Juli 5

0 comments

Apa Itu Mentoring Bisnis dan Pentingnya Bagi Pengusaha

Pada artikel kali ini kita akan mengulik tentang apa itu mentoring dan mengapa pengusaha butuh mentor untuk mengelola bisnis. Simak selengkapnya di bawah ini!

Kewirausahaan abad ke-21 menghadirkan sejumlah tantangan dan peluang. Tantangannya berupa persaingan yang semakin terbuka dan masif.

Sementara itu, peluang dapat diperoleh dari perkembangan teknologi digital. Teknologi ini dapat mendorong para pelaku bisnis untuk meluncurkan dan mengembangkan bisnis. Dalam rangka mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang, pengusaha khususnya startup tidak hanya mengandalkan insting semata.

Beberapa pengusaha pemula yang melakukan ini akhirnya gulung tikar. Pasalnya, mereka tidak memiliki rekan diskusi atau mentor bisnis dalam menggodok ide atau memutuskan sesuatu.

Padahal, ketika memulai bisnis, bisnis startup membutuhkan masukan dari seseorang yang lebih berpengalaman. Di sinilah fungsi mentor.

Perlu diingat, sebagian besar bisnis teknologi digital yang sudah go global juga memiliki mentor. Sebut saja pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang dibimbing oleh pendiri Apple Steve Jobs. Kemudian, Jobs sendiri juga mendapat saran dari mentornya, Mike Markkula.

Apa itu Mentoring Bisnis

Mentor bisnis adalah orang yang dianggap lebih berpengalaman dalam suatu bidang, dalam hal ini adalah bisnis. Dengan pengalaman ini, ia mampu membimbing karena ia memiliki pengetahuan dan pengalaman.

Mereka juga sukses di bidang ini, sehingga dianggap ahli. Sedangkan mentoring adalah hubungan antara seorang mentor dengan pembimbingnya yang berusaha mencapai kesuksesan.

Apa Itu Mentoring Bisnis dan Pentingnya Bagi Pengusaha

Pentingnya Mentor Bisnis Bagi Pengusaha

Di rangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa keuntungan ketika seorang pebisnis startup memiliki mentor.

1. Dapatkan masukan dari pebisnis berpengalaman

Ketika memiliki mentor, pengusaha bisa mendapatkan masukan dari pebisnis berpengalaman. Ini berguna untuk pengembangan bisnis. Apalagi, pengalaman bisnis adalah aset yang sangat mahal.

BACA JUGA:  3 Kunci Sukses Franchise Teh Poci Membangun Sistem

Pengusaha bahkan bisa menimba ilmu yang tidak ada di buku dari pengalaman bisnis sang mentor. Ketika kreatif, mentor bisnis dapat secara terbuka berbagi cara dan strategi menghadapi tantangan, termasuk kesalahan yang mereka buat.

Ini tidak di temukan dalam buku, meskipun di tulis oleh pengusaha sukses. Mentor juga akan memberikan bimbingan ketika pengusaha muda ingin mengembangkan bisnis. Bimbingan yang dapat di peroleh mulai dari pembuatan rencana bisnis, penganggaran, hingga prosedur operasi standar.

2. Sukses lebih besar

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa memiliki mentor penting dalam mencapai kesuksesan bisnis. Sebanyak 80 persen CEO perusahaan bonafide menyatakan mampu meraih posisi tersebut berkat dukungan para mentor.

Kemudian, penelitian lain juga mengungkapkan, 93 persen bisnis start-up mengakui bahwa kegiatan pendampingan merupakan instrumen penting dalam kesuksesan bisnis mereka.

3. Dapat bergabung dengan hubungan bisnis mentor

Manfaat selanjutnya adalah para pelaku bisnis dapat terhubung dan bergabung dalam relasi bisnis yang telah di bangun oleh para mentor selama ini. Seperti di ketahui, hubungan bisnis bukanlah hal yang penting dalam sebuah bisnis.

Melalui relasi, para pelaku bisnis dapat terhubung dengan investor untuk mendapatkan tambahan modal. Alhasil, bisnis ini bisa berkembang pesat. Manfaat tersebut bisa di dapatkan jika Anda memiliki mentor. Hal ini karena mentor dapat memperkenalkan pebisnis baru ke dalam jaringan bisnisnya, termasuk investor.

Peluang mendapatkan tambahan modal pun semakin besar. Hal ini di karenakan investor biasanya lebih percaya diri dengan bisnis yang ingin di suntikkan jika ingin mendapatkan rekomendasi dari hubungan mereka.

4. Dapatkan dorongan di masa-masa sulit

Dalam menjalankan, berbisnis gagal atau membuat kesalahan. Hal ini dapat berdampak pada produktivitas.

BACA JUGA:  Pentingnya "TEAM BUILDER" Untuk Pengembangan Bisnis

Bahkan, hal itu juga bisa membuat Anda kurang semangat menghadapi depresi karena target yang telah di tetapkan belum tercapai. Saat melewati masa sulit seperti itu, kehadiran seorang mentor berperan dalam membangkitkan semangat.

Dengan pengalaman bisnis bertahun-tahun, mentor pasti pernah mengalami hal yang sama. Saran dari mentor dapat memperkuat dan mengembalikan wirausaha muda ke jalurnya. Bahkan melalui pengalaman mereka, mentor dapat berbagi strategi untuk bangkit kembali.

Itulah empat manfaat yang bisa di dapatkan ketika seorang pebisnis memiliki mentor. Pengusaha pemula dapat menemukan mentor dengan bergabung dengan asosiasi bisnis, organisasi nirlaba, atau belajar di universitas yang memiliki program pembelajaran bisnis.


Tags

bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips, toko, usaha, waralaba


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top