Juni 19

0 comments

Cara Memilih Software Keuangan yang Tepat untuk Bisnis UMKM

Pengembangan UMKM di indonesia menjadi salah satu hal yang perlu di perhatikan. Pengembangan UMKM sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti Manajemen pengembangan sumber daya manusia (SDM), modal, Pendidikan dan teknologi. Penerapan teknologi ini perlu bagi para pelaku bisnis UMKM untuk membantu pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan mempengaruhi Tingkat pendapatan.

Seperti penggunaan teknologi pada proses akuntansi yang bisa di gunakan sebagai alat untuk mempermudah para pelaku bisnis membuat laporan keuangan, bahkan menunjang strategi pemasaran. Untuk itu penting bagi para pelaku bisnis UMKM untuk memilih software keuangan yang tepat. Berikut kami berikan cara memilih software keuangan yang tepat untuk bisnis UMKM. 

software

1. Pilih software yang berbentuk cloud

Anda bisa memilih software keuangan terbaik dengan memilih yang berbentuk cloud. Dengan berbasis cloud akan mempermudah UMKM untuk mengakses Dimana saja dan kapan saja, Dimana saja dari computer ataupun handpone dengan akses internet, ini akan membantu menjalankan bisnis UMKM anda jarak jauh, baik saat di rumah ataupun saat jauh dari tempat bisnis.

Banyak juga yang menawarkan aplikasi akuntansi berbasis seluler untuk membantu anda memantau informasi penting dan menyelesaikan tugas inti saat dalam perjalanan. Beberapa menawarkan aplikasi terpisah untuk karyawan yang memiliki fitur terbatas seperti waktu pelacakan dan mengirimkan tanda terima pengeluaran. Kemampuanberbasis cloud bervariasi, terkadang akan menawarkan fitur-fitur utamanya saja dan akan add on untuk fitur lain sesuai kebutuhan dari pengguna, maka dari itu anda harus memaksimalkan fitur yang di tawarkan oleh software.

2. Pilih Software akuntansi dengan fitur yang lengkap

Tips selanjutnya untuk memilih yang terbaik dengan memilih software keuangan yang fiturnya lengkap. Kelengkapan fitur yang di miliki akan membuat pengelolaaan keuangan bisnis menjadi lebih mudah. Pastikan juga yang anda pilih memiliki fitur-fitur yang anda butuhkan. Anda bisa mencari tahu informasi mengenai software keuangan sebelum memilihnya. 

BACA JUGA:  Penting Pahami Apa Itu Likuiditas Dalam Perusahaan Anda

3. Memiliki fitur akuntansi dasar

Sebagian besar bisnis UMKM dapat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi yang menawarkan fungsi dasar seperti pembuatan faktur dan mengirimnya melalui email, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pembuatan laporan keuangan, dan manajemen pelanggan. Namun jika bisnis anda menjual lebih dari beberapa produk, anda juga perlu menggunakan software keuangan yang memiliki fitur inventory, mengelola vendor, dan membantu anda dalam pemesanan pembelian.

4. Memiliki system keamanan data

Keamanan data adalah bagian yang kemudian sangat penting yang harus dimiliki software keuangan. Jika ada kebocoran data pasti akan beresiko untuk kemudian bisnis UMKM anda, apalagi data dari bisnis anda bocor kepada orang yang tidak dapat dipercaya atau menyalahgunakan data bisnis anda. Perlu untuk menanyakan keamanan data kepada vendor tersebut supaya data bisnis anda terjaga kerahasiaannya dan tentunya anda akan nyaman memakai tanpa khawatir kebocoran data.

5. Mudah di gunakan 

Tips selanjutnya untuk memilih software anda perlu memastikan penggunaan software itu mudah dan dapat di pahami, apalagi anda mempekerjakan seorang karyawan sehingga perlu adanya training yang intens supaya tim karyawan anda bisa menggunakan software dengan baik. Dengan memilih software yang mudah untuk digunakan apalagi untuk orang awam itu merupakan poin plus untuk software yang anda gunakan. Kemudahan penggunaan software pastinya akan membantu anda untuk memantau keuangan bisnis UMKM yang anda jalankan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk training penggunaan software keuangan.

