaan, karena perusahaan juga haru mengetahui kemampuan keuangan operasional perusahaan juga.

Anda  boleh juga mengonsultasikannya ke kami untuk memilih program apa yang cocok untuk perusahaan Anda . Sayang apabila Anda  sudah terlanjur membeli, namun tidak bisa di terapkan secara sesuai di perusahaan.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube