Mei 4

0 comments

7 Rahasia Kesuksesan Berbisnis Online di Internet

Berbisnis online di era digital memberikan peluang luas bagi para pengusaha untuk mencapai pasar lebih luas dan meningkatkan profitabilitas. Tempat usaha dan modal usaha sering menjadi kendala memulai suatu bisnis, kendala-kendala seperti itulah yang banyak menghambat para pebisnis untuk memulai bisnisnya.

Dengan adanya era digitaliasi ini peluang untuk memulai bisnis sangat terbuka lebar terutama bisnis yang berbasis online. Bisnis online ini tentunya tidak perlu membutuhkan tempat usaha yang ada bentuk fisiknya tapi juga bisa contohnya menjadi reseller suatu produk.

berbisnis online

Tapi untuk memulai berbisnis online ini juga tidaklah mudah. Terdapat proses-proses tertentu yang perlu dilalui. Untuk memulai bisnis online yang sukses berikut kami jabarkan tujuh rahasia kesuksesan berbisnis online di internet. 

1. Menentukan jenis bisnis yang ingin dijalankan 

Tentunya saat akan memulai bisnis online ini anda perlu menentukan jenis bisnis apa yang ingin anda jalankan. Apakah pakaian, makanan, aksesoru, ataupun elektronik. Dengan mengetahui produk yang akan dijual, anda akan dengan mudah menentukan langkah selanjutnya. Bagi anda yang masih bingung untuk menjual produk apa, jangan ragu untuk mengembangkan ide-ide yang ada dikepala anda.

Tapi tidak mudah juga untuk menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, proses ini memang penting agar bisnis yang dijalankan nantinya dapat menjadi solid. Kamu bisa mengawali hal ini dengan mencari tahu permasalahan yang terjadi disekitar anda atau hal yang anda alami sendiri.

Selain itu anda juga bisa menggunakan hobi untuk menetukan dasar ide bisnis. Misalnya anda suka terkait peralatan olahraga dan anda memahami kebutuhan apa aja untuk olahraga. Itu juga dapat menjadi ide bisnis yang akan anda jalankan sehingga anda memahami betul dari produk yang anda jual.

2. Menyusun bisnis plan sederhana

Langkah berikutnya anda bisa membuat bisnis plan yang sederhana untuk rencana bisnis kedepannya. Rencana bisnis ini merupakan bagian yang perlu anda lakukan untuk mencapai tujuan dari bisnis yang anda bangun. Biasanya ada beberapa factor yang perlu anda rencanakan seperti,

  • Deskripsi Bisnis
BACA JUGA:  Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Deskripsi yang lebih spesifik tentang bisnis online yang akan anda jalankan.

  • Analisis Pasar 

Informasi berbasis penelitian tentang industry dan target pasar seperti, produk serupa, competitor, hingga pelanggan yang ingin kamu targetkan.

  • Produk Layanan

Deskripsi dari produk yang ingin anda jual. Mulai dari bentuk, ukuran, hingga harga.

  • Rencana Pemasaran

Strategi pemasaran untuk memperkenalkan bisnis dan produk anda. Hal ini bisa seperti menggunakan media sosial, endorsement, dan lainnya.

  • Logistik dan rencana operasi

Kebutuhan produksi, pemilihan vendor atau supplier yang cocok, dan rencana aktivitas bisnis yang kamu lakukan sehari-hari.

  • Rencana Keuangan

Rencana keuangan yang berupa rincian angka untuk menunjukan apa yang anda  butuhkan untuk memulai serta menjalankan bisnis. mulai dari cara mendapatkan modal, biaya produksi, hingga biaya pengiriman barang ke konsumen.

3. Menjalankan Riset Pasar

Riset pasar sangat perlu untuk dilakukan guna melihat kebutuhan pasar itu apa saja untuk menentukan strategi apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Anda bisa melakukan riset pasar tentang produk apa yang sekarang lagi tren di kalangan Masyarakat dengan menggunakan media sosial.

Kemudian anda bisa mencocokan data tersebut di internet untuk memastikan permintaan pasar sudah sesuai. Kemudian juga bisa melihat competitor di lapangan mulai dari melihat produk,harga, dan juga kualitas produk dari competitor.

Hal ini dapat mempermudah menganalisa kelebihan dan kekurangan dari produk anda dan juga peluang dari produk yang akan anda jual dan hal tersebut dapat mengembangkan produk yang lebih baik kedepannya.

4. Tentukan Platform untuk tempat berbisnis online

Platform untuk bisnis, seperti media sosial e-commerce saat ini tersedia banyak sekali untuk memulai bisnis online. Meski begitu, penting untuk menyesuaikan jenis produk dengan tempat berjualan agar maksimal jumlah penjualannya.

BACA JUGA:  Tips Terbaik Mengubah Lapak Online Menjadi Magnet Pelanggan

Misalnya, jika produk yang anda jual cenderung di peruntukkkan untuk anak muda, maka media sosial seperti Instagram atau tiktok lebih cocok digunakan. Sebaliknya, apabila target pasar produk anda adalah orang tua, maka platform facebook atau whatsapp untuk memasarkan produk tersebut. Anda juga bisa mencoba platform berjualan e-commerce seperti shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.

5. Maksimalkan fitur-fitur yang ada di platform yang anda gunakan.

Jika anda menggunakan marketplace seperti toko-toko online. Maka jangan sampai lupa untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada, seperti gambar, video, deskripsi, hingga rating dan kolom komentar. Dengan fitur yang ada, anda dapat membuat penjualan produk anda menjadi efektif. Misalnya saja memasukkan gambar produk dengan jelas. Karena dengan gambar produk yang jelas anda bisa lebih meyakinkan calon pembeli.

Selain itu, anda juga bisa membangun kepercayaan pelanggan di kolom komentar. Lebih aktif untuk membalas komentar atau pertanyaan dari pembeli terkait produk yang anda jual. Di kolom komentar anda juga akan mengetahui tanggapan pembeli atas produk anda, sehingga anda bisa memperbaiki jika ada kekurangan dan mengembangkan kualitas produk anda.

6. Memperhatikan pelayanan 

Pelayanan harus dipikirkan oleh reseller. Ini bagian dari cara melalui usaha online sendiri tanpa modal. Memberikan pelayanan maksimal dan tidak mengecewakan akan membuat bisnis semakin lancar. Itu artinya penjualan akan semakin laris karena kepercayaan. Meningkatkan pelayanan juga akan membuat rekan menyukai cara anda berbisnis. Semakin laris produk yang terjual, maka akan meningkatkan keuntungan anda dalam berbisnis.

Pelayanan yang baik tidak cukup hanya dengan memberikan informasi tentang produk yang anda jual perhatikan juga kevalidan informasi yang anda sampaikan ke pembeli karena jika informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan calon pembeli, jangan sampai calon pembeli kecewa karena beberapa factor seperti kehabisan stock tetapi di platform informasi stocknya masih ada, barang yang di pesan pembeli tidak sesuai dengan deskripsi yang tercantum di platform.

BACA JUGA:  Mengenal Berbagai Jenis Struk dan Fungsinya dalam Bisnis

Hal seperti ini bisa diatasi dengan memberikan informasi lebih banyak pada saat mengiklankan produk ataupun memperbarui informasi yang ada di platformnya. Usahakan selalu mengupdate stock barang setiap pekan.

7. Jangan ragu untuk promosikan produkmu di media sosial dan lakukan evaluasi bisnis ataupun produk

Dalam strategi promosi media sosial membawa dampak yang cukup luar biasa bagi penjualan produk anda. Oleh karena itu jangan ragu dalam mempromosikan dengan memanfaatkan media sosial seperti, Instagram, facebook, tiktok, dan platform lain.

Di media sosial anda juga dapat menjalin hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan maupun calon pelanggan. Fitur bisnis atau toko yang tersedia di masing-masing media sosial juga dapat membantu kamu mempromosikan produk secara lebih baik. Namun juga anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam promosi di media sosial seperti, penggunaan foto dan video yang berkualitas, deskripsi yang jelas dan kerja sama dengan influencer yang cocok dengan bisnis anda.

Kemudian lakukan evaluasi untuk menilai sejauh mana perkembangan bisnis anda. Untuk menghitung untung atau rugi penjualan dan membuat strategi baru penjualan. Semakin sering dilakukan evaluasi, maka akan semakin berkembang penjualan yang dilakukan. 

Itulah 7 rahasia kesuksesan dalam berbisnis online di internet, semoga dengan menerapkan beberapa rahasia diatas bisnis anda akan semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan yang bisa membuat bisnis anda menjadi lebih besar.

Penulis: Siwa, Consultant of Dconsulting Group


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik