Februari 3

0 comments

Cara Mengukur Aktivitas Perusahaan Dengan Rasio Keuangan

Perkembangan bisnis mengacu pada hasil analisa rasio keuangan. Oleh karena itu penting untuk memahami fungsi analisa dari analisa ini.

Hal ini sangat penting bagi calon investor untuk mengetahui seberapa besar investasi yang dapat ditawarkan. Hasil analisis juga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan bisnis.

Sebenarnya, apa itu analisis rasio keuangan dan fungsinya? Untuk lebih jelasnya lihat uraian di bawah ini.

Analisis ini adalah proses mengamati indikator yang terkait dengan akuntansi laporan keuangan (seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas), yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan.

Analisis ini digunakan untuk memberikan gambaran tentang informasi tentang status keuangan dan kinerja perusahaan, serta dapat digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan bisnis.

Analisis ini digunakan oleh dua pengguna utama, yaitu investor dan manajemen. Investor menggunakannya untuk melihat apakah perusahaan tersebut merupakan investasi yang bagus.

Dengan membandingkan rasio keuangan antar perusahaan dan antar industri, investor dapat menentukan investasi mana yang terbaik.

Pada saat yang sama, manajemen menggunakan rasio keuangan untuk menentukan kinerja perusahaan untuk menilai di mana perusahaan dapat meningkatkan dirinya. Misalnya, jika margin laba kotor perusahaan rendah, manajer dapat mengevaluasi bagaimana cara meningkatkan margin laba kotornya.

Seperti disebutkan di atas, fungsi umum dari analisis rasio keuangan berguna bagi manajer dan investor. Tentu saja fungsinya tidak sesederhana itu.

  1. Berguna bagi orang / perusahaan yang ingin berinvestasi saham.
  2. Kredit perusahaan.
  3. Tentukan tingkat kesehatan perusahaan pemasok.
  4. Tentukan tingkat kesehatan klien / perusahaan klien.
  5. Tentukan tingkat kesehatan perusahaan berdasarkan karyawan.
  6. Tentukan jumlah pajak yang dipungut perusahaan kepada pemerintah atau tentukan tingkat keuntungan industri yang wajar.
  7. Tentukan tingkat perkembangan perusahaan untuk evaluasi.
  8. Tentukan tingkat kekuatan finansial (ranking) pesaing / pesaing.
  9. Tentukan tingkat kerusakan yang dihadapi perusahaan.

Untuk lebih memahami fungsi analisis rasio keuangan perusahaan, kami akan memperkenalkan kepada Anda jenis-jenisnya. Budi Raharjo membagi menjadi lima kategori dalam buku “Keuangan dan Akuntansi” (2007). Apa saja kah itu dan bagaimana cara menghitungnya? Simak lebih lengkapnya dalam video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ngeh Pajak.. Hitung Pajak Notaris / PPAT & Lapor SPT

Belajar Akuntansi dan Memahami Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube