April 4

0 comments

Cara Lapor SPT Pribadi dengan E-Form Anti Internet Lelet

Zaman now, isi dan lapor SPT Pribadi Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Tahun lebih mudah pakai sistem elektronik. Namun selain menggunakan e-Filing, ada cara lain dalam menyampaikan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi, yakni dengan e-Form.

Di tengah wabah virus corona yang belum usai hingga kini, lapor SPT pajak secara online atau elektronik, seperti e-Filing dan e-Form jauh lebih aman dan mudah. Bagaimana caranya? Tonton video berikut untuk mengetahui tutorialnya agar tidak terjadi kesalahan.

E-Form ini merupakan formulir SPT elektronik berupa dokumen format .pdf yang dapat diisi secara offline. Formulir ini dapat dibuka dengan mudah dan cepat dengan aplikasi Adobe PDF Reader.

Sebelumnya, format e-Form adalah .xfdl dan hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi penampil formulir. Sayangnya format ini kurang familiar dan tidak semuanya tersedia di komputer pengguna, bahkan pengguna harus mendownload terlebih dahulu IBM Viewer dari halaman e-Filing.

Saat ini, ada dua format pelaporan SPT, yaitu e-Form PDF (Versi Baru) atau e-Form (Versi Lama). Anda dapat memilih, mengunduh, mengisi secara offline, lalu melaporkan lagi secara online.

Bisa dibilang, pelaporan pajak lebih mudah dengan e-Form karena tidak memerlukan koneksi internet dalam proses pengisian SPT. Koneksi hanya diperlukan saat mengirimkan pengembalian pajak.

Secara rinci keunggulan lain dari e-Form PDF (versi baru) adalah sebagai berikut:

1. Dokumen yang harus di unduh oleh pajak berupa .pdf;
2. Di buka menggunakan Adobe PDF Reader;
3. Token dapat dikirim melalui email dan SMS OTP;
4. Memiliki fitur import data via csv untuk data tabular seperti cut proof list dan lain-lain;
5. Ada validasi NPTN dan PBK saat pengajuan;
6. Dapat di buka di Mac.

Perbedaan e-Form dan e-Filing

e-Form sebenarnya hampir sama dengan e-Filing. Hanya saja dalam pengisian SPT, e-Form tersebut tidak memerlukan koneksi internet.

Berbeda dengan e-Filing yang dalam proses atau tahapan pengisian datanya membutuhkan akses internet yang stabil. Sambungan harus lancar, tanpa putus.

Jika koneksi terputus di tengah jalan sebelum proses penyimpanan akhir, data yang di masukkan dalam e-Filing akan hilang. Pengisian daya yang terlalu lama juga berisiko kehilangan koneksi.

Oleh karena itu, e-Form hadir sebagai solusi untuk mengurangi resiko kehilangan data saat pengisian karena internet yang naik turun. Jadi, jika jaringan internet lambat atau lambat, Anda dapat menggunakan e-Form saat proses lapor SPT Pribadi.

Dalam implementasinya, sebagian dari aplikasi e-form di lakukan secara manual (offline) dan sebagian lagi di lakukan secara online.

Setelah formulir di unduh, data SPT Tahunan di buat atau mengisi secara offline, Anda dapat langsung mengunggah SPT secara online.

E-Form pajak sudah dapat di gunakan untuk SPT Tahunan orang pribadi dan badan. SPT Tahunan Perorangan 1770 S dan 1770.

Formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 S

Wajib Pajak dengan penghasilan lebih dari Rp. 60 juta per tahun dari satu atau lebih majikan, domestik lain dan/atau tunduk pada PPh Final Final dan/atau final

Formulir SPT Tahunan Perorangan 1770

Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan dari usaha/pekerjaan mandiri, dari satu atau lebih pemberi kerja, lain di dalam dan luar negeri dan/atau di kenai Pajak Penghasilan yang bersifat final dan/atau final

E-Form dapat di gunakan untuk semua kriteria SPT tahunan yaitu nihil, kurang bayar atau lebih bayar.

Formulir SPT Tahunan Badan atau Perusahaan 1771

lapor spt pribadi

Cara Pengisian dan Pelaporan SPT Pribadi

Berikut cara pengisian dan pelaporan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menggunakan PDF e-Form (Versi Baru):

1. Pertama, kunjungi website Direktorat Jenderal Pajak tax.go.id

2. Setelah itu klik Login yang terletak di kanan atas

3. Anda akan masuk ke halaman djponline.pajak.go.id

4. Kemudian masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan password yang sama dengan e-Filing, serta kode pengaman

5. Klik Login (Jika Anda belum mendaftar, klik “Belum Terdaftar”)

6. Setelah berhasil login, pilih menu “Laporkan”. Di bagian paling atas akan muncul e-form PDF (Versi Baru) dan di bagian kedua akan muncul format e-Form (Versi Lama).

7. Jika Anda mengklik e-Form, akan muncul menu untuk mengunduh formulir STP Tahunan, yaitu aplikasi penampil formulir, petunjuk pemasangan Adobe Acrobat Reader DC (untuk e-Form PDF) atau aplikasi penampil formulir (untuk e-Form .xfdl ), dan petunjuk pengisian e-Form

8. Setelah itu pilih jenis formulir yang akan di gunakan (formulir 1770 S atau 1770 SS), lalu unduh dengan aplikasi penampil formulir

9. Kemudian isi formulir SPT secara lengkap secara offline (tanpa koneksi internet). Isi data penghasilan, harta, utang, daftar anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda sebagai wajib pajak

10. Setelah terisi dengan lengkap, selanjutnya submit e-Form SPT secara online (menggunakan internet) dengan membuka website yang sama, kemudian login

11. Kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui email, lalu klik tombol Kirim

12. Bukti tanda terima elektronik akan dikirimkan ke email Anda dari Direktorat Jenderal Pajak.

Ingat, Lapor SPT Pribadi Tepat Waktu

Segera laporkan SPT Tahunan Anda, karena ada batas waktunya. Batas akhir penyampaian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi 2020 adalah 31 Maret. Tak perlu pusing saat jaringan internet lemot, pilih saja lapor pajak menggunakan e-Form.

Ingat, jika Anda terlambat menyerahkan SPT Anda, bersiaplah untuk didenda. Sebanyak Rp. 100 ribu untuk SPT Wajib Pajak Orang Pribadi dan Rp. 1 juta untuk SPT Wajib Pajak Badan.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha


You may also like

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SPECIAL WORKSHOP

4 Strategi Audit Internal Untuk Mencegah Kecurangan Pada Bisnis Anda

Hari
Jam
Menit
Detik