Oktober 26

0 comments

COGS Artinya Komponen Biaya Yang Penting Dalam Bisnis?

COGS artinya semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk/jasa, mulai dari tahap manufaktur hingga distribusi.

Jika bisnis Anda menjual produk, menghitung HPP atau harga pokok penjualan (COGS) sangat penting untuk Anda lakukan.

Perhitungan ini mencakup semua biaya yang terlibat dalam penjualan produk. Menghitung COGS untuk produk yang Anda produksi atau jual bisa jadi rumit, tergantung pada jumlah produk dan kerumitan proses manufaktur.

Ingin mengetahui HPP atau HPP secara mendalam? Baca terus artikel ini sampai selesai.

Pengertian COGS

Cost of Goods Sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah perhitungan “biaya langsung” yang keluar dalam produksi barang atau jasa apa pun. Ini termasuk biaya material, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik langsung, dan berbanding lurus dengan pendapatan.

Ketika pendapatan meningkat, lebih banyak sumber daya yang terpakai untuk memproduksi barang atau jasa. HPP sering kali merupakan item baris kedua yang muncul di laporan laba rugi, muncul tepat setelah pendapatan penjualan. HPP terpotong dari pendapatan untuk mendapatkan laba kotor.

Harga Pokok Penjualan (HPP) terdiri dari semua biaya yang terkait dengan produksi barang atau penyediaan layanan yang perusahaan tawarkan. Untuk barang, biaya ini dapat mencakup biaya variabel yang terlibat dalam produk manufaktur, seperti bahan baku dan tenaga kerja.

Mereka mungkin juga termasuk biaya tetap, seperti overhead manufaktur, biaya penyimpanan, dan tergantung pada kebijakan akuntansi yang relevan, terkadang biaya penyusutan.

HPP tidak termasuk biaya penjualan umum, seperti gaji manajemen dan biaya iklan. Biaya-biaya ini akan berada di bawah garis laba kotor di bawah bagian beban penjualan, umum dan administrasi.

Manfaat dari Perhitungan COGS

COGS Artinya Komponen Biaya Yang Penting Dalam Bisnis?

Bagi perusahaan, perhitungan harga pokok penjualan memberikan perkiraan biaya perusahaan yang akurat.

BACA JUGA:  Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang perusahaan peroleh saat menghitung harga pokok penjualan, antara lain sebagai berikut:

1. Dapat menentukan harga jual

Perusahaan umumnya menetapkan harga barang dan jasa yang tertawar berdasarkan harga pokok produksi, spesifikasi barang dan jumlah permintaan.

Dengan begitu, melalui perhitungan harga pokok penjualan atau HPP, perusahaan dapat mengetahui secara spesifik berapa harga jual yang pantas untuk dibebankan kepada pembeli.

2. Alat untuk memantau realisasi biaya produksi

Jika perusahaan telah menerima pesanan dari suatu pesanan, maka manajemen memerlukan informasi mengenai biaya produksi yang sebenarnya untuk memenuhi pesanan tersebut.

Jadi akuntansi biaya adalah alat yang berguna untuk mengumpulkan informasi biaya produksi untuk setiap pesanan yang masuk.

Hal ini untuk memantau apakah proses produksi produk tertentu menghasilkan total biaya produksi sesuai dengan perhitungan sebelumnya atau tidak.

3. Membantu menghitung untung atau rugi

Dengan melakukan perhitungan COGS atau COGS yang akurat, Anda dapat menilai keuntungan atau kerugian yang akan perusahaan terima.

Terlihat bahwa jika harga jual lebih besar dari HPP maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan, sedangkan jika harga jual lebih rendah dari HPP maka akan mengalami kerugian.

Biaya Yang Termasuk Kedalam COGS

Berikut ini adalah komponen biaya yang termasuk dalam COGS:

1. Persediaan

Inventory atau persediaan adalah persediaan barang yang berasal dari stok barang pada periode sebelumnya.

Untuk mengetahui harga pokok persediaan pada HPP dapat terpantau dari persediaan awal yang pada pembelian barang dagangan tambahkan selama periode berjalan kemudian terkurangi dengan sisa persediaan akhir barang.

Dalam perusahaan dagang, jumlah persediaan yang terjual terdiri dari persediaan barang jadi (inventory).

Sedangkan pada perusahaan manufaktur, jumlah persediaan yang terjual terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, dan persediaan barang jadi (inventory).

BACA JUGA:  5 Hal Terkait Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Sebelum mengetahui jumlah persediaan yang telah terjual, ada beberapa hal lain yang harus Anda tahu terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:

  • Persediaan awal = persediaan yang sebelumnya tersedia sebelum proses pada periode berjalan mulai.
  • Pembelian (pada perusahaan dagang) = jumlah pembelian yang terlihat hanya berdasarkan pengeluaran kas atau lebih tepatnya hanya terlihat dari nilai bersih (net purchase).
  • Laporan harga pokok produksi (di perusahaan manufaktur)
  • Persediaan akhir = adalah jumlah nilai persediaan yang terjurnal pada akhir periode.
  • Persediaan yang terpakai atau barang yang tersediakan untuk dijual

2. Tenaga Kerja Langsung (Biaya Tenaga Kerja Langsung)

Tenaga kerja langsung adalah biaya atau upah yang dibayarkan kepada karyawan oleh perusahaan yang terlibat langsung dalam proses produksi barang dagangan.

Disebut tenaga kerja langsung karena jumlah upah yang dibayarkan kepada karyawan tergantung pada berapa banyak unit produk yang dapat diproduksi atau upah yang dibayarkan per hari per jam.

Biaya tenaga kerja langsung banyak ditemukan pada perusahaan manufaktur.

3. Overhead

Biaya overhead adalah biaya lain yang timbul selain biaya persediaan dan biaya tenaga kerja langsung. Umumnya, biaya overhead juga dikenal sebagai biaya tidak langsung.

Biaya overhead memiliki berbagai jenis berdasarkan skala usaha, jenis usaha, dan jenis sumber daya yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Berikut jenis biaya overhead yang sering dijumpai pada perusahaan perdagangan dan manufaktur yang juga merupakan komponen HPP adalah sebagai berikut:

  • Biaya sewa (umumnya biaya sewa gedung)
  • Penyusutan mesin dan peralatan
  • Anggaran yang keluar untuk listrik dan air di perusahaan manufaktur (pabrik)
  • Anggaran perawatan pabrik dan mesin (maintenance)
  • Pengeluaran untuk pengemasan (packaging)
  • Pengeluaran untuk pengiriman
  • Belanja untuk sampel produksi
  • Harga kontainer
  • Biaya gudang
  • Biaya penyusutan gedung (pabrik)
BACA JUGA:  Belajar Membuat Jurnal Kas Kecil dan Memahami Fungsinya

Di atas adalah penjelasan lengkap mengenai Harga Pokok Penjualan (HPP), komponen biaya, dan cara menghitungnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top