September 9

0 comments

Hal Yang Wajib Anda Catat Sebelum Menjadi Akuntan Perpajakan

Apakah Anda belajar akuntansi dan tidak tahu profesi apa yang akan Anda pilih setelah lulus? Bagi yang sedang belajar di bidang akuntansi khususnya spesifikasi akuntan perpajakan, sebaiknya menyimak ulasan berikut ini. Dalam pembahasan ini akan dibahas lebih mendalam tentang akuntan pajak sebagai profesi di bidang akuntansi.

Akuntansi, apapun konsentrasi studinya merupakan bidang ilmu yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja khususnya bisnis.

Jadi jika saat ini Anda sedang menempuh pendidikan di bidang akuntansi dan ingin menjadi seorang akuntan, jangan khawatir karena lapangan pekerjaan itu luas. Menjadi seorang akuntan pajak, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan harus dipahami.

akuntan perpajakan

Pengertian Akuntan Perpajakan

Bagi yang hanya mengetahui istilah akuntan pajak dan tidak mengerti artinya, Anda harus menyimak ulasan ini. Sederhananya, akuntan pajak adalah orang yang memiliki tugas untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan pajak. Seorang akuntan sektor pajak bertugas menganalisis fenomena ekonomi dan menentukan strategi perpajakan yang tepat sesuai dengan ilmu yang dipelajari.

Strategi yang sesuai ini harus sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di suatu negara. Kini bukan lagi saatnya pemerintah memegang kendali penuh atas Negara, termasuk di bidang perpajakan. Pihak swasta maupun pihak perseorangan juga dapat membantu dengan umpan balik melalui perilaku tertib dalam memenuhi kewajibannya (pajak).

Akuntan pajak yang bekerja untuk suatu perusahaan memastikan bahwa perusahaan memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak sesuai jadwal. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk tidak mangkir saat membayar kewajibannya dan membayar pajak sesuai dengan jumlah yang sesuai ketentuan.

Latar Belakang Seorang Akuntan

Menjadi seorang akuntan pajak tentu tidak bisa dapat dengan mudah jika tidak menempuh pendidikan di bidang akuntansi tentunya. Indonesia sendiri, pendidikan akuntansi melalui proses tempuh dalam kurun waktu 4 tahun untuk memperoleh gelar sarjana. Sedangkan jika ingin belajar lebih dalam dan fokus pada satu bidang saja, maka perlu 3 tahun lagi (pascasarjana).

BACA JUGA:  Mengenal Rekonsiliasi Koreksi Fiskal Positif dan Negatif

Umumnya lulusan D3 atau S1 mampu menjalankan profesi sebagai akuntan pajak. Namun, jika Anda ingin menjadi akuntan terakreditasi, Anda memerlukan Sertifikat Akuntan Publik yang adadi universitas yang memberikan izin dan sertifikasi CPA. Untuk mendapatkannya, seseorang harus melalui berbagai tes yangmelalui proses penilaian langsung oleh negara yang bersangkutan.

Prospek Kerja

Akuntan merupakan profesi yang pekerjaannya luas karena banyak sektor publik yang membutuhkan. Hampir semua sektor adalah pekerjaan bagi seorang akuntan pajak seperti publik, pemerintah, swasta, dan swasta. Berikut adalah beberapa prospek pekerjaan untuk akuntan pajak di beberapa sektor.

1. Bank dan Lembaga Keuangan

Pekerjaan lain yang terbuka lebar bagi seorang akuntan di bidang perpajakan adalah bank dan lembaga keuangan. Banyaknya bank dan lembaga keuangan yang tersebar di berbagai daerah tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi seorang akuntan. Bank bukan hanya tempat bagi akuntan publik atau mereka yang berprofesi sebagai manajer atau penasihat keuangan.

2. Lembaga Pemerintah

Bekerja di instansi pemerintah seperti Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bukan tidak mungkin jika memiliki sertifikat akuntansi. Lembaga ini merupakan lembaga yang paling nyaman bagi seorang akuntan pajak, karena selain menerapkan ilmu juga dapat mengembangkannya. Di sini seorang akuntan pajak dapat melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan perpajakan institusional.

3. Pegawai Bea Cukai

Prospek pekerjaan seorang akuntan pajak adalah menjadi petugas bea cukai. Ini adalah tempat yang tepat bagi seorang akuntan pajak untuk melatih keterampilan dan mendapatkan pengetahuan baru tentang perpajakan. Gaji yang akan tampil untuk pekerjaan ini cukup besar yang tentunya menggiurkan bagi para fresh graduate.

4. Dinas Keuangan Daerah

Prospek pekerjaan lain untuk akuntan pajak adalah bekerja di kantor keuangan daerah. Bekerja di daerah tentu memiliki keuntungan karena dekat dengan keluarga. Selain itu, seseorang yang bekerja pada Kantor Keuangan Daerah bertugas membantu Bupati dalam urusan pemerintahan khususnya mengenai keuangan daerah.

BACA JUGA:  Rahasia Ampuh mendapatkan Profit yang Lebih Besar Tanpa Menambah Modal

Hal Yang Perlu di Persiapkan Sebelum Menjadi Akuntan

Meski menempuh pendidikan selama 7 tahun tidak menjadikan seorang akuntan pajak memiliki jaminan atas karirnya.

Sama seperti pekerjaan lainnya, tidak ada jaminan bahwa suatu pekerjaan akan selalu berhasil di masa depan. Untuk itu, melakukan on the job training sangat penting sebelum memasuki dunia kerja untuk meminimalisir resiko kegagalan dalam pekerjaan sehari-hari.

Masa studi merupakan waktu yang tepat untuk melakukan magang untuk mencari pengalaman kerja di bidang perpajakan.

Belajar mengolah angka dan mencari ilmu tentang perpajakan di dunia kerja untuk menambah ilmu di luar kampus. Pengalaman kerja adalah sesuatu yang perlu melewati proses perhitungan dalam wawancara kerja dan menambah keterampilan pribadi.

Tugas Akuntan Perpajakan

Tidak ada pekerjaan yang mudah, begitu juga dengan menjadi akuntan pajak. Pekerjaan yang sama dari waktu ke waktu dapat membuat seseorang bosan dan lelah menghadapi banyak pekerjaan. Akuntan pajak yang bekerja di perusahaan perseorangan, tugasnya hanya mengisi formulir pajak dan memberikan nasihat perencanaan keuangan bagi perusahaan.

Sedangkan untuk perusahaan yang lebih besar seperti korporasi, tugasnya lebih berat, seperti menyelenggarakan pencatatan pajak perusahaan. tidak hanya itu, analisis kewajiban pajak dan perencanaan keuangan juga menjadi tugas akuntan pajak. Selain itu, memilih tempat kerja berdasarkan minat dan kemampuan penting peting untuk melakukannya agar lebih nyaman dalam bekerja.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top