6. Memiliki dukungan customer support

Pastikan juga software yang anda pilih memiliki dukungan tim support, dengan adanya dukungan customer support ini Ketika terjadi kendala pada software, anda bisa menghubungi customer support untuk Solusi dari kendala tersebut. Kepada customer support anda juga bisa menanyakan tentang penggunaan software tersebut.

BACA JUGA:  3 Cara Menentukan Target Penjualan Yang Relevan

7. Harga Bersaing

Tips selanjutnya yaitu harga dari software tersebut dapat anda jangkau dan relate dengan bisnis yang anda jalankan. Jangan sampai membebani biaya operasional yang anda keluarkan sangat tinggi yang malah kemudian akan menggangu arus kas anda menjadi kurang sehat. Jangan lupa juga cek fitur-fitur di harga yang akan anda pilih, semakin murah harga yang di pilih biasanya akan mendapat fitur yang lebih sedikit tapi pastikan kebutuhan fitur yang anda inginkan tercukupi.

8. Pastikan Biaya tambahan

Pastikan biaya tambahannya, biasanya memiliki biaya tambahan diluar dari fitur pokok yang di twarkan, seperti untuk penambahan user, penambahan gudang, tambah hak akses, dan lainnya. Anda bisa menanyakan terkait biaya ini ke tim CS. Jangan sampai anda merasa terjebak karena biaya yang di bebankan tidak sesuai ekspetasi awal.

9. Sesuai dengan standart laporan keuangan indonesia.

Kemudian pastikan juga laporan keuangan yang dimiliki software keuangan pilihan anda sudah sesuai dengan standart laporan keuangan indonesia. Hal ini karena laporan keuangan berhubungan dengan Kerjasama bisnis anda hingga untuk pendanaan. Dengan kesesuaian laporan keuangan akan mempermudah anda untuk kemudian mengajukan pendanaan atau investasi.

Nah, setelah anda mengetahui cara pemilihan yang tepat untuk bisnis UMKM berikut kami jabarkan manfaat dari penggunaan software untuk bisnis anda. Kehadirannya akan membantu para pebisnis UMKM dalam menghemat keuangan dan waktu, kemudian serta lebih terbantu dalam merampingkan keuangan bisnis anda.

Dengan menggunakannya pebisnis tidak memerlukan rumus untuk kemudian menghitung keseluruhan laba dan rugi, berapa total biaya operasional bulanan yang dikeluarkan, berapa omzet yang didapatkan, dan lain sebagainya. Semua itu, hanya cukup diinput pada software saja dan kemudian tidak perlu dihitung secara manual.

BACA JUGA:  Efisiensi Bahan Baku Saat Menghadapi Masa Krisis (Covid-19)

Mudahnya melakukan review setiap saat Ketika membutuhkan data keuangan bisnis. hal ini yang menjadi salah satu penyebab mengapa setiap pebisnis UMKM wajib menggunakan untuk merampingkan data keuangan bisnis. dengan melakukan review setiap saat, maka akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan bisnis anda.

Penggunaan software keuangan kemudian dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Berbeda dengan system manual, yang membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan laporan keuangan untuk periode satu bulan.

Kesimpulan

Pembuatan laporan pajak akan lebih mudah. Akan memudahkan para pebisnis untuk kemudian Menyusun laporan pajak tahunan. Pilihlah yang terintegrasi dengan pajak, sehingga anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak menggunakan software keuangan lainnya.

Itulah beberapa cara untuk kemudian memilih software keuangan yang tepat untuk UMKM beserta manfaat apa saja yang anda dapatkan. Dengan memilih software keuangan yang tepat juga akan memberi impact untuk bisnis anda supaya lebih efektif dan efisien yang dapat meningkatkan atau mengembangkan bisnis UMKM anda menjadi lebih besar lagi. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk kemudian menemukan yang tepat untuk bisnis yang sedang anda jalankan.

Penulis: Siwa, Consultant of D’Consulting


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik