Mei 25

0 comments

Cara Menguji Kebenaran Laporan Keuangan yang Akurat

Laporan keuangan bisa menentukan strategi yang tepat untuk perusahaan Anda dan apa yang harus dilakukan. Namun bagaimana jika ternyata data laporan keuangan perusahaan Anda tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya? Strategi yang Anda lakukan bisa tidak sesuai. Lalu bagaimana cara menguji kebenaran laporan keuangan pada perusahaan Anda? Simak video berikut ini.

Pentingnya Kebenaran Laporan Keuangan

Ketika laporan keuangan yang dibuat dapat memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada pengguna, hal ini dapat menjadi alat evaluasi yang penting untuk melihat kinerja keuangan suatu perusahaan.

Dengan kinerja keuangan, Anda dapat melihat gambaran kondisi keuangan perusahaan selama periode tertentu, baik dalam hal penghimpunan dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas, dan profitabilitas.

Laporan kinerja keuangan merupakan bagian dari dokumen penting perusahaan, di mana dokumen ini menyatakan bagaimana kondisi perusahaan dalam hal penghimpunan dana dan penyaluran dana.

Hal ini membantu perusahaan mengukur indikator kinerja keuangan perusahaan pada periode terakhir.

Kebutuhan Internal Maupun Eksternal

Evaluasi kinerja keuangan bagi suatu perusahaan baik untuk kepentingan internal maupun eksternal sangatlah penting.

Bagi investor, manfaat informasi tentang kinerja keuangan adalah untuk melihat apakah investor akan mempertahankan investasinya di perusahaan atau mencari alternatif lain.

Jika kinerja perusahaan baik maka nilai bisnis akan tinggi. Dengan nilai bisnis yang tinggi, investor melirik perusahaan untuk berinvestasi sehingga akan terjadi kenaikan harga saham.

Karena pentingnya mengevaluasi kinerja keuangan, maka tidak ada salahnya jika sejak awal perusahaan selalu membiasakan untuk memiliki pencatatan keuangan yang baik dan teratur.

Pada dasarnya laporan kinerja keuangan sangat berguna bagi suatu perusahaan. Informasi yang dapat di manfaatkan dengan beberapa cara yaitu.

BACA JUGA:  Cara Membuat Jurnal Umum Menggunakan Aplikasi Jurnal.id

1. Digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi perusahaan ke depan.
2. Mengukur prestasi yang di capai perusahaan dalam periode tertentu yang mencerminkan tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatannya.
3. Menilai kontribusi sebagian dalam pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan.
4. Dasar penetapan kebijakan investasi dalam rangka peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan.
5. Lihat kinerja perusahaan secara keseluruhan
6. Memberikan pedoman dalam pengambilan keputusan dan kegiatan perusahaan pada umumnya dan divisi-divisi perusahaan pada khususnya.

kebenaran laporan keuangan

Cara Menilai Akurasi

Tahukah Anda bahwa membuat laporan keuangan perusahaan yang akurat bukan hanya sekedar membuat laporan keuangan saja. Tetapi bagaimana membuat laporan keuangan yang di buat dapat menyajikan informasi yang relevan dan akurat. Dalam dunia bisnis, laporan keuangan sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan atau dibuat dalam periode tertentu.

Terkadang masih di temukan kasus usaha kecil yang tidak melakukan atau tidak membuat laporan keuangan yang akurat. Menyederhanakan saja bahkan bisa di katakan tidak menjadi alat pengambilan keputusan manajemen perusahaan.

1. Periksa untuk saldo rekening koran dan pada laporan keuangan sudah sesuai. Hal yang menjadi dasar sebuah laporan keuangan jika ketersediaan kas harus sesuai dengan saldo bank.

2. Mintalah report untuk konfirmasi piutang. Report konfirmasi di gunakan untuk mengetahui jika terdapat selisih pengakuan piutang terhadap customer.

3. Lakukan tes Persediaan. Berita acara stock opname salah satu report untuk mengetahui keakuratan nilai persediaan, namun kendalanya biasanya berita acara stock opname lama. Lakukan tes persediaan di mana sekaligus mengukur HPP.

Gunakan rumus
Saldo awal persediaan + pembelian + retur penjualan + stok barang rusak – saldo akhir persediaan – retur pembelian = Harga Pokok.

Jika hasil masih selisih pastikan selisihnya masih dalam batas toleransi. Toleransi idealnya maksimal 2,5% namun angka semakin kecil semakin bagus.

BACA JUGA:  Menentukan Strategi Bisnis Melalui Laporan Posisi Keuangan

4. Lakukan perbandingan laporan. Perbandingan ini tentu sjaa bukan hanya membandingkan laporan saja, melainkan mengamati pada setiap periodenya terjadi selisih angka yang signifikan atau tidak.

5. Lakukan pemeriksaan voucher secara berkala. Pemeriksaan di tujukan untuk memastikan bahwa pengeluaran sudah benar dan periksa juga penginputan pada software keuangan anda sudah sesuai.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